Jangan Lupakan 5 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Studentpreneur Sukses

0
28

Menjadi Studentpreneur Sukses

Studentpreneur adalah kata yang tentunya sudah tak asing terdengar di telinga dan mungkin juga sering terbaca di berbagai artikel, kamu yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa dan ingin belajar berbisnis atau bahkan sudah punya bisnis namun masih dalam tahap merangkak menuju besar. Sukses menjadi syudentpreneur bukanlah hal mudah, diperlukan banyak perjuangan dan pengorbanan, terkadang seorang pelajar mengorbankan prestasi sekolahnya, mahasiswa mengorbankan IP kuliahnya dan seterusnya.

Pahamilah olehmu kawan,ketika mendengar kata studentpreneur, bukan berarti hanya tentang bisnis yang dilakukan sejak dini (sejak menyandang status pelajar) lalu prestasi sebagai pelajar menjadi dikesampingkan. Itu adalah mindset yang keliru. Kamu harus tahu bahwa ketika kamu masuk dalam dunia studentpreneur, kamu bertanggung jawab atas dua hal, yaitu tentang prestasi kamu sebagai pelajar  (student) dan kesuksesan kamu sebagai wirausahawan (entrepreneur).

Jadi, apa yang harus kamu lakukan untuk menyeimbangkan keduanya ketika kamu telah memutuskan memasuki dunia studentpreneur? Berikut adalah hal-hal sederhana yang perlu kamu ingat agar kamu dapat memegang dua peran dalam waktu yang bersamaan.

1. Cerdaslah dalam Mengatur waktu sebaik mungkin

Ini adalah kunci agar kamu dapat menjalankan dua peran sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Kamu harus pandai mengatur waktu. Kapan kamu harus focus dalam prestasimu, kapan kamu focus dalam bisnismu. Selain mengatur waktu untuk keduanya, sempatkanlah memasukkan waktu senggang untuk berlibur. Mengurus dua hal bisa menguras energimu. Oleh karenya, charge lah energimu dengan pergi berlibur sebentar atau lakukan refreshing ringan. Jangan anggap waktu kamu habis untuk satu hal saja, percayalah ada banyak waktu yang bisa kamu gunakan, bergantung pada bagaimana kamu mengaturnya.

2. Tidak mengalahkan salah satu peran hanya utuk satu peran

Ketika kamu masuk dalam dunia studentpreneur, itu berarti kamu siap dengan risiko menjalankan dua peran. Oleh karena itu, kamu tidak boleh mengalahkan salah satu peran. Jika tidak dalam kondisi yang sangat membahayakan, sebisa mungkin berusahalah untuk tetap memegang keduanya tanpa mengalahkan salah satunya. Kamu bisa berkomitmen pada dirimu sendiri untuk menjadikan keduanya sama-sama berjalan. Apa bisa? Tentu bisa, sudah banyak contohnya, jadilah salah satunya.

3. Tetap Disiplin terhadap dirimu sendiri

Kamu adalah raja atas dirimu sendiri. Kamu juga buruh atas dirimu sendiri. Maksudnya bagaimana? Kamu dapat memerintah sekaligus diperintah oleh dirimu sendiri. Disiplinlah. Kamu harus tegas pada dirimu, tetapi juga sayang terhadap diri sendiri. Apabila ada konsekuensi dari komitmen terhadap diri sendiri yang kamu langgar, kamu bisa menghukum dirimu sendiri. Sebaliknya, apabila ada kemajuan dari usaha dan kerja keras kamu menjalankan studentpreneur, hargai dan beri reward pada diri sendiri. Hal ini akan membuatmu pandai mengelola diri agar tetap konsisten terhadap apa yang kamu lakukan.

4. Jangan terlalu mudah dan sering mengeluh

Mengeluh hanya akan membuatmu semakin tidak bersemangat. Ketika kamu mengeluh, itu berarti kamu mendikte dirimu untuk tidak bersyukur, dan justru itu yang semakin membuat semangatmu menurun. Teruslah optimis dan percaya kamu bisa melakukannya. Jangan lihat orang dari hasil yang didapatnya saja, tetapi lihatlah prosesnya. Dengan begitu, kamu akan lebih bersyukur dan menghargai setiap proses yang kamu jalani, menghargai setiap perjuangan dan pengorbanan yang kamu lakukan, dan mempercayai hasil tidak mengkhianati proses.

5. Selalu Ingat mimpi yang ingin diwujudkan

Bagaimanapun, sebagai manusia, apalagi kamu yang masih menyandang status pelajar dan ingin menambah status menjadi usahawan, semangat pasti naik turun. Salah satu cara menstabilkan naik turunnya semangat adalah dengan mengingat mimpi yang ingin kamu wujudkan. Ingat kembali mengapa kamu harus berjuang sedemikian rupa membuka bisnis dengan tidak mengalahkan pelajaran di sekolah. Dengan mengingat mimpi tersebut, kamu akan mendapat semangat baru dari dirimu sendiri dan menyadari bahwa proses yang kamu lakukan memang seperti itu untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Teman yang saya ceritakan sekilas di atas saya kataka sebagai contoh studentpreneur. Mereka menjalankan dua peran sekaligus. Selain pontang-panting memperjuangkan bisnis, mereka juga tidak lupa prestasi sekolahnya. Mereka lulus tepat waktu dengan nilai yang tidak buruk. Selain itu, presasi-prestasi akademik juga dapat diraih. Artinya, bisnis tidak mengalahkan prestasi akademik. Begitu pun, mengejar prestasi akademik tidak harus mengesampingkan bisnis. Keduanya dapat dilakukan bersama dengan hasil yang baik ketika kamu siap dan berani menjalaninya.

Baca Juga: 3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha Ala Boy Thohir

Apakah kamu siap menjadi studentpreneur? Apakah kamu siap menjalani dua peran sekaligus dan menunjukkan bahwa kamu bisa memegang dua peran sekaligus? Siapkan amunisimu dan siaplah berperang dalam dunia studentpreneur. Semoga sukses dan tercapai apa yang selama ini menjadi mimpi suksesmu.

LEAVE A REPLY