Cara Mengambil Screenshot Tampilan Halaman Website Full Dengan Mudah

0
84

Cara Mengambil Screenshot Tampilan Halaman Full Website Dengan Awesome Screenshot

Cara mengambil screenshot tampilan halaman website penuh full ada kalanya diperlukan ketika kita sedang membuat sebuah dokumen berupa laopran yang memerlukan lampiran atau berkas gambar maupun foto, tentunya akan membuat bingung jika sama sekali belum pernah melakukannya bagaimana cara mengambil tampilan penuh halaman website.

Pada tulisan tips dan tutorial simple kali ini bang tohir bagikan bagaimana cara mengambil screenshot tampilan halaman website full atau semuanya di halaman depan yang ingin kita ambil gambarnya. berikut panduan simplenya dengan menggunakan bantuan aplikasi awesome screenshot:

Langkah Pertama: Silahkan Download dan install addons atau extension awesome screenshot untuk browser crome melalui link berikut : chrome dan irefox

Langkah kedua: Jika anda sudah download dan install addons awesome secara otomatis akan muncul logo berbentuk lensa kamera kecil di pojok kanan browser anda.

Step By Step cara mengambil screenshot tampilan halaman website Full

Langkah ketiga: Silahkan anda buka halaman website yang ingin anda ambil screenshotnya, dan setelah halaman website terbuka secara keseluruhan – Silahkan klik pada logo atau icon awesome screenshot yang terletak di pojok kanan atas browser anda.

Langkah ke empat: Pilih mode pengambilan layar yang akan anda ambil, apakah anda hanya akan mengambil bagian halaman website yang terlihat atau keseluruhan halaman.

Kode shortcut yang disediakan oleh awesome screenshot bisa membantu anda dalam memilih apakah ingin full atau sebagian yang di screenshot, pilih shortcut berikut:

  • CTRL + SHIFT + V : untuk mengambil bagian halaman website yang terlihat saja.
  • CTRL + SHIFT + E : untuk mengambil gambar full atau tampilan keseluruhan halaman website.
  • CTRL + SHIFT + S : untuk Mengambil bagian tertentu yang kita ingin pilih saja.

Langkah kelima: Setelah anda memilih mode pengambilan gambar dengan kode pada langkah empat diatas, tunggu beberapa detik sampai semua proses pengambilan screenshot selesai dan, maka hasil “tangkapan” akan terbuka di new tab atau tab baru.

Pada tampilan gambar hasil screenshot di tab baru anda bisa mengedit terlebih dahulu atau ingin menyimpan langsung, Jika sudah selesai mengedit atau ingin menyimpan. maka silahkan KLIK DONE.

Selain bisa menyimpan langsung, anda juga bisa men-share hasil screenshot awesome ke media sosial yang anda punya, hanya tinggal klik icon media sosial mana yang ingin anda pakai untuk men-share. Klik Save untuk menyimpan dan Klik Print untuk Langsung mengeprint. Selesai…. dan anda berhasil melakukan cara mengambil screenshot tampilan halaman website penuh dengan baik.

Note *** setelah berhasil melakukan cara mengambil screenshot tampilan halaman website full satu halaman penuh di atas, perlu diketahui bahwasanya ketika menyimpan hasil screenshot mungkin akan membutuhkan waktu tergantung besar ukuran file, namun jika koneksi anda lancar tentunya hanya beberapa detik saja sudah tersimpan dengan baik bahkan anda Juga Bisa langsung Print hasil screenshot dari awesome.

Alternatif Jika proses penyimpanan terlalu lama: Apabila menurut anda proses penyimpanan hasil screenshot berjalan terlalu lama, anda bisa memilih untuk menshare-nya di Awesome Screensot dengan cara mengeklik Temporary (kotak merah). Anda akan mendapatkan link dari gambar tersebut dan kemudian bisa mendownloadnya.

Catatan: hasil screenshot atau Capture Gambar dengan awesome screenshot memiliki resolusi yang cukup besar, jadi apabila ingin membuatnya lebih kecil silahkan edit dengan photoshop atau di kompress ukuran file dan bisa juga menggunakan aplikasi lainnya.

Demikianlah langkah atau tips mudah cara mengambil screenshot tampilan halaman website full satu halaman penuh yang kita butuhkan, semoga membantu.

LEAVE A REPLY