Inilah 9 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

0
48
Tips Menabung untuk Persiapan Menikah
Tips Menabung

Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

Menikah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup. Siap menikah berarti kamu siap membagi hidup dengan orang lain. Salah satu simbol memasuki gerbang pernikahan adalah melaksanakan acara pernikahan. Resepsi pernikahan tentunya bukan perkara yang mudah, khususnya dalam hal materi. Pasangan yang ingin menikah tentu harus menyiapkan sejumlah uang untuk menyewa Gedung, dekorasi, konsumsi, dan sebagainya. Bagi pasangan yang bukan berasal dari keluarga konglomerat, tentu harus bekerja keras untuk menyiapkan biaya pernikahan.

Bagaimana caranya? Salah satu cara menyiapkan biaya pernikahan yaitu dengan menabung. Berikut ini 9 tips menabung untuk persiapan menikah yang bisa kalian lakukan bersama!

  1. Membuat Rekening Bersama

Saat sudah menikah, maka uang suami dan istri akan menjadi satu dan digunakan bersama-sama. Sebelum menikah pun kalian bisa mengadopsi cara ini dengan membuka rekening tabungan bersama pasangan. Ajaklah pasangan menabung secara rutin setiap bulannya. Kalian juga harus berani saling mengingatkan, apabila salah satu pasangan mulai tergoda untuk mengambil tabungan tersebut sebelum waktunya. Ingat tujuan awal, bahwa uang tersebut untuk kebutuhan pernikahan bukan kebutuhan pribadi lainnya.

  1. Kurangi Jadwal Kencan Mewah

Kencan bersama pasangan memang tidaklah salah. Namun, kalian perlu mempertimbangkan tempat kencannya. Jika biasanya kalian kencan di sebuah Café atau Restouran yang terkesan mewah dan mahal, mulailah mengurangi kebiasaan tersebut. Kalian bisa berkencan di tempat lain yang lebih murah, misalnya di taman umum yang tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Mulailah berkomitmen untuk bersikap dewasa dan tidak mudah tergoda dengan tempat-tempat mewah yang menyebabkan pemborosan materi.

  1. Mulailah Berinvestasi

Selain menyisihkan uang untuk tabungan, kalian juga bisa mulai berinvestasi. Jika kamu masih pemula dalam dunia investasi, kamu bisa mencoba jenis investasi yang tidak berisiko tinggi, misalnya dengan investasi emas. Menabung emas dalam jangka waktu yang lama bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar karena emas tahan terhadap inflasi. Atau kamu juga bisa berinvestasi untuk bisnis baik sebagai pelaku bisnis atau pemberi modal.

  1. Memiliki Komitmen Menabung Setiap Bulan

Point penting ketika kamu memutuskan ingin menabung bersama pasangan demi biaya pernikahan adalah adanya komitmen bersama untuk menabung setiap bulan. Dengan adanya komitmen yang kuat, kalian dapat menyisihkan uang setiap bulan untuk menabung bersama. Nantinya kalian juga bisa menikmati hasil tabungan secara bersama-sama. Bahkan komitmen untuk menabung bersama juga bisa kamu terapkan lagi setelah kalian menikah.

  1. Membuat Usaha Sampingan

Salah satu alasan yang membuat orang merasa sulit menyisihkan uang untuk menabung yaitu karena pendapatan kerja yang pas-pasan. Akibatnya, uang habis terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu dan pasangan tidak bisa berkomitmen untuk menabung, kalian bisa memulai untuk menggeluti usaha sampingan. Misalnya, di musim puasa kalian bisa menjual takjil. Atau jika pasanganmu memiliki keahlian memperbaiki barang-barang elektronik, kamu bisa membuka jasa service barang elektronik. Lumayan kan, selain mendapatkan gaji dari pekerjaan utamamu, kamu juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari usaha sampingan.

  1. Berhenti Berbelanja Berlebihan

Tak hanya wanita yang memiliki kebiasaan berbelanja, pria pun juga bisa demikian. Bahkan demi mendapatkan pujian dari pasangan wanitanya, seorang pria rela membeli barang-barang mahal sebagai hadiah untuk pasangannya. Jika kamu sering melakukan hal demikian, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut, dan mulailah memikirkan prioritas yang lebih penting. Untuk wanita, janganlah menuntut pasangannya untuk membelikan barang-barang mewah hanya untuk pamer saja. Sekarang waktunya mengontrol keinginan yang kurang bermanfaat.

  1. Sisihkan Pemasukan dengan Jumlah yang Tetap

Agar komitmen menabungmu teratur, sebaiknya tentukan nominal jumlah yang ingin ditabung per bulannya. Misalnya setiap orang menyisihkan pendapatannya untuk menabung Rp.200.000,00, maka setiap bulan tabungan kalian Rp.400.000,00. Hal ini untuk mempermudah mencapai target untuk biaya pernikahan.

  1. Kurangi Kebiasaan Jajan di Restoran Mewah

Makan di Restoran mewah bersama pasangan dengan suasana yang mewah dan romantis tentu menjadi keinginan mayoritas pasangan. Namun, kalian harus ingat bahwa makan di Restoran mewah artinya membuat kalian harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk menciptakan moment romantis tidak harus di tempat yang mewah kok, kalian bisa mengadakan makan malam sendiri di rumah salah satu pasangan, dengan masakan yang kamu buat sendiri. Hitung-hitung ini sebagai latihan menjadi istri yang baik untuk suami.

  1. Isi Akhir Pekan dengan Kegiatan Produktif daripada Konsumtif

Tips menabung untuk persiapan menikah yang terakhir yaitu melakukan kegiatan produktif secara bersama-sama diakhir pekan. Jika kebanyakan pasangan menghabiskan akhir pekan dengan liburan dan bersenang-senang, kalian bisa melakukan kegiatan produkti yang lebih bermanfaat. Misalnya berdiskusi bersama pasangan mengenai masa depan, berkebun, atau menjalankan usaha sampingan.

Baca juga: Jangan Ragu untuk Menikah! Janji Allah Akan Melancarkan Rezekimu

Itulah 9 tips menabung untuk persiapan menikah dengan pasangan. Ingat, kunci utama untuk menabung adalah komitmen untuk rutin menabung.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.