10 Tips Menabung untuk Anak Kost Masa kini

0
61

Tips Menabung untuk Anak Kost

Tips Menabung untuk Anak Kost

Tips Menabung untuk anak kost – Sebutan “Anak Kost” identik dengan mereka yang tinggal di rumah orang dalam sementara waktu. Anak kost adalah mereka yang jauh dengan rumah orang tua atau sedang merantau di luar kota baik untuk urusan Pendidikan maupun pekerjaan. Salah satu masalah yang sering dialami oleh anak kost adalah kekurangan biaya atau uang untuk kebutuhan hidup di perantauan. Mengapa masalah ini bisa terjadi? Kekurangan uang biasanya bisa terjadi karena faktor kebutuhan pokok yang meningkat sedangkan pendapatannya masih sama. Atau bisa juga disebabkan karena digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Baca: 7 Tips Sukses Bisnis Di Internet dari Milyader Scott Fox

Nah, alangkah baiknya apabila kamu sebagai anak kost juga memikirkan tabungan untuk masa mendatang. Berikut ini tips menabung untuk anak kost yang bisa kamu terapkan, sehingga tidak lagi kekurangan biaya!

1. Masak Sendiri
Tips menabung untuk anak kost pertama ini sangat simpel, ada beberapa kost yang menyediakan fasilitas dapur bersama. Manfaatkan dapur bersama ini untuk memasak makanan sehari-harimu, daripada kamu harus membeli makanan siap saji setiap hari. Kamu bisa membeli stok bahan makanan di pasar yang lebih murah. Dengan memasak sendiri, kamu juga bisa memperkirakan porsi makanmu sehari-hari, sehingga kamu bisa memasak sesuai porsimu.

2. Mengatur Pengeluaran Harian
Sebagai anak kost, kamu harus bisa mengatur pengeluaran harianmu untuk menghindari kekurangan biaya. Sisihkan uang yang kamu miliki baik itu dari kiriman orang tua maupun hasil kerja untuk ditabungkan. Catatlah pemasukan dan pengeluaran harian yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan tahu kemana uangmu dibelanjakan. Kamu juga bisa menahan diri untuk membeli hal-hal yang tidak penting, jika pengeluaranmu sudah melebihi batas rata-rata.

3. Mulailah Kurangi Main ke Mall
Salah satu penyebab pemborosan adalah main di Mall untuk shopping maupun makan. Main ke Mall telah menjadi salah satu trend anak muda masa kini. Di Mall sangat banyak godaan terhadap barang-barang yang dijual. Misalnya saja, kamu melihat baju yang bagus atau sepatu yang lucu, lalu kamu tergoda untuk membeli. Apalagi jika di dalam dompetmu masih tersedia uang (yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk menabung). Jika sudah seperti ini, keinginan kamu untuk menabung terkikis dengan mudah. Oleh sebab itu, agar tidak mudah tergoda dengan barang-barang yang dijual di Mall, mulailah kurangi main di Mall.

4. Nonton Film di Kamar
Menonton film di Bioskop memang bisa menjadi hiburan. Ketika kamu menonton film di Bioskop tentu akan merasakan kesan yang berbeda daripada menonton film di rumah. Padahal jika hanya ingin mencari hiburan melalui tontonan film, kamu bisa loh menonton film di rumah. Kamu bisa mendownload film di internet dan menontonnya di depan layer komputer atau menonton film yang sudah ada di televisi. Lebih hemat kan? Setidaknya uang yang seharusnya kamu gunakan untuk membeli tiket dan makan di Bioskop, bisa kamu alihkan untuk di tabung.

5. Membawa Bekal saat Berpergian
Nah, jika kamu sedang berpergian ke kampus ataupun melakukan kegiatan di luar, bawalah bekal sendiri dari kost. Paling tidak membawa air minum, sehingga kamu tidak perlu membeli air minum sendiri yang harganya terkadang cukup mahal. Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa membawa bekal makanan yang kamu masak sendiri di kost untuk lebih menghemat. Uang yang seharusnya kamu belikan makan dan minum di luar, bisa kamu tambahkan ke tabungan.

6. Berhenti Membeli Barang Tak Berguna
Tips menabung untuk anak kost selanjutnya adalah berhenti membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau tidak berguna. Apalagi jika kamu tipe orang yang suka berbelanja, yang seringkali membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jika demikian, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Sebelum membeli barang, sebaiknya analisis dulu barang-barang apa yang benar-benar kamu butuhkan saat ini. Pastikan membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Jadi, setelah kamu membelinya kamu benar-benar menggunakannya tidak ditelantarkan begitu saja.

7. Buat Tabungan Khusus
Jika kamu ingin benar-benar fokus menabung, kamu bisa membuat tabungan khusus misalnya deposito. Dengan tabungan khusus ini, kamu bisa menyisihkan uang secara rutin tiap bulan, dan uang yang kamu tabungkan pun tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Kamu bisa mengambilnya saat jatuh tempo tertentu. Dengan begitu, kamu bisa lebih meminimalisir pengeluaran yang tidak bermanfaat. Untuk mendapatkan tabungan khusus ini, kamu bisa datang ke bank dan membuat rekening baru.

8. Memiliki Tabungan dalam Bentuk Emas
Kamu juga bisa menabung dalam bentuk emas. Caranya, belilah emas di toko emas atau kamu juga bisa membeli emas secara online di Tamasia. Download aplikasi Tamasia, install dan kamu sudah bisa membeli emas dengan harga mulai dari Rp.10.000,00 saja. Kelebihan menabung dalam bentuk emas adalah nilai emas yang tahan terhadap inflasi.

9. Menabung dengan Uang Receh
Tips menabung untuk anak kost selanjutnya yaitu menabung uang receh. Sepertinya terdengar sepele. Apalagi biasanya uang receh yang kamu dapatkan dari hasil kembalian belanja, kamu terlantarkan begitu saja. Namun, jangan remehkan uang receh. Uang receh meskipun nilainya kecil, tapi jika dikumpulkan terus menerus akan menjadi banyak. Jadi, jika memiliki uang receh jangan disia-siakan, taruhlah ditabungan. Jika sudah terkumpul banyak kamu bisa gunakan untuk kebutuhan darurat.

10. Menabungkan uang yang menurut kamu menarik
Cara menabung dengan metode ini sangat mudah dan bias membuat kamu tak terasa sudah punya banyak tabungan. Caranya kamu cukup pilih uang dengan nilai berapa yang kamu suka, bias 20 ribu, 50ribu atau 100 ribu. Kamu bias membuat program sendiri dalam menabungkan uang dengan nilai ini, missal seminggu sekali, atau bila memungkinkan sehari sekali lebih baik.

Demikianlah 10 tips menabung untuk anak kost. Mulailah menabung dari sekarang agar kamu merasakan hasilnya di masa mendatang. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh kita, itulah mengapa menabung sangat penting sekali siapa tau ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan uang tak sedikit, selain itu juga kamu bias mendapatkan barang impian dengan menabung secara teratur.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.