FBI menghimbau kepada Semua Pengguna Laptop dan Komputer Agar Menutup Webcam

0
548

Himbauan Penting Bagi Pengguna Laptop dan Komputer dari FBI

FBI menghimbau kepada Semua Pengguna Laptop dan Komputer Agar Menutup Webcam Kamera

Pengguna Laptop dan Komputer seluruh dunia sebaiknya harus lebih berhati-hati lagi terutama bagi yang laptop atau komputernya sudah tersedia fitur webcam atau kamera dan terhubung keinternet.

 

Adanya kamera atau webcam yang terpasang di laptop maupun komputer sangat berpotensi untuk dimanfaatkan bagi para pelaku kejahatan di dunia maya(kelompok peretas alias hacker negative)  untuk membobol data penting dan memata-matai kita semua.

 

Mengingat akan bahaya yang begitu serius untuk diperhatikan oleh semua pengguna laptop dan komputer, Pihak Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) seperti dilansir pada laman Independent, Jumat, 16 September 2016memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar menutup webcam atau kamera yang terpasang di laptop dan di komputer bila tidak sedang digunakan.

 

“Meninggalkan webcam terbuka, itu sama artinya kelompok hacker dapat membobol dan menonton aktivitas pengguna internet,” ucap ahli keamanan FBI.

 

Direktur FBI James Corney juga mengamini imbauan tersebut. Corney juga menambahkan penjelasan, bahwasanya menutup webcam adalah langkah yang masuk akal dan bisa dilakukan secara sederhana.

 

“Ada beberapa hal yang masuk akal yang harus dilakukan, yakni menutupi webcam. Mereka (hacker) bisa memata-matai, saat Anda duduk di depan layar, baik sedang di kantor pemerintah atau lainnya. Kamera kecil itu bisa memata-matai dan menutupinya. Saya pikir itu hal yang baik,” Ujar Corney.

 

Langkah menutup webcam pernah dilakukan Chief Executive Officer (CEO) Mark Zuckerberg, pada awal tahun ini yang sempat heboh diberitakan diberbagai media online.

 

Perlu dikatahui juga bahwasanya Baru-baru ini, perusahaan keamanan website Hide My Ass! mengumumkan, mereka telah membuat gadget (gawai) khusus yang bisa dipakai oleh para hacker untuk memata-matai penggunanya.

 

Kasus kebocoran informasi sempat dirasakan oleh pemerintah Amerika Serikat. Para Hacker jahat bisa mengumpulkan data dengan hanya mengintipnya melalui webcam pada perangkat pengguna lebih dari itu dengan webcam peretas bisa mengambil identifikasi retina mata kita untuk melakukan pembobolan yang lebih serius.

 

Untuk itu mari menyambut himbauan baik dan penting ini demi keamanan data kita semua terutama yang sering aktif atau terhubung dengan internet. rasanya tidak ada salahnya bila melakukan antisipasi dari pada menyesal kemudian hari.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.