Fact Check, Fitur Terbaru Google News Untuk Menganalisis Berita Fakta Atau Hoax

0
580

Google News Luncurkan Fact Check untuk Menandai Berita Fakta

Google News Luncurkan Fact Check untuk Menandai Berita Fakta 02

Google kembali meluncurkan fitur terbarunya di lini layanan kurasi berita. Perusahaan rakasasa internet ini merilis sebuah fitur yang dapat memberitahukan apakah berita yang dimuat tersebut fakta atau bukan.

Fitur terbaru Google ini diberi nama fact check. Fitur ini akan tampil pada hasil pencarian dari sebuah berita. Fitur ini akan hadir sama seperti yang ditampilkan pada kategori berita yang ada saat ini.

Jadi, pengguna akan melihat tanda artikel fakta yang akan ditampilkan di news.google.com dan. Tanda ini juga bisa ditemukan di aplikasi Google News dan Weather untuk Android dan iOS.

Google News Luncurkan Fact Check untuk Menandai Berita Fakta
Google News Luncurkan Fact Check untuk Menandai Berita Fakta

Dalam fitur ini, Google menentukan kebenaran sebuah artikel berdasarkan ulasan dari Schema.org. Sebuah artikel yang masuk dalam kategori fakta harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh sistem bernama Claim Review.

Kehadiran fitur fact check sekaligus menambah daftar tanda berita yang ada di Google News. Sebelumnya, telah hadir sejumlah tanda berita, seperti “Opinion”, “Wikipedia”, dan “In-Depth”. Tanda kategori ini sudah diterapkan oleh Google sejak tahun 2007.

Beberapa pihak menyatakan bahwa fitur baru ini akan menjawab kebutuhan pengguna atas informasi yang faktual di internet. Seperti diketahui, ada banyak sekali informasi di internet yang kerap menampilkan berita palsu. Tanpa tanda berita, pencari berita akan percaya saja dengan berita palsu tersebut.

Adanya fitur terbaru google ini tentunya akan semakin menambah ketatnya proses selektif dari pihak google terhadap semua berita yang tersebar di internet. Hal ini demi menghindari banyak konten yang bersifat Hoak alias mengada-ngada dari para pembuat konten berita di situsnya.

Banyak hal bari dari google terkait beberapa layanan juga melakukan perubahan begitu juga dengan peluncuran produk teknologinya juga semakin diseriusi oleh google, mungkinkah ini merupakan bentuk inovasi google agar bisa mengalahkan parapesaingnya.

Untuk saat ini, fitur fact check baru bisa diakses oleh pengguna di kawasan Amerika Serikat dan Inggris. Google sendiri belum memberi kepastian apakah afitur ini akan dirilis secara global atau tidak. Jikapun iya, belum diketehui juga kapan fitur ini akan meluncur secara global.

Baca: Cara Mencegah Google Melacak Aktivitas Kita Di Internet

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.