45 Kunci Sukses Bisnis Orang China Sebagai Pedagang

0
2120

Kunci Sukses Bisnis Orang china silahkan dipelajari

Kunci Sukses Bisnis Orang China Sebagai Pedagang
Ilustrasi Image, Jack Ma – Kunci Sukses Bisnis Orang China

Kunci sukses bisnis orang china adalah rahasia sukses yang paling banyak diburu oleh para pelaku bisnis di seluruh dunia, karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya banyak bukti yang menunjukan bahwasanya banyak dari keturunan orang cina atau tionghoa yang menjadi raja bisnis dan sukses baik dalam hal kariri maupun dalam urusan finansial.

 

Mengapa perlu mencari tahu kunci sukses bisnis orang China? mengapa harus mereka orang tionghoa yang banyak dijadikan sumber pembelajaran dalam urusan bisnis atau berdagang? Alasan sederhananya ialah suapaya kita bisa mengikuti jejak dan strategi mereka dalam hal meraih keberhasilan atau bahkan suapaya bisa menjadi lebih baik dari mereka.

 

Mengambil kasus nyata tentang kesuksesan orang cina disekeliling kita, diindonesia ada nama Hary Tanoesoedibjo, bong chandra dan Ciputra. Kemudian kita lihat juga di kancah internasional disana ada nama Jack ma pemilik alibaba atau Li Ka-Shing.

 

Lebih dipersempit lagi, coba perhatikan siapa yang paling banyak memiliki toko dan menjadi supplier produk ditempat anda? bisa dikatakan bahwasanya hampir disetiap kota bahkan hingga diwilayah pelosok sekalipun pasti ada orang china atau Tionghoa yang membuka ruko atau toko besar. itu saja sudah cukup bukti bahwa orang cina memang patut diacungi jempol dalam hal urusan dangan maupun bisnis berskala besar.

 

Mengapa orang cina bisa begitu mudah meraih kekayaan, apa yang mereka lakukan sehingga bisa begitu sukses? apa sih rahasia sukses orang Tionghoa ini sehingga bisa menjadi raja perdagangan dunia? inilah yang akan kita berikan ulasannya pada tulisan panjang tentang Kunci sukses bisnis orang china ini.

 

Ada banyak sekali kunci sukses bisnis orang china ataupun prinsip sukses orang cina dalam mencapai puncak kesuksesan baik karir dan finansial, dan berikut merupakan sebagian kecil dari sekian banyak kunci sukses orang Tionghoa yang bisa ambil pelajaran agar bisa menjadi orang sukses dalam berbisnis.

 

Berikut Prinsip dan Kunci Sukses Bisnis Orang china yang kami rangkum dari sebuah buku Berjudul “Rahasia Bisnis Orang Cina” Penulis “Ann Wan Seng”:

(1). Kerja keras Harga Mati sebuah Kesuksesan.

Orang china sangat mempercayai bahwa sukses tidak bisa dicapai dengan cara mudah apalagi instan terlebih mengharap pelipatan ganda uang itu sudah sangat mustahil, itulah mengapa mereka selalu bekerja keras demi mencapai puncak kesuksesan dalam bisnis.

Jika ingin lebih sukses dari orang lain maka tidak ada pilihan kecuali lebih rajin dan kerja keras. Sukses berbisnis orang china tidak selalu di dasari karena mereka memang ahli di bidang berdagang dan sebagainya melainkan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.

kunci sukses bisnis orang china percaya bahwa “Emas yang tersembunyi hanya dapat ditemukan oleh seseorang yang gigih mencari dan menggalinya”.

 

(2). Selalu Ingin Lebih sukses dari Generasi Sebelumnya.

Jika bapaknya pernah jualan minuman dengan ngasong di pinggir jalan, maka anaknya tidaka akan menempuh jalan yang sama, artinya si anak akan membuka restoran dan kemudian si cucu dari si anak akan membuka sebuah pabrik.

 

(3). Berdagang adalah pilihan utama.

Orang china mayoritas memilih untuk berdagang, karena menurut mereka berdagang memiliki banyak kebebasan ruang dan waktu, berdagang juga memberikan kebebasan bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuan yang ia miliki.

 

(4). Menjadikan semuanya mudah dan tidak mempersulit keadaan.

Saat menekudi bidang dagang, orang china selalu berusaha menjadikan semuanya serba mudah alias tidak mesti bersifat formalitas dan birokrasi.

 

(5). kunci sukses bisnis orang china : Harus lebih rajin.

Kim Woo Choong pernah berkata “Jika kita sama rajinnya dengan orang-orang di Barat, kita tidak akan dapat menyaingi mereka,”. Untuk mampu bersaing seseorang harus mau lebih rajin dari pesaingnya.

 

(6). Berpikir positif dalam berdagang.

Orang china selalu melihat bahwa dunia perdagangan merupakan kegiatan bisnis yang menjanjikan kesenangan, kebahagiaan dan kemewahan.

 

(7). Selalu Ada Alasan Untuk Bangkit.

Jika pernah mengalami keterpurukan dalam berdagang, orang china tidak mudah menyerah, mereka justru bangkit lebih semangat, karena rasa sakitnya jatuh membuat mereka harus bangkit.

Orang china selalu memegang teguh Prinsip bahwasanya Kesulitan, kepedihan, keletihan, tidak pernah melemahkan pedagang yang berwawasan. Dalam perdagangan, ada waktunya muncul dan tenggelam. Jika tenggelam, harus muncul kembali, jika jatuh harus cepat bangun lagi dengan kekuatan yang baru.

 

(8). Menjadikan Dagang Sebagai Hobi.

Orang china selalu menganggap bahwa berdagang adalah sebuah hobi yang membuat mereka sangat senang menjalaninya.

 

(9). Mengelola Penghasilan untuk membesarkan bisnis.

Orang china ketika mendapatkan keuntungan tidak langsung berpikir mau beli apa, mau makan dimana, melainkan berpikir keras bagaimana caranya agar keuntungan bisa diolah kembali untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

 

(10). Uang untuk Menghasilkan Uang Kembali.

Sebagian dari keuntungan disimpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apapun yang di luar dugaan. Sebagian lagi dialokasikan untuk modal kerja atau bisnis baru.

 

(11). Kepuasan Pelanggan adalah Prioritas.

Orang china selalu membolehkan semua pelanggan untuk melakukan tawar menawar saat transaksi dengan mereka walau harus menghabiskan banyak waktu, karena orang china mengutamakan agar pelanggannya bisa merasa senang dan puas.

Pedagang china tidak juga takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya tambahan asal mereka dapat ‘menangkap’ dan memikat hati pelanggannya.

 

(12). kunci sukses bisnis orang china: Pantang Mengeluh.

Orang china sangat anti yang namanya mengeluh dihadapan pelanggan, karena menurut mereka sifat mengeluh adalah suatu hal yang negatife.

Orang china tidak suka mencari-cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apa pun dan menjauhkan diri dari pendapat-pendapat negatif (yang tidak membantu mereka) terutama dalam hal keberhasilan bisnis.

 

(13). Selalu berbagi dengan sesama.

Orang china menerapkan give and take, artinya setiap mendapatkan keuntungan lebih mereka juga tidak pernah lupa untuk berbagi dengan orang lain. Hal tersebut mereka anggap akan membuat mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Pernah suatu hari saya datang keundungan pernikahan orang china, mereka tidak meminta para tamu membawa sumbangan, melainkan hanya ingin memberikan jamuan istimewa kepada para undangan yang hadir makan sepuasnya.

 

(14). Rekan Bisnis Harus Orang yang dipastikan bisa dipercaya.

Setiap mencari rekan bisnis, orang china selalu memastikan orang tersebut dapat dipercaya. Teman dekat belum tentu bisa menjamin kesetiaan atau justru jauh lebih berbahaya.

Berpegang pada Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah dengan menjadi pedagang yang jujur, terpercaya, dan memudahkan urusan.

 

(15). Harus Mau tebal Muka.

Artinya orang china selalu siap dengan cacian, makian orang lain, tidak malu dengan apa yang ia jalani walau harus hidup sederhana awalnya. Mereka juga sangat menghargai nilai uang walau sekecil apapun nilainya mereka selalu gunakan dengan sangat hati – hati.

 

(16). Tindakan Nyata lebih penting dari pada hanya berandai – andai.

Jika mereka Orang china yang sudah memiliki tekad untuk berdagang tidak perlu membuang waktu membuat perencanaan yang rapi, memikirkan resiko, dan mempertimbangkan untung rugi. Yang diperlukan adalah tindakan nyata setelah memikirkan strategi dagang yang terbaik.

 

(17). Semua berawal dari kecil.

Orang china percaya sekali dengan pepatah “ Perjalanan seribu batu dimulai dengan langkah pertama”.

 

(18). Modal Bukan Yang Utama untuk Mulai Berdagang.

Orang china tidak mengharuskan memiliki modal besar baru mau mulai berdagang, Modal yang sedikit cukup untuk mulai berdagang dengan berbekal pengetahuan tantang seluk – beluk perdagangan dan mampu mengolahnya hingga berhasil. Karena Bagi orang china uang tidak pernah jadi penghalang. Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Jika belum ketemu jalan, buatlah jalan.

Jika orang china sudah mengatakan akan berdagang maka mereka biasanya tidak akan berpikir panjang lagi apalagi menunda terlalu lama untuk menindaklanjuti. Karena menurut mereka pengalaman dan kemahiran tidak penting karena hal itu dapat dipelajari kemudian hari, yang terpenting mulai dulu maka seiring berjalannya waktu akan ada banyak hal yang dipelajari.

 

(19). Harus Mampu Mengubah Keadaan.

Pedang harus mampu mengubah keadaan, pedagang juga harus kuat menghadapi tantangan dengan memiliki semangat juang yang tinggi, tidak mudah takluk dengan kondisi apapun dan selalu berusaha untuk membuat situasi yang tunduk dengan kehendak mereka.

 

(20). Punya Strategi yang Matang.

Orang china selalu mewujudkan impiannya dengan menyusun strategi yang matang untuk memperkecil risiko kerugian dalam bisnis, memperbaiki kedudukan dan masa depannya yang lebih baik.

 

(21). Lokasi Strategis.

Orang china selalu berusaha mencari lokasi yang strategis untuk membuka tokonya, hal tersebutdemi memberikan kemudahan pelanggan memarkir kendaraan, angkutan umum, dan dekat dengan pusat administrasi pemerintahan.

 

(22). Pintar Berdagang saja tidak cukup.

Orang china Percaya bahwasanya hanya pintar berdagang saja tidak memberikan hasil yang maksimal. melainkan perlu didukung dengan sikap yang agresif, proaktif, berani, tahan banting, semangat tinggi, dan rela berjuang untuk merebut segala peluang yang ada didepan mata.

 

(23). Siapa Cepat dia Dapat

Orang china selalu bertidak lebih cepat untuk menangkap semua peluang, karena mereka berpegang dengan istilah siapa cepat dia dapat.

 

(24). Pelanggan diberikan kebebasan memilih.

Pelanggan diberikan kebebasan untuk memilih kemudahan saat bertransaksi dengan mereka, apakah memilih diskon, dengan system kredit dan lainnya.

 

(25). Win-Win Solution.

Orang china selalu menerapkan prinsip win-win solution, bukan hanya ingin mendapatkan keuntungan dan menyenangkan diri mereka saja.

 

(26). Mental Siap rugi.

Orang china tidak menghindar dari resiko berdagang, rugi menurut mereka adalah awal dari mencapai keuntungan. Itu mengapa orang china selalu memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk berhutang sebanyak mungkin meski harus mematikan uang didalam menghutangi. Menurut orang china bahwasanya Kerugian jangka pendek merupakan jalan yang dilalui untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

 

(27). Nasib Buruk dapat diubah.

Orang china percaya bahwasanya nasib buruk dapat diubah. Sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib baik jadi bukan alasan lagi untuk mereka takut pada nasib buruk saat mulai berdagang.

 

(28). Masalah  dan kegagalan itu Biasa.

Masalah Bagi orang china adalah batu loncatan, dan bukan penghalang sebuah keberhasilan.Sekali melangkah, mereka orang china akan terus melangkah. Tidak ada kata mundur dalam kamus perjuangan sukses mereka.

Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya. Sebaliknya akan membuatnya semakin gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya.

 

(29). Tidak Ada istilah bersaing dengan Cara yang Buruk.

Orang china sangat menghindari yang namanya saling menjatuhkan dan menjelekan satu sama lain dalam berdagang.

Orang china percaya bahwasanya dalam berdagang yang namanya Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan.

Setiap Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan dalam dunia dagang dan bisnis. sekali saja namanya rusak dan jelek dimata orang lain maka tidak akan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain lagi.

Dalam sistem Berdagangnya orang china mempunyai kode etik. Menjatuhkan perdagangan orang lain adalah perbuatan yang terkutuk dan sangatlah tidak disukai.

 

(30). Orang china percaya Bahwa kekayaan bisa memberikan kebahagiaan dan kasih sayang.

Mereka juga percaya bahwasanya kasih sayang tidak bisa dinilai dengan uang, namun orang china juga meyakini bahwasanya kekayaan bisa memberikan kebahagiaan dan mampu untuk meningkatkan status sosial keluarga di tengah masyarakat.

 

(31). Harus Berani Memulai dan menghadapi tantangan.

Bukan soal cerdas atau cerdik dalam strategi melainkan yang perlu ada dalam memulai adalah karena keberanian dalam memulai dan menghadapi segala kemungkinan resiko yang terjadi.

 

(32). Bagun Lebih Awal.

Orang china selalu bangun lebih pagi alias dini hari dan berkerja keras sepanjang hari hingga malam hari. Ketahuilah bahwasanya Kebanyakan usahawan china yang sukses bekerja sekurang-kurangnya 18 jam sehari.

 

(33). Memiliki Target yang harus dicapai.

Orang china mengharuskan dirinya untuk memiliki target yang ingin dicapai dalam berdagang, baik jangka pendek, menengah dan target jangka panjang.

 

(34). Harus Bisa Fleksibel.

Orang china percaya bahwasanya sikap dinamis di tengah masyarakat bisa mempengaruhi mental seseorang, itulah mengapa orang china meyakini kalau pedagang harus bisa mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan.

 

(35). Menguatkan kesabaran dan Ketekunan dengan Tekat yang bulat.

Orang china percaya bahwa dibalik beratnya menahan kesabaran yang begitu pahit pasti akan berbuah manis.

Disamping kesabaran yang harus diperkuat orang china juga percaya bahwa ketekunan jika digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan kesabaran niscaya akan menjadi asset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan hingga berhasil meraih kekayaan.

 

(36). Setiap Memulai mereka selalu beranggapan baik.

Bagi orang china sangat Pamali bagi pedagang mengucapkan hal buruk saat mulai berdagang, tidak boleh mengatakan sesuatu yang tidak baik ketika memulai babak baru perdagangannya, karena perkataan merupakan do’a dan harapan yang bisa saja dikabulkan.

 

(37). Fokus Mencari Jalan keluar atas masalah.

Seiap menghadapi masalah dalam bisnis orang china tidak meratapi diri begitu lama dan bahkan tetap berfokus mencari solusi keluar dari masalah, bukan malah terbenam didalam kesedihan.

 

(38). Kemahiran akan Terasah seiring perjalanan.

Orang china percaya bahawasanya orang akan semakin pintar dan mahir seiring dengan semakin lama ia berkecimpung di dunia dagang, jadi tidak harus menunggu pintar dan menguasai lebih detail lagi baru mau mulai berdagang.

 

(39). Tidak Cukup dengan Modal Teori saja.

Berdagang memerlukan ketelitian dan kecermatan, orang china tidak terlalu mengutamakan banyak teori dalam memulai yang penting adalah praktiknya dan itulah yang nantinya akan membentuk seseorang lebih bijak, fleksibel dan makin pintar.

 

(40). Mempelajari Strategi Meyakinkan pelanggan.

Menurut orang china, pedagang yang mampu berhasil harus mampu memberikan keyakinan bagi pelanggannya. Maka itulah yang perlu dipelajari sebagai pedagang yang ingin sukses.

 

(41). Memiliki Motivasi Tinggi.

Menurut Orang china beberapa faktor yang memotivasi keberhasilan adalah kemiskinan, perasaan kurang aman, kemampuan bertahan hidup di tempat orang, tidak ada pilihan, dan ajaran falsafah yang didapat sejak kecil.

 

(42). Mempersiapkan diri untuk menghadapi kejamnya dunia persaingan.

Orang china sudah jauh hari mempersiapkan diri mereka menghadapi kejamnya persaingan dalam dunia bisnis, persaingan keras dengan berbagai macam cara akan selalu ditemukan ditengah jalan. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni ‘bela diri’ perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.

 

(43). Cepat menyelesaikan hutang.

Para pedagang china biasanya akan tutup buku setiap akhir tahun, pedagang tidaklah dikatakan berhasil pada tahun itu jika hanya mencatat keuntungan saja. itulah mengapa orang china selalu mempercepat diri menyelesaikan hutang dalam waktu tiga hari menjelang tahun baru.

 

(44). Landasan Ilmu berdagang orang china Feng Shui.

Landasan Ilmu perdagangan Orang china adalah Feng Shui merupakan ilmu sains dan geografi yang digunakan orang china untuk mencari tempat mendirikan usaha perdagangan maupun sebagai tempat membangun rumah kediaman.

 

(45). Anak Laki-Laki adalah ahli waris dan paling menentukan penerus perjuangan keluarga.

kunci sukses bisnis orang china terakhir, Orang china percaya bahwa anak laki-laki merupakan ahli waris keturunan yang paling utama. Demi menjaga kehormatan orang tua dan keluarganya tidak ada pilihan kecuali menjadi Kaya dan salah satu pilihan untuk menjadi orang kaya ialah dengan menjadi pedagang.

Itulah deretan rahasia dan kunci sukses bisnis Orang China yang menjadi dasar mengapa mereka bisa begitu hebat dalam urusan dagang dan bisnis lainnya, apakah diantara sekian kunci sukses orang Tionghoa diatas ada dalam diri kita semuanya? sudahkah kita melakukan apa yang dilakukan oleh orang cina diatas dalam hal meraih kesuksesan?

Mari mulai sekarang kita belajar sedikit demi sedikit untuk menerapkan apa yang orang cina lakukan dalam daftar kunci sukses orang china diatas semoga dengan banyak belajar dan praktik dengan sungguh-sungguh bisa membuat kita mampu mengubah keadaan hidup, mengangkat derajat keluarga dan membawa kebahagiaan dalam hidup.

Baca Juga: 9 Cara Sukses yang pernah dilakukan Oleh Para Miliader Kelas dunia

Ketahuilah bahwasanya Kunci sukses bisnis orang china diatas tidak akan ada arti apa – apa jika dari dalam diri kita sendiri tidak ada kemauan untuk segera bergegas menyingsingkan lengan baju mulai action dari sekarang atau selamanya kehidupan akan tetap sama dari tahun ketahun.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.