9 Kesalahan Dalam Mendidik Anak yang Harus Diketahui Para Orang Tua

0
726

Kesalahan Dalam Mendidik Anak Yang Sering Terjadi

kesalahan Dalam Mendidik Anak
kesalahan Dalam Mendidik Anak – Ilustrasi

Kesalahan Dalam Mendidik Anak – Berperan menjadi orang tua yang baik dan bijak adalah seni mendidik yang sangat penting untuk dipelajari setiap orang yang ada harapan menjadi orang tua baik dari anak darah daging sendiri maupun memberlakukan anak orang lain. Kesalahan harus dipelajari agar bisa dihindari dalam mendidik anak, sangat penting untuk bisa mengendalikan diri dari berbuat kesalahan sebelum itu semua menimbulkan dampak negative terhadap perkembangan dan pendidikan sang anak.

Terkadang para orang tua telah berpikir dan merasa kalau mereka telah memberikan yang terbaik terhadap pendidikan anak mereka, tanpa mereka sadari apa yang telah mereka lakukan selama ini dalam proses mendidik anak justru sangatlah berbahaya terhadap otak kecil sang anak sehingga timbullah permasalahan – permasalahan yang membuat orang tua seperti kebingungan terhadap anak mereka, padahal tanpa mereka sadari itu disebabkan dari pola pendidikan yang mereka berikan dengan cara yang salah.

Berikut bangtohir.com telah merangkum untuk anda semua sahabat pembaca 9 kesalahan dalam mendidik anak yang sering tidak disadari oleh para orang Tua.

1). Memberikan Pujian Hanya saat Si Anak Mendapat Prestasi
Ketahuilah para orang tua yang baik, bahwasanya jika Anda memuji anak-anak Anda hanya ketika mereka berhasil pada sesuatu, maka itu akan merubah pola pikir serta membuat mereka merasa cemas Perfeksionis yang berakibat pada ketidakpuasan mereka saat melakukan hal lain kecuali jika mereka telah melakukan yang terbaik saja, yang perlu dilakukan adalah bukan hanya memberikan pujian ketika mereka berhasil saja, melainkan juga memotivasi mereka untuk mencoba dan menangani kemunduran apapun yang dangan cara mereka walau tak sampai menjadi yang terbaik.

2). Memberikan Pujian yang bersifat samar
Saat memberikan pujian kepada anak janganlah samar-samar, berikan pijian secara mendetail dari apa yang telah dilakukan anak anda, agar mereka tahu hal spesifik apa yang paling anda sukai. Berikan pujian secara rinci, memotivasi mereka untuk melakukan hal lebih baik.

3). Terlalu banyak membicarakan kesalahan Anak dihadapan mereka
Banyak berkomentar terhadap kesalahan sang anak secara langsung di hadapan mereka merupakan kesalahan terburuk para orang tua. Apabila anak anda selalu di terror dengan kesalahan demi kesalahan yang mereka lakukan, maka justru akan membuat mereka menghindar dan berhenti mengharapkan nasehat dari anda sebagai orang tua mereka.

4). Membandingkan Anak anda dengan Anak orang lain atau temannya
Ini juga merupakan kesalahan terburuk pendidikan orang tua terhadap anak, anak sangat tidak suka apabila mendapatkan perbandingan dari orang tuanya terhadap anak lain atau dibandingkan dengan teman – temannya. Dari situ mereka akan merasa tidak berharga lagi dihadapan orang tuanya dan juga akan membandingkan anda sebagai orang tuanya dengan orang tua temannya.

5). Tidak Peduli dengan Pendidikan mereka di sekolah
Kesalahan orang tua terhadap pendidikan anak satu ini jugasangat buruk terhadap kehidupan anak, kebanyakan orang tua tak peduli dengan keadaan sekolah anaknya, para orang tua sering menyerahkan sepenuhnya anak mereka terhadap pendidikan anak di sekolahan.

Anak-anak Anda harus tahu bahwa orang tua mereka tidak terlepas dari sekolah mereka. Tetaplah terlibat dalam pendidikan anak-anak Anda, waktu mereka di sekolah sangat sedikit sekali dibandingkan dengan waktu yang mereka habiskan di luar sekolah, tetaplah control bagaimana perjalanan dan perkembangan sekolah mereka, sesekali datang kesekolahan untuk mencari tau perkembangan pendidikan anak anda kepada guru disekolahan atau anda juga bisa datang untuk menjenguk anda ketika sedang istirahat belajar di sekolah dengan memberikan motivasi.

Jangan pernah mengecilakn hati anak anda dengan berkomentar yang memojokan hati anak anda seperti  “anak saya bodoh, anak saya bikin malu, anak saya tak pernah berhasil meraih prestasi di sekolah “ dan lain sebagainya . itu adalah kesalahan bagi orang tua, bayangkan betapa sakit hatinya anak and ajika mereka mendengar komentar buruk terhadap prestasi belajar mereka apalagi masa –masa seokalah itu merupakan masa pertumbuhan dan pembentukan jati diri anak.

6). Tidak Menjaga Harapan Tinggi Anak – Anak
Sebagai orang tua jangan pernah mematahkan semangat tinggi anak anda dalam memperjuangkan impian mereka, jagalah semangat mereka. Jangan pernah mengatakan apa yang mereka impikan tidak realistis dengan kemampuan yang ia miliki. Justru peran orang tua disini adalah Memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaan dengan baik agar impian besar mereka bisa terwujudkan. Biarkan pilihan hidup mereka seperti harapan mereka jangan dibatasi namun tetap diawasi dari belakang agar tidak menyimpang dari jalur yang benar.

7). Terlalu Protektif Terhadap Anak
Menjadi orang tua yang selalu berusaha melindungi anak merupakan keharusan, tapi tidak terlalu Protektif terhadap mereka, orang tua perlu melindungi anak terlebih ditahun – tahun pertumbuhan usia remaja anak, tetapi dengan cara yang Ramah dan bijak, karena di usia remaja mereka orang tua perlu menjadikan mereka sebagai teman terbaik mereka. Bersikaplah ramah, mendukung dan memahami perubahan yang akan mereka lalui semaja remaja.

8). Orang Tua banyak Memberikan nasehat tapi tidak melakukan nasehat pada dirinya sendiri
Istilah mengatakan “berkhotbah tanpa berlatih “ artinya hanya pandai berkata tapi tidak tau melakukan. Ketika sebagai orang tua menanamkan nilai – nilai baik tentang arti kehidupan, anda perlu memastikan bahwa anda tidak hanya menyampaikan kabar atau nasehat saja kepada anak anak anda tetapi juga mempraktekannya dengan cara terbaik anda sebagai orang tua.

Misalkan anda ingin anak tidak merokok , jangan hanya memberitahu mereka tentang efek buruk dari merokok, dan melarang mereka merokok ! sementara anda sendiri merokok sangat kuat dihadapan mereka. Anda melarang anak berlaku kasarterhadap temannya, tapi anda sendiri sering terlihat kasar terhadap ibu dari anak – anak. Itu SUNGGUH TERLALU !.

9). Membuat anak takut melakukan kesalahan
kesalahan dalam mendidik anak terakhir, Orang tua yang selalu memberikan pendidikan ketakutan terhadap suatu kesalahan yang dilakukan anak telah berusaha menghilangkan sikap kesatria atau pemberani dalam kepribadian anak mereka, dan itu merupakan kesalahan terburuk juga dalam pendidikan anak.

Membiarkan anak anda menyerah begitu saja saat menghadapi kesulitan tanpa memberikan support agar mereka terus berusaha menangani masalah mereka dengan gagah berani dan bertanggung jawab, itu kesalahan. Karena sika panda tersebut telah menghalangi anak anda untuk menjadi berani bertanggung jawab terhadap apa yang mereka hadapi. Berikan motivasi bahwa mereka harus bertanggung jawab dan jujur serta tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan.

Baca Juga: Wahai Para Orang Tua, Teruslah Perhatikan Dengan Siapa Anak Anda Bergaul

Demikianlah Sembilan kesalahan dalam mendidikan anak yang perlu dipahami oleh para orang tua, harapannya semoga dengan memahami ini semua sebagai orang tua bisa terus memperhatikan dan memberikan pendidikan terbaik atas anak – anak baik sebagai calon penerus perjuangan para orang tuanya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.