Ilmuwan Muda Muslim Penemu Rumus Mutakhir Kelas Dunia Dari Indonesia

0
406

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ilmuan Muda Muslim Dr. Yogi Ahmad Erlangga

Ilmuan Muda Dr Yogi Ahmad Erlangga
Ilmuan Muda Muslim – Dr Yogi Ahmad Erlangga

Ilmuwan Muda Muslim – Di luar Mereka ada yang menyebutnya dengan Habibie Muda, ilmuwan cerdas dari Indonesia ini juga merupakan sosok yang tak pernah absen sholat 5 waktu di Masjid, selain itu beliau juga dikenal dengan sosok yang rendah hati padahal ilmu beliau dan rumus matemika yang selama berabad – abad tak bisa dipecahkan, berkat kecerdasan dan temuan beliau mampu membuat ilmuwan barat terkagum – kagum sehingga tak heran banyak perusahaan besar luar negeri memperebutkan beliau untuk diajak kerjasama.

Pria bernama lengkap Yogi Ahmad Erlangga merupakan putra daerah asli yang terlahir di Tasikmalaya Jawa Barat, ( 18 Oktober 1974 ), Dr. Yogi Ahmad Erlangga, alumni Teknik Penerbangan ITB 1993 yang telah berhasil memecahkan persamaan Helmholtz menggunakan rumus matematika numerik secara tepat. Metode yang ditemukan oleh Yogi Ahmad ini sangat bermanfaat untuk menginterprestasi data pengukuran gelombang akustik yang bisa mempercepat pemrosesan data seismik untuk survei cadangan minyak bumi.

Mendapat gelar sarjana teknik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika ITB pada 1998, Yogi melanjutkan studinya di DUT, Belanda. Gelar master dan doktor didapatkannya di bidang matematika terapan dari universitas yang sama.

Yogi yang sempat mengikuti program post-doctoral di Jerman tercatat pernah mejadi asisten profesor bidang matematika di Universitas Alfaisal, Arab Saudi. Saat menjadi asisten profesor, Yogi banyak melakukan penelitian di bidang aljabar linier dan analisis matriks.

Penemuan besar ini sempat menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan dunia. Profesor pembimbing Yogi, Dr. Vees Vuik mengaku bangga atas keberhasilan risetnya. “Berdasarkan respon-respon yang kami terima dari industri maupun universitas-universitas asing, kami yakin bahwa karya itu telah memecahkan masalah yang telah berlangsung selama tiga puluh tahun,” ungkap Vuik dalam siaran Pers DUT.

Prestasi beliau yang luar biasa ini awalnya karena beliau melakukan penelitian dalam rangka riset untuk menyelesaikan pendidikan S3-nya di Belanda. Dan lebih hebatnya lagi mengetahui bahwa Yogi Ahmad berhasil melakukan riset tersebut dan menemukan rumus matematika yang selama ini belum terpecahkan oleh ilmuan lain diseluruh dunia banyak Perusahaan Kelas dunia seperti Shell dan SenterNovem, bersedia untuk mendanai riset pria yang berumur 41 tahun ini.

Dibalik keberhasilan Riset dan rumus yang ditemukan Yogi Ahmad Erlangga Mengapa perusahaan kelas dunia mau memberikan dukungan dana dengan jumlah yang amat besar untuk riset Yogi ? Ada apa dibalik riset yang beliau jalani?.. Ini Yang perlu kita ketahui Bahwasanya Berkat risetnya tersebut, akan sangat membantu pemrosesan data seismik seratus kali lebih cepat dibandingkan dengan metode yang melibatkan pengukuran 2 dimensi yang telah lama digunakan sebelumnya. Selain untuk itu berkat keberhasilan riset beliau itu, Yogi juga membuat ribuan insinyur bisa bekerja lebih cepat untuk menemukan minyak bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi kedepannya.

Temuan persamaan Helmholtz yang dipecahkan oleh Yogi juga mampu menggambarkan berbagai jenis gelombang. Selain gelombang akustik seperti dalam kasus minyak bumi, penemuannya juga bisa mengukur gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpanan data pada Disc Blu-ray, hingga radar penerbangan. Itu mengapa beliau di berbagai negara luar disebut sebagai Habibie Muda karena kecerdasan beliau tak kalah dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Bj Habibie yang tentunya sudah lama kita kenal. Sumber Referensi Tulisan : ITB.ac.id, phys.org

Baca Juga: 9 Cara Sukses Di Usia Muda yang Pernah dilakukan Para Milyader Kelas Dunia

Silahkan Share Tulisan ini semoga bisa menginspirasi Generasi Indonesia selanjutnya untuk semangat mengukir prestasi seperti ilmuan muda Dr Yogi Ahmad Erlangga.

LEAVE A REPLY