Para Musisi Mulai Paksa Youtube Memberikan Pembayaran Lebih

0
263

Youtube Diminta Membayar Lebih

Kabar terbaru soal Media penayang video seperti youtube belum lama ini menerima banyak keluhan dari para musisi dimana penghasilan mereka mulai mengurang lataran hasil karya mereka ditayangkan secara bebas di youtube dan penyedia video lainnya seperti dailymotion dan layanan streaming lainnya.

 

Keluhan tak hanya terjadi pada musisi tanah air bahkan juga di kawasan eropa sana para musisi dan pihak berwewenang sedang memaksa agar pihak youtube mau memberikan bayaran lebih kepada mereka para industri musik.

 

Mengutip dari laman CNN, Komisi Eropa yang mengurusi hukum di Uni Eropa, menyatakan kalau mereka saat ini ingin memperkuat hak para artis dan memastikan mereka bisa mendapatkan bagian yang adil dari keuntungan yang dihasilkan dari karya mereka.

 

Dari permintaan para musisi terhadap platform termasuk youtube dan lainnya diatas, apabila mendaptkan persetujuan maka sudah tentu “Proteksi Hak Cipta semakin diperkuat” Mereka akan melakukan penyaringan konten atau membayar jika ditayangkan. seperti yang telah kita ketahu, aturan yang selama ini berlaku terkait hak cipta, penyedia layanan itu baru akan bertindak jika menerima laporan pelanggaran hak cipta dan kemungkinan jika permintaan ini diterima maka teguran hak cipta akan semakin sadis bagi para pemilik channel yang menayangkan video bukan milik mereka asli.

 

Langkah yang dilakukan oleh pihak berwenang di eropa mendapatkan sambutan baik industri musik. Mereka memang sudah melakukan lobi agar YouTube tidak semena-mena menayangkan konten karya mereka.

 

“YouTube membangun bisnis raksasa menggunakan musik dan konten lain dengan membayar hanya sedikit dari royalti yang dibayar layanan semacam Spotify serta Apple Music,” sebut Geoff Taylor, Chief Executive lembaga bisnis rekaman Inggris, BPI.

 

Tapi ternyata permintaan tersebut juga mendapatlan banyak kritikan. Proposal aturan itu disebut akan merusak kemerdekaan internet di Eropa. Asosiasi Europe Digital Rights menyebutnya sebagai kepentingan sedikit pihak saja. Demikian juga Google selaku pemilik YouTube tentu merasa khawatir akan hal tersebut bila diperlakukan aturannya.

 

“Aturan ini menyarankan bahwa teks, video, gambar dan sebagainya harus disaring dulu. Ini akan secara efektif membuat internet menjadi tempat di mana semua yang diupload harus diclearkan dulu sebelum bisa menemukan pemirsa,” kata Caroline Atkinson, Vice President Google.

 

Nah, untuk kita sebagai pemain youtube di indonesia sebaiknya mulai dari sekarang ayo mulai sedikit demi sedikit belajar menayangkan video hasil sendiri biar gak terlalu kawatir akan adanya peraturan hak cipta yang diperkuat. jelek tidak masalah asal asli milik sendiri… karena semakin banyak berbuat akan menjadi kebiasaan yang menghasilkan karya luar biasa.

 

Bila ingin bermain dengan konten orang lain sebaiknya jangan gunakan akun email channel utama agar tidak membuat seluruh channel kena suspend akibat banyak terkena pelanggaran hak cipta.

LEAVE A REPLY