8 Faktor Penyebab Kegagalan dalam Kewirausahaan

0
657

Faktor Penyebab Kegagalan dalam Kewirausahaan yang Perlu Dihindari

Penyebab Kegagalan dalam Berwirausaha

Faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan di zaman sekarang yang penuh dengan persaingan panas antar pelaku bisnis ataupun wirausaha tidak bisa lagi dipandang sebelah mata apalagi sampai meremehkan faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan yang sering disampaikan oleh para mentor berpengalaman.

 

faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan tidak terlepas adanya tantangan dalam mencapai keberhasilan terutama tantangan yang dating dari diri sendiri. Namun walaupun demikian adanya banyak faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan bukan berarti anda harus menyerah sebelum berjuang, Karena sebetulnya anda belum bisa dikategorikan sebagai wirausaha yang tangguh apabila belum pernah mengalami yang namanya kesulitan, kegalauan bahkan kegagalan.

 

Pada tahun 2012 silam pernah ada laporan statistic yang menyebutkan bahwasanya hampir 50 persen pelaku wirausaha pemula mengalami kegagalan dalam lima tahun pertama mereka merintis usaha. Nah, jikamerujuk pada hasil laporan tersebut sangat tidak etis bila baru menghadapi esulitan sedikit lalu membuat kita mundur begitu saja dari perjuangan menjadi wirausaha sukses.

 

Sebelum kita mengulas beberapa Faktor Penyebab kegagalan dalam kewirausahaan, pernah seorang pakar bisnis dari amerika serikat, Martin Zwilling, mengatakan bahwasanya, “kegagalan dalam membangun sebuah bisnis merupakan tonggak awal menuju sukses. Para wirausaha pemula dapat belajar dari kesalahan mereka, menggunakan pengalaman untuk maju ke ide selanjutnya”. Itu artinya kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, akan tetapi jadikanlah kegagalan sebagai batu loncatan untuk menempa diri agar lebih siap menghadapi tantangan yang lebih berat dengan tetap memperhatikan apa saja faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan yang sebelumnya pernah menjerumuskan kita.

 

Seperti yang disinggung diatas bahwasanya faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan ada banyak, tentunya apabila disebutkan semua dari sekian banyak penyebab kegagalan dalam berwirausaha maka tentunya tulisan ini akan panjang dan mungkin membosankan untuk membacanya ya .

Faktor Penyebab Kegagalan dalam Kewirausahaan

So, Pada kesempatan ini bangtohir akan berbagi apa saja faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan yang terpenting untuk diperhatikan dari sekian banyak penyebab kegagalan dalam berwirausaha, diantaranya ialah:

 

1. Memulai dengan Niat setengah – setengah hanya ingin coba – coba

Tidak terlalu serius saat mengawali usaha atau hanya ingin mencoba-coba saja sangatlah berbahaya bagi kemajuan usaha kedepannya, memang ada banyak pepatah mengatakan jangan takut mencoba namun perkataan tersebut tidak cocok untuk diterapkan pada bisnis yang diharapkan untuk berhasil.

 

Jika anda ingin berhasil dalam menjalankan suatau usaha jalanilah dengan sepenuh hati sampai waktu berkata bahwa kamu memang sangat tidak cocok untuk mengembangkan usaha tersebut alias walau sudah bebrapa kali kamu bangkit pontang-panting mengembangkannya namun apalah daya tetap tidak bisa tertolong.

 

Jalanilah semua yang kamu mulai dengan penuh keyakinan dan usaha maksimal, karena ada banyak orang yang tiba-tiba hilang dipertengahan hanya karena tidak pernah mau serius atau hanya ingin mencoba saja.

 

2. Tidak Fokus membesarkan satu unit usaha

Ada banyak orang yang terlalu berambisi membangun usaha karena punya semangat tinggi, hingga akhirnya terlalu cepat membuka banyak usaha padahal usaha pertama belum berhasil atau belum bisa ditinggalkan dan masih sangat perlu pemantauan khusus. Jika kamu masuk dalam kategori orang yang terlalu cepat mengembangkan lini usaha padahal usaha sebelumya belum berhasil maka bersiaplah menjemput kegagalan dari semua usaha yang telah kamu bangun.

 

Pahamilah bahwa kamu bukanlah robot yang bisa selalu siap siaga dalam waktu 24 jam. Kalaupun bisa percuma sekali bila usaha yang kamu bangun tidak membuatmu memiliki banyak freetime untuk menikmati hasil usaha yang bahkan makan dan mandipun tidak bisa. Rugiiii sekali.

 

3. Membuka Usaha yang tidak sesuai dengan Trend, permintaan pasar dan lokasi yang salah

Membuka bisnis tidak sama dengan membuka topi yang bisa kamu lakukan kapapun dan dimanapun serta dalam kondisi apapun.

 

Dalam hal ini kamu harus pandai membaca trend pasar, bisa memilih lokasi bisnis yang tepat, usaha dengan produk yang sukses adalah yang bisa menyesuaikan diri dengan trend bisnis dan lokasi bisnis yang strategis.

 

Jadi, sebelum memutuskan untuk memulai membuka usaha pelajari terlebih dahulu trend bisnis yang sedang booming, mencari lokasi yang prospek tentunya dengan menghadirkan produk yang memiliki nilai komersil serta mampu bersaing.

 

4. Tidak memiliki mentor yang tepat

Siapa bilang mentor dalam membangun usaha tidak perlu? bisnis memerlukan nasehat dari mentor yang hebat..mentor dalam dunia wirausaha sangatlah penting. Disini anda perlu menemukan mentor bisnis yang berpengalaman dan telah terbukti berhasil menerapkan strategi bisnis yang dia punya. Memang tanpa mentor anda juga bisa berhasil tapi itu sangatlah sedikit yang bisa, itu sebabnya di dunia ini sagat sedikit orang kaya yang benar-benar berhasil dari usaha yang ia jalani sejak awal dengan sendiri.

 

5. Tidak mau percaya kepada orang lain untuk ikut mengembangkan usahanya

Kita hidup bukanlah individual, sukses terbaik bila kita juga bisa membawa orang lain ikut sukses bersama kita. So, jangan egois dalam membuka usaha jika ingin cepat maju dan berkembang. Carilah orang-orang yang memiliki kompetensi dalam bidang yang sesuai dengan usaha kamu lalu ajak untuk berkolaborasi mengembangkan bisnis tersebut.

 

6. Tidak mengikuti perkembangan Bisnis

Penting sekali bagi pelaku wirausaha untuk selalu update informasi tentang perkembangan bisnis yang berlaku, karena dizaman yang serba modern seperti sekarang perputaran trend produk sangat cepat sekali. Jika anda lengah dari perkembangan trend bisnis maka bersiaplah untuk didahului oleh pesaing bisnis anda.

 

7. Tidak membangun Data Pelanggan dan menjalin Hubungan baik dengan mereka

Pelanggan merupakan pentu perjalanan jangka panjang sebuah usaha yang kita jalani, maka ada istilah “ Money In The List” uang ada di dalam list pelanggan yang kita bangun, bila usaha yang telah terbangun dengan baik diiringi dengan membangun pelanggan yang banyak maka dimanapun kamu berada ketika mereka sudah setia menjadi pelanggan akan tetap dikejar.

 

Misalkan saja, terjadi musibah pada bisnis sekarang, jika sudah memiliki data pelanggan dan memilikihubungan baik dengan mereka, jika suatu saat kamu membuka usaha lagi maka akan lebih mudah bagi kamu memanggil palnggan yang ada untuk memberitahukan keberadaan usaha kamu dan mereka akan dengan senang hati datang lagi.

 

8. Modal dan manajemen Bisnis yang kurang

Faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan yang terakhir ini sangat penting untuk bisa memenangkan persaingan bisnis dan juga dalam membangun bisnis menuju skala besar.

 

Modal menjadi sangat penting untuk memperkuat pertahanan bisnis, begitu juga Manajemen bisnis. Maka disana diperlukan untuk lebih pandai menemukan SDM yang berkualitas serta keahlian dalam memanajemen usaha juga memanajmen SDM dengan baik agar usaha tetap bisa berjalan dengan baik dan cepat memnajdi besar.

 

Modal perlu besar utnuk menghadapi persaingan bisnis, jika kita pribadi kurang modal maka perluaslah jaringan dengan para investor yang memiliki dalam lebih untuk diajak bergabung mengembangkan usaha.

 

Itulah delapan faktor penyabab kegagalan dalam kewirausahaan yang sangat penting untuk diperhatikan, dipelajari dan dihindari agar jangan sampai terjadi pada anda yang baru memulai terjun kedunia wirausaha. Namun, yang paling penting dari apa yang telah disebutkan diatas ialah bagaimana kita menjalin hubungan dengan Yang Maha memberi Kemudahan. Betapa besarnya usaha, modal dan keahlian yang dimiliki jika Tuhan Belum bekehendak maka apalah mau dikata, “Kita Manusia hanya bisa berencana Tuhanlah yang menentukan segalanya” namun tetaplah berusaha untuk menghindari faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan diatas karena do’a dan tawakal tanpa ikhtiar sama saja tak aka nada artinya.

 

Semoga Apa yang telah disampaikan sekilas penjelasan mengenai faktor penyebab kegagalan dalam kewirausahaan diatas bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman semua, Lain waktu kita lanjutkan pembahasan mengenai Penyebab kegagalan dalam beriwausaha lainnya. Semoga sukses bahagia dunia akhirat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.