3 Pelajaran Bisnis Luar Biasa dari Mark Zuckerberg

0
797

Pelajaran Bisnis Penuh Inspirasi Dari Mark Zuckerberg

Pelajaran Bisnis Dari Mark Zuckerberg

Diantara pelajaran bisnis yang bisa membakar semangat kita untuk lebih giat berusaha mencapai kesuksesan ialah dengan mengambil pelajaran sukses dari yang sudah terbukti sukses secara nyata. Karena biasanya kita akan masih ada timbul rasa ragu bila mendengar pernyataan dari orang yang juga masih belum keberhasilannya tapi sudah banyak memberika strategi yang dia sendiri juga belum pasti sudah melakukan pelajaran bisnis yang ia berikan.

 

Salah satu yang bisa membawa kita menjadi orang sukses ialah dengan banyak belajar dari orang sukses, bagaimana mereka bisa mencapai keberhasilan sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang bahkan untuk dunia.

 

Pelajaran bisnis kali ini kita ambil dari sang pendiri media sosial yang sudah tak asing lagi yaitu facebook, Mark Zuckerberg. beliau juga merupakan salah satu nama yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya dunia.

 

Kalau biasanya kita melihat perjalanan orang sukses dilalui dengan perjuangan dalam waktu panjang, Mark Zuckerberg justru sebaliknya, Ia terbilang begitu singkat sehingga menjadi orang sukses di usia mudanya dimulai ketika usianya masih 19 Tahun.

 

Mark mengawali bisnisnya dengan membuat sebuah website ketika usianya masih 19 tahun, kemudian saat Mark sudah berusia 32 tahun jadilah websitenya tersebut menjadi media Jejaring Sosial yang sangat berpengaruh di seluruh dunia dengan nilai saham senilai lebih dari US$ 340 miliar, atau setara dengan Rp 4.452 trilyun (Kurs Rp 13.094 per dolar). Sekarang juga kita tahu bahwa Mark Sudah berhasil mengakuisisi Instagram dan WhatsApp.

 

Ada banyak inspirasi dan tips menjadi pengusaha sukses yang telah disampaikan oleh mark zuckerberg, salah satunya bang tohir kali ini mengambil 3 pelajaran bisnis yang pernah disampaikan oleh Mark yang saya kutip dari CNBC, apa saja pelajaran bisnis dari Ceo Facebook tersebut, berikut Ulasannya:

3 Pelajaran Bisnis Dari Mark Zuckerberg:

Pertama: Eksporasi Diri Anda

Pelajaran bisnis pertama ini berkaitan dengan bagaimana anda mengetahui kemampuan diri anda, apa saja yang anda sukai dan apa yang bisa anda lakukan dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Mark Zuckerberg mengatakan bahwa awalnya ia sama sekali tidak pernah menduga kalau facebook bisa menjadi sebuah perusahaan besar seperti sekarang, Awalnya ia hanya membangun facebook karena berdasarkan Hobi saja. Namaun, Seiring berjalannya waktu justru facebook mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

 

Apabila anda ingin menjadi Pebisnis sukses, anda harus mencari dan menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.Mark Zuckerberg Setuju dengan pernyataan ini, dan mengatakan bahwa jika Anda memiliki ide, Maka ide tersebut harus memberikan dampak sosial yang besar bagi soasial dan dunia.

 

Baca Juga: 3 Ciri Pengusaha Sukses Menurut Mark Zuckerberg

 

Pelajaran Bisnis kedua: Jangan Mencari Kesempurnaan

Apabila dalam menjalankan bisnis kita pernah melakukan kesalahan dan kegagalan jangan menganggap hal tersebut yang terburuk dalam hidupmu, karena kesalahan hal yang wajar diahadapi oleh pebisnis.

 

Mark Zuckerberg sendiri pernah mengalami berbagai kesalahan dan kegagalan. seperti ketika ia mencari Investor maupun ketika harus meyakinkan pengguna untuk menggunakan facebook pada awalnya.

 

“Tidak ada orang yang bisa mengatasi segala hal. Tapi jika Anda dapat menemukan tim, teman, maupun keluarga yang dapat membantu Anda, maka anda akan berhasil melaluinya,” Kata Mark Zuckerberg.

 

Ada banyak yang mengaku pebisnis tapi takut melakukan dan menghadapi kegagalan. Mark mengatakan bahwasanya kita harus memiliki TIM yang bisa mengapresiasi segala kesalahan yang mereka perbuat.

 

“Anda tidak perlu menjadi seorang superhuman (manusia super), Anda hanya harus bertahan dengan apapun yang terjadi,” ujar pria kelahiran 14 Mei 1984 ini.

 

Pelajaran Bisnis terakhir: Selesaikan daripada Sempurna

Menyelesaikan apa yang telah kita mulai hingga akhir lebih baik daripada menunggu hingga selesai. mark memberikan perumpaan sebagai seorang hacker yang selalu langsung mempraktekan ide yang mereka dapatkan hingga selesai.

 

“Daripada berdebat selama berhari-hari tentang suatu mungkin atau tidaknya suatu ide diwjudkan, seorang hacker akan langsung mempraktikkan ide tersebut, dan melihat bagaimana caranya bekerja,” ujar Pendiri Mark.

 

Itulah tiga pelajaran Bisnis yang bisa kita ambil dari Mark Zuckerberg yang memang sudah tidak diragukan lagi kesuksesannya membuat bisnis yang mampu mengambil perhatian dunia tertuju padanya. Semoga Bermanfaat untuk teman-teman semua yang sekarang sedang berusaha menjadi pengusaha sukses.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.