4 Tips Presentasi Dadakan Agar Tidak Grogi

0
509

Tips Persentasi Dadakan pada Waktu tak Terduga

Tips Presentasi Dadakan Agar Tidak Grogi

Tips presentasi dadakan mejadi tema pembahasan dalam artikel ini, mungkin sobat juga pernah menemui suatu momen atau kesempatan dimana pada saat itu tiba – tiba diadakan presentasi dadakan, misalkan bagi para mahasiswa hal seperti ini sering terjadi, kadang juga di acara tertentu tiba – tiba anda di tunjuk untuk menjadi pembicara karena di anggap mampu padahal anda tidak punya persiapan sama sekali sebelumnya, biasanya kejadian semacam ini sangat membuat grogi dan bisa menyebabkan jadi demam panggung yang teramat parah.

Tapi anda jangan kawatir soal ini, baca duu artikel ini sampai habis ya..ada 4 Tips presentasi dadakan yang sering saya terapkan ketika di suruh menjadi pembicara dadakan di antaranya :

1 . Segmential ( Timing )
Waktu kejadian, sebelum berbicara anda segera berpikir mau berbicara tentang apa lalu kemudian perkirakan kapan waktu itu terjadi, jaman dulu, sekarang, dan yang akan dating seperti apa respon mengenai permasalahan tersebut.

Misalnya , anda berbicara tentang motor, jaman dulu kalau sudah mampu punya satu sepeda motor sudah di anggap sebagai orang kaya, sekarang semuanya dianggap biasa karena sudah gampang di peroleh dan hamper setiap rumah ada motor, masa yang akan dating motor kemungkinan menjadi harta yang sudah dianggap biasa sekali.

2. Pro’s and Con’s / Pro dan Kontra
Dalam hal ini anda harus bisa menjabarkan antara pihak yang pro atau setuju dan menjelaskan juga bagaimana para pihak yang kontra atau tidak sepaham dengan kejadian ini, buatlah perbedaan antara keduanya.

3. Combination / Kombinasikan
Anda berusaha untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan hal yang menjadi pokok bahasan anda, berikan penjelasan mengenai efek yang akan di timbulkan baik efek buruk dan baiknya , kemudian anda mencoba memaparkan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

4. Kesimpulan
Setelah anda memaparkan dengan melakukan step 1 sampai 3 di atas sebelum mengakhiri pembicaraan maka anda berusaha untuk membuat sebuah kesimpulan atau inti dari pembicaraan anda.

Tips presentasi Tambahan: Apabila anda secara tiba – tiba kehabisan kata – kata yang akan disampaikan usahakan jangan berhenti dan diam lama berpikir agar anda tidak terlalu kelihatan grogi , langsung saja beralih pembicaraan namun tetap tidak jauh melenceng dari topic awal anda.

Demikian 4 tips presentasi dadakan agar tidak grogi ataupun demam panggung, semoga bermanfaat. Apabila anda ada tips tambahan silahkan di sampaikan via komentar di bawah artikel ini.

Related Post : Bagaimana Menerima Keadaan Diri Sendiri

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.