4 Cara Mendapatkan Royalti di YouTube dengan Mudah

2
525

Cara Mendapatkan Royalti di YouTube

Cara Mendapatkan Royalti di YouTube
Cara Mendapatkan Royalti di YouTube – Ilustrasi Image

Cara Mendapatkan Royalti di Youtube – YouTube adalah salah satu media hiburan berbasis video. Banyak orang mengunggah aktivitas hariannya di YouTube. Bahkan, ada pula yang memanfaatkan YouTube sebagai ladang untuk mencari rezeki.

 

Artis dan pembuat konten YouTube bisa saja mendapatkan untung yang besar hanya dari sebuah video. Pembuat konten seperti Psy dan pencipta seperti Harlem Shake terbukti telah memiliki royalti besar dari YouTube. Pemasukan mereka didapatkan melalui metode yang disebut ContentID.

 

Salah satu cara mendapatkan royalti di YouTube adalah dengan iklan. Ketika sebuah video menggunakan sampling musik dan video dari kedua artis tersebut, iklan diperkenankan hadir pada video tersebut. Pendapatan iklan akan langsung masuk ke pemiliki konten asli.

Baca: 10 Orang Berpenghasilan Tertinggi Di Youtube Sebagai Youtuber

Selain itu, YouTube juga memiliki beberapa cara mendapatkan royalti di YouTube ke pemilik konten asli. Hal ini agar pemiliki konten yang asli tetap menikmati hasil ketika kini sangat marak tindak pembajakan. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan royalti di YouTube.

 

  1. Metode: Monetization

Metode ini memberikan royalti sebesar 2 dollar untuk setiap 1000 kali video iklan ditonton oleh pengaksesYouTube. Contoh dari video ini adalah karya Robin Thicke yang berjudul Blurred Lines (clean version). Sampai awal Agustus 2013, video iklan tersebut telah ditonton sebanyak 76 juta kali. Robin pun mendapatkan hasil bersih sebesar 250.000 dollar.

 

  1. Metode: Vevo

Vevo adalah bentuk keja sama antara YouTube dengan beberapa perusahaan rekaman musik besar. Sejak tahun 2009, Vevo telah menggelontorkan dana sebesar ± 200.000.000 dollar kepada para pemiliki video. Salah satu contohnya adalah video We Can’t Stop milik Miley Cyrus. Video ini terus mendapatkan royalti setiap kali ditonton oleh para pengakses YouTube.

 

  1. Metode: Penjualan Single

Cara mendapatkan royalti di YouTube selanjutnya adalah melalui penjualan single. Biasanya, halaman YouTube resmi memiliki link ke iTunes, Google Play, ataupun Amazon MP3. Fans akan lebih mudah untuk click to buy yang akan langsung terhitung masuk dalam royalti. Video Just Give Me A Reason miliki Pink hingga kini telah terjual hingga lebih dari 3,5 juta kopi. Untuk jumlah tersebut, Pink mendapatkan royalti di YouTube sebesar 4.500.000 dollar pada tahun 2013.

 

  1. Metode: Sponsorship

Selain cara-cara tersebut, ada pula cara mendapatkan royalti di YouTube menggunakan sponsorship. Para artis dalam video akan menggunakan barang-barang dari merek tertentu. Dana pembuatan video juga berasal dari para pemiliki produk. Contohnya adalah video Needing/Getting milik OK Go. Video ini menampilkan anggota band OK Go yang mengendarai mobil Chevrolet. Pihak Chevrolet mengeluarkan dana sebesar 1.000.000.000 dolar untuk membayar band OK Go.

Baca: Meski Pengguna Youtube Mencapai 1 Miliar Sebulan, Perusahaan Ini Ternyata Belum Untung

Itulah empat Metode Cara Mendapatkan Royalti dari Youtube yang tentunya jika kamu serius bermitra dengan pihak youtube akan sangat baik sekali untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan passive income dengan syarat kamu hadirkan yang terbaik sesuai prosedur dan ketentuan yang diberlakukan oleh Youtube.

Tentunya dari Keempat Cara mendapatkan penghasilan dari youtube maupun royalty yang paling populer dan sangat mudah diterapkan oleh siapa saja ialah bagian nomer satu yaitu menjadi mitra youtube dengan Monetization video agar memunculkan iklan sponsorship dari advertiser di youtube.

Baca Juga: Bagaimana Menerima Keadaan Diri Sendiri

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.