Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah dan Cepat

0
602

Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah dan Cepat – Tutorial Buat Blog Blogspot

Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah Bergambar
Cara Membuat Blog di Blogger – Tutorial Buat Blog

Cara membuat blog di blogger dengan mudah dan cepat kali ini sengaja kami buatkan buat sahabat pembaca semua yang masih dalam tahap pemula di dunia blogger dan ingin bisa membuat blog sendiri baik untuk kebutuhan menulis ataupun dijadikan sebagai blog untuk bisnis dan tentu keduanya bisa menjadi blog yang bisa menghasilkan uang jika memang digunakan secara maksimal. sebelum lebih jauh pada tutorial buat blog di blogger atau blogspot milik google satu hal yang perlu kamu pahami bahwasanya antara kemudahan dan kesulitan membuat blog beda tipis, jika kamu sering latihan dan terus berkarya membuat blog tentunya ini akan menjadi hal yang mudah bagi kamu untuk bikin blog sebanyak mungkin dalam waktu singkat, Tapi bagi yang belum sama sekali maka kamu akan sedikit merasa bingung dan perlu sekali terus melihat ke panduan cara membuat blog di blogger ini.

Ada beberapa Hal yang juga perlu kamu pahami sebelum mengetahui cara membuat blog di blogger atau blogspot yaitu pemilihan “Nama blog (Nama Domain) atau “Tema (Niche Blog)” apa yang akan kamu bahasa dalam blog kamu nantinya. Penentuan keduanya menjadi sangat penting untuk dipikirkan agar nanti kedepannya kamu tidak mudah bosan dan kehabisan ide untuk terus mengisi dan mengembangkan blog kamu. Tentang bagaimana mempersiapkan kedua hal ini, kamu bisa baca pada artikel yang sudah bangtohir tulis seblumnya:

Sebenarnya cara membuat blog dengan blogger blogspot gratis alias tanpa dipungut biaya sampai kapanpun kecuali nanti tiba-tiba google membuat kebijakan baru, kecuali nantinya kalau kamu mau Custom domain atau menghilangkan “blogspot” dari url domain blog kamu. Tentunya juga tetap menjaga kualitas isi yang original hasil tulisan kamu biar tetap aman dan dinilai baik.

Pembahasan cara membuat blog di blogger untuk pumula ini akan panjang kebawah ya, biar bisa memberikan penjelasan lebih detail.

Oke, selanjutnya silahkan ikutin panduan tutorial buat blog di blogger ini dengan seksama agar blog kamu bisa jadi dengan sempurna sesuai keinginan kamu.

Tutorial cara membuat blog di blogger dengan mudah dan cepat lengkap beergambar berikut ini:

Step 1: Mempersiapkan Email Gmail

Kamu harus punya akun email yang dibuat dengan Gmail. jika belum memiliki email gmail maka silahkan bikin dulu akun email di gmail, tenang…bikin email di gmail gratis kok. Jika belum tahu cara membuat email di gmail, silahkan baca punduan step By step cara membuat akun email di gmail ini.

Step 2: Mulai Membuat Profil Blog di Blogger

Jika sudah punya email, Langsung menuju halaman situs tempat pembuatan blog gratis blogspot. Silahkan buka halaman situs: www.blogger.com.

Step 3: Login dengan akun email Gmail Kamu di halaman Blogger, gunakan alamat email dan password sama seperti yang kamu gunakan untuk login ke email. 

Setelah kamu login dengan akun gmail, jika kamu pertama kali bikin blog di blogger maka akan disuruh memilih profil untuk blog baru kamu.

Cara Membuat Blog di Blogger
Silahkan pilih salah satunya.

Jika Ingin Lebih Mudah dan Gampang silahkan gunakan profil Google+ karena nantinya jika kamu mau kapan aja bisa beralih profir dengan profil blogger terbatas. Menggunakan profil Googl+ juga akan bermanfaat supaya nanti setiap tulisan kamu di blog bisa langsung di share atau bagikan ke Halaman Google Plus.

Apabila Menggunakan Profil Google+, Jika kamu belum pernah membuat halaman profil Google+ nanti akan diminta membuat profil dulu di halaman Google+.

Cara Membuat Blog dengan Blogger
Lengkapi profil Google+ sesuai keinginan dan data kamu sendiri.

Setelah Kamu selesai membuat profil singkat Google Plus Kamu, nanti silahkan klik lanjutkan untuk menuju pembuatan blog baru kamu di blogger. Lihat Gambar.

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Step 4: Mulai Membuat Blog Baru Kamu.

Tutorial buat Blog Blogger

Note:

  1. Klik “New Blog” atau “Buat Blog“.
  2. kamu bisa gunakan untuk mengubah bahasa blog kamu, apakah mau berbahasa indonesia atau menggunakan bahasa inggris.

Step 5: Menentukan “Judul Blog” (Nama Blog) dan “Alamat Url Blog” (domain blog).

Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger

Perhatikan pada Tanda “Centang” di bagian pojok url blog bagian nomer 2. jika kamu menuliskan atau membuat alamat url blog yang sudah diambil orang lain atau sudah dibuat orang lain maka pada bagian itu akan muncul tanda pentung seru “!” menandakan kalau url tersebut sudah ada yang mengambilnya.

Keterangan Nomer:

  • Nomer 1: Isi dengan nama atau judul Blog yang sudah kamu tentukan. nanti bagian ini akan muncul besar di halaman depan blog sebagai nama blog kamu.
  • Nomer 2: Kamu isi atau ketikan alamat url pilihan kamu sendiri, disini gak perlu sama dengan judul blog, tapi lebih bagus dan dianjurkan membuat url blog yang juga sama dengan dengana nama atau judul blog kamu.
  • Nomer 3: Template, disini kamu bisa memilih template atau theme yang akan digunakan sebagai tampilan blog kamu nanti. ini hanya untuk awal saja, karena kamu masih bisa mengganti template blog kamu kapapun kamu suka nantinya baik masih menggunakan template gratisan blogger atau diganti dengan template buatan orang lain yang lebih bagus dan menarik tentunya ada juga yang gratis dan berbayar tergantung kualitas template.

Langkah selanjutnya Silahkan Klik “Create Blog” dan kamu akan langsung diarahkan menuju halaman dasboard blog baru kamu. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Blog dengan Menggunakan Blogger Gratis
Tampilan dasboard blog di blogger.

Sampai disini sebenarnya blog baru kamu sudah jadi atau selesai dibuat. langkah selanjutnya tinggal kamu posting atau isi artikel dan lainnya ke blog kamu.

Namun, Kami juga akan sedikit memberikan penjelasan fungsi dari fitur yang ada di dasboard blog blogger seperti pada gambar diatas.

Penjelasan Nomer:

  • Nomer 1 Gunanya untuk membuat atau menulis artikel baru di blog kamu.
  • Nomer 2 Untuk melihat semua isi artikel yang sudah pernah kamu posting/publish maupun yang tersimpan di draf.
  • Nomer 3 Berfungsi untuk melihat seperti apa tampilan blog kamu.

Perhatikan Juga penjelasan fitur blog yang ada di bagian samping kiri dasboard blogger:

  • New Posts/Tulisan Baru: Berfungsi untuk membuat tulisan baru di blog.
  • Overview: Untuk melihat dasboard blog
  • Posts: untuk melihat semua daftar isi postingan atau semua artikel yang ada di dalam blog kamu.
  • Pages: untuk membuat dan melihat Halaman Page atau halaman statis yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat halaman “About us/tentang kamu”, Bikin halaman kontak, Bikin halaman daftar isi/sitemap, bikin halaman privacy policy dan Halaman disclaimer maupun membuat halaman penjelasan lainnya. Halaman Page berbeda dengan bagian postingan artikel.
  • Comments: disini kamu bisa melihat dan mengatur baik menghapus atau menerima komentar dari pengunjung blog kamu.
  • Stats: berfungsi untuk melihat traffic atau jumlah pengunjung ke blog kamu, melihat sumber datangnya pengunjung blog, melihat asal negara dan perangkat apa yang digunakan pengunjung datang mengunjungi blog kamu dan lainnya.
  • Earning: Bagian ini bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan blog atau mengaktifkan program kemitraan dengan google agar blog bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program google adsense. pada bagian ini terkadang tidak muncul pada blog yang di setting berbahasa indonesia. Sementara tombol pendaftaran baru akan muncul apabila kira-kira nantinya blog kamu sudah dianggap pantas untuk ikut program iklan adsense, dan akan otomatis muncul dengan sendirinya.

Baca disini: Perbedaan Blogger Adsense dan Google Adsense

  • Campaigns/Promosi: Berfungsi untuk memperomosikan blog melalui google adwords, artinya kamu mengiklankan blog kamu berbayar. ini jarang dipake kecuali jika blognya sejenis untuk jualan.
  • Layout/Tata Letak: berungsi untuk mengatur tata letak atau tampilan segala macam atribut yang ada di blog kamu, seperti menambahkan widget hiasan blog, menampilkan artikel bacaan populer, membuat dan menampilkan kategori artikel, memasang iklan dan lain sebagainya.
  • Template/Theme: pada bagian ini kamu bisa mengedit template, mengganti template atau theme, mengatur lebar, warna, dan lain sebagainya. jika kawatir merusak blog kamu bisa melakukan pengeditan lewat “Customize“.. tapi jika kamu paham kode Html atau kode Script maka kamu bisa memodifikasi blog sesuka kamu melalui “Edit Html“.
  • Setting/Pengaturan: Pada Bagian ini tempat mengatur berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman depan, pengatur postingan, komentar, email, bahasa dan pengaturan index lainnya. Bagian ini sebenarnya membutuhkan pembahasan khsus. Semoga lain waktu ada kesempatan untuk membahasas bagian ini secara khusus ya.

Itulah sobat bangtohircom panduan cara mudah membuat blog dengan blogger blogspot mudah dan cepat tentunya. Karena yang bikin lama dalam tutorial pembuatan blog ini adalah penjelasan dan cara melakukan settingan atau pun pengaturan blog agar bisa lebih keren dan enak dilihat. Untuk itu jika kamu ingin mahir dan bisa membuat blog dengan mudah di blogger perlu kebiasaan dan latihan serta selalu banyak belajar untuk menggali lebih dalam pengetahuan seputar dunia blog.

Semoga Tutorial Cara membuat blog di blogger dengan mudah dan cepat ini bisa kamu ikutin panduannya dengan teliti agar bisa tahu cara membuat blog sendiri yang nantinya bisa dijadikan blog untuk menghasilkan uang. Jika ada pertanyaan seputar cara membuat blog dengan blogger ini silahkan ditanyaan langsung ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.