Cara Melakukan Riset Kata Kunci Produk Toko Online

0
681

Cara Melakukan Riset Kata Kunci produk Toko Online untuk mengetahui Jumlah Pencari Di Internet

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Produk Toko Online
Cara Melakukan Riset Kata Kunci Produk Toko Online

Bangtohir.comCara melakukan riset kata kunci produk toko online penting sekali untuk diketahui oleh setiap pemain bisnis di toko online agar bisa mengetahui produk apa yang bagus dan prospek untuk Dijual di toko online yang kita bangun.

 

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Mau tidak mau memang harus dikuasai oleh para pelaku bisnis online baik bagi para pemilik toko online maupun para blogger yang mengembangkan web portal, karena ini merupakan solusi terbaik jika ingin meminimalisir pengeluaran agar tidak mesti menggunakan jasa periklanan jika bisa menulis dan menarget sendiri para pengunjung maupun pembeli agar datang ke website yang kita punya.

 

Selain untuk mengetahui jumlah pencarian sesuai kata yang diketikan oleh pengguna internet di mesin pencari seperti google dan lainnya, riset ini juga sangat berfungsi sekali untuk penulisan artikel di website toko online sehingga bisa menjadi tulisan yang bersifat SEO ( search Engine Optimation ) dan mampu bersaing dengan tulisan dari blog orang lain. pembahasan sebelumnya bang tohir sudah berbagi mengenai macam – macam riset keywords.

 

Baca Disini : 2 Macam Riset Sebelum Membangun Toko Online

 

Perlu juga diketahui bahwa Tips terbaik dalam melakukan riset Keyword untuk toko online adalah dengan melakukan riset keyword untuk Kata Kunci yang mengandung “ Buying Keyword “ ( kata kunci yang orang cari saat benar – benar ingin membeli suatu produk lewat internet atau kata kunci yang menjual ).

Cara Riste Kata Kunci Produk Yang Menjual
Contoh Buying Keywords

*** Satu Hal yang perlu anda ketahui saat ingin menarget kata Kunci yang menjual atau Buying Keywords, Persaingan disini sangatlah ketat sekali. Salah satu saingan terbesar adalah iklan dari sekian marketplace besar ternama yang juga menarget kata kunci dengan kata “Jual” dan ini perlu menjadi pertimbangan lagi.

 

Jika memang ingin bersaing di kata kunci yang bersifat buying keywords, maka pastikan artikel anda panjang dan berkualitas serta layanan toko online anda lebih mudah dari mereka.

 

Selain itu, melakukan riset keyword kita juga akan tahu seberapa besar / berapa banyak jumlah pencarinya:

  • Pencariannya dalam sebulan, rekomendasi kami, dalam meriset jumlah pencari dalam sebulan anda harus berpatokan dengan jumlah : Pencarian lebih banyak dari 300 pencarian dan kurang dari 2500 pencarian.
  • Berapa jumlah compeitor ( Pesaing kita untuk produk bisnis online yang serupa ).

Untuk Melakukan Riset keyword Produk agar mengetahui berapa jumlah pencarinya dalam sebulan, Gunakan Google keyword Planer:

  • Adswords.google.com (untuk hasil pencarian global atau dunia)
  • Adwords.google.co.id (Khusus Untuk Jumlah hasil pencarian Wilayah Indonesia)

 

Langkah – Langkah untuk melakukan riset kata kunci atau keyword di google Keyword planner adalah sebagai berikut:

1). Daftar dan Login Ke www.adwords.google.com ( Umum ) / www.adwords.google.co.id ( Khusus Indonesia ), jika sudah pernah daftar sebelumnya maka tinggal login saja.

 

Perhatikan Tampilan dasbord saat pertama kali login ke adwords.google:

Cara Riset Kata Kunci Produk Toko Online
Tampilan Dasboard Google Adwords

2). Setelah Login menggunakan akun gmail, Silahkan Anda Klik Menu: ToolKeyword Planner. Perhatikan gambar Berikut:

Cara Riset Kata Kunci 01

3). Anda Pilih pada bagian Kiri tulisan : “Search for new keywords using a pharase, website or category “. Lihat gambar :

Cara Riset Kata Kunci 02

 

4). Setelah masuk anda akan melihat tampilan seperti pada gambar, silahkan seting bagian Targeting ubah 1 dan 2 ke Indonesia dan kotak 3 pilih pencarian “ google “ semua : lihat contoh gambar dan buat seperti itu.

Cara Riset Kata Kunci 01

 

5). Setelah selesai setting, langkah selanjutnya adalah mulai riset keyword dengan memasukan “ kata kunci / keyword” yang ingin di riset jumlah pencarinya pada kota “ your Product or servie”. Lihat gambar.

Cara Riset Kata Kunci 04

 

6). Setelah klik “Get Ideas” maka akan langsung menuju pada dasbord laporan jumlah pencari terhitung jumlah rata – rata selama 12 bulan/ 1 bulan, pilih bagian “keyword ideas”. Lihat gambar.

Cara Riset Kata Kunci 05

 

Catatan: untuk jumlah pencarian per bulan di atas 100 juga bisa anda ambil untuk di jadikan list keyword produk.

 

Daftar kata kunci / keyword bisa anda copy satu – satu atau langsung di download sekaligus semuanya tanpa terkecuali dengan mengKlik Tulisan “download “ yang ada di pojok kanan urutan kedua dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.

 

Catatan Untuk Diperhatikan dari hasil riset kata kunci yang ditampilkan:

  • Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, selanjutnya kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.
  • Hasil jumlah Pencarian yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Produk Yang Banyak Di Cari

 

Note: Dengan mempersempit volume pencarian kita bisa lebih mengetahui secara jelas dengan perangkat apa, di bagian kota mana, dll. Asal para pencari banyak mengetikan kata kunci yang kita target atau sedang di riset. Lihat Gambar.

Cara Riset Kata Kunci Yang Paling Banyak Di Cari

Sampai disini kita sudah selesai mempelajari cara melakukan riset kata kunci produk toko online di google planner atau istilah lain cara mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari oleh orang di internet dengan mengetikan kata – kata seperti yang tadi kita lihat hasil hasilnya di hasil analysis google adwords diatas.

 

Ketahuilah bahwa cara melakukan riset kata kunci diatas tidak hnyak berguna untuk riset kata kunci produk saja, melainkan juga bisa diterapkan untuk meriset kata kunci yang akan kita jadikan topik pembahasan saat menulis artikel blog atau website biasa agar bisa mendatangkan banyak pengunjung/pembaca.

 

Hanya dengan melakukan beberapa step cara riset kata kunci produk untuk toko online diatas sebenarnya sudah bisa dikatakan cukup untuk memulai membangun toko online baik menulis artikel dan juga memilih nama domain ”keywords on Domain” tapi jika mau lebih keren lagi maka kita perlu juga memperhatikan jumlah kompetitor untuk produk sejenis dari toko online kita.

 

*** Keywords on Domain adalah Nama Domain atau url website yang mengandung kata kunci yang banyak di cari orang.

 

Adapaun untuk mengetahui jumlah pesaing atau competitor website kita caranya juga gampang banget kok, Bangtohir.com juga telah memberikan ulasan bagaimana cara mengetahui pesaing toko online kita, silah dibaca pada pembahasan berikut: Cara Mengetahui Jumlah Pesaing Website Toko Online

 

Sekedar Tambahan lagi, setelah kamu menemukan dan menentukan ingin menarget kata kunci apa berdasarkan hasil riset yang telah kamu lakukan. Maka Kamu perlu menulis artikel dengan kata kunci tersebut atau saat posting produk usahakan selalu dikasi deskripsi atau pejelasan mengenai produk dimana judul produk dan deskripsi produk kamu masukan kata kunci yang menjadi target kamu.

 

Tips Tambahan lagi, Jika kamu sudah tahu toko online pesaing, maka perhatikan isi artikel maupun postingan dan deskripsi produknya, Dan Kamu harus menulis lebih banyak jumlah katanya dari punya pesaing agar lebih mudah memenangkan persaingan di hasil pencarian Search engine.

 

Demikianlah ulasan mengenai langkah – langkah bagaimana cara melakukan riset kata kunci produk toko online yang paling banyak di cari orang di internet yang bisa diketahui dengan tool google adwords planner seperti penjelasan diatas. Jika ada yang kurang dimengerti dari penjelasan diatas, jangan sungkan untuk bertanya melalui komentar dibawah artikel ini ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.