Cara Melindungi Akun Instagram Dari Hack

0
2372

Cara Melindungi Akun Instagram Dari Hack Agar Tetap Aman

cara melindungi akun instagram dari hack 01

Cara melindungi Akun Instagram dari Hack menjadi hal penting untuk dibahas begitu juga sangat penting diketahui oleh media sosial lover semuanya, karena sudah banyak kasus akun instagram yang kena Hack alias diambil alih oleh oknum yang tidak bermoral.

Tentunya kita masih sangat ingat kasus akun Verrel Bramasta yang sempat heboh dipemberitaan karena di hack orang lain, begitu juga akun duo serigala dan beberapa teman bang tohir juga sempat kena hack.

Sangat disayangkan jika akun instagram berharga kita yang digunakan untuk memposting kegiatan sehari – hari dan juga digunakan untuk bisnis tiba-tiba hilang dan disalah gunakan orang lain, selain menyebabkan kerugian juga akan merusak nama baik kita bila akun tersebut digunakan untuk melakukan tindakan kriminal.

Nah, Buat kamu yang memiliki akun instagram berharga karena untuk berbisnis dan banyak follower aktif serta sebagai diary penting maka sebelum kejadian akun di hack segera lakukan pengamanan sekarang juga, caranya berikut:

Saran 1:

Pengamanan Dengan Melakukan Enkripsi, Proses enkripsi adalah dimana kamu melakukan pengamanan data dengan metode terpilih, dan data kamu tidak akan bisa terbaca kecuali dengan memasukan sandi keamanan pembuka enkripsi. Enkripsi dilakukan melaui pengaturan Ponsel android kita dan membuat sandi kombinasi angka dan hurup lalu melakukan setingan pengaftivan Fitur Enkripsi. berikut alurnya:

Pertama: Masuk ke SettingsSecurityScreen lock, lalu Membuat sandi berupa PIN dengan kombinasi angka dan hurup ( Pastikan jangan berupa tanggal lahir atau nama kamu.

Kedua: Masuk ke SettingsSecurityEncrypt Tablet/Phone.

Note: saat kamu melakukan enkripsi ponsel maka ada efek bagi ponsel kamu yang nantinya akan sedikit lemot karena harus membaca semua data ketika diakses.

Saran 2: 

Amankan Ponsel kamu dengan pasword layar ( ini mengantisipasi bila ponsel kemudian Hari hilang atau terjatuh tanpa kamu ketahui lagi keberadaanya).

Saran 3:

Jangan Membuat Password  Akun instagram yang pendek dan mudah ditebak dan hanya berupa hurup atau kata ( hindari membuat pasword yang mengandung nama, tanggal lahir dan huruf saja, usahakan dikombinasi angka dan hurup kapital).

Saran 4:

Biasakan untuk menganti pasword minimal sekali seminggu.

Saran 5:

Jangan Pernah Login ke akun instagram atau memasukan password saat menggunakan fasilitas free wi-fi.

Saran 6: ***PENTING

Aktifkan Two Factor Authentication ( Fungsi ini adalah dengan memasukan nomer ponsel aktif kita di sistem keamanan Instagram) setelah kita memasukan nomer ponsel nantinya akan mendapatkan kode komfirmasi dari pihak instagram sebagai kode keamanan dan abckup data jika suatu saat akun kamu login dari tempat lain maka akan diminta kode authentication sebagai komfirmasi bahwa kamu pemilik akun tersebut.

Cara mengaktifkan Fitur ini lihat gambar:

  • Klik masuk Ke Profil Instagram Kamu.

cara lindungi instagram dari hacker 022

Next step: Klik Pada Tulisan “Two-Factor Authentication”

Cara Melindungi Akun Instagram

Pada bagian ini kamu diminta memasukan Nomer ponsel yang aktif, karena kode pengaktifan privasi akan dikirim lewat sms.

Pada Tahap ini kamu juga bisa langsung melakukan backup data agar nantinya bisa digunakan untuk mengidentifikasi akun ketika kena Hack untuk pertimbangan permintaan dipulihkan lagi.

Baca: Cara Mengatasi Lupa Password BNI Internet Banking

Step 7: Kamu hubungkan akun instagram dengan media sosial lain, seperti facebook atau twitter, agar ketika kena hack saat mereka menggant email dan kamu menerima notifikasi lewat ponsel segera login dengan Akun media sosial kamu itu dan langsung ganti password baru..ganti juga emailnya segera.

Itulah Langkah – Langkah Cara Melindungi akun Instagram dari Hack atau diambil alih. Lalu bagaimana cara mengembalikan akun instagram yang sudah kena Hack?  jika terlanjur kena Hack maka dua kemungkinan yang terjadi, akaun bisa dipulihkan atau tidak..kalau kita figuran kemungkinan lebih mudah tapi kalau hanya pengguna biasa maka terkadang sulit mendapatkan bantuan pemulihan dari pihak support instagram.

tapi tidak ada salahnya mencoba Cara mengembalikan akun instagram yang sudah kena hack berikut. asalkan***

  1. email akun instagram belum diubah oleh orang yang hack akun,
  2. akun media sosial yang terhubung belum diputuskan.
  3. nomer ponsel juga belum diganti.

Jika ketiga hal diatas salah satunya masih ada cobalah melakukan login dengan salah satu pengaman diatas.

Lewat email: Karena setiap kali akun kita berubah pengaturan privasi seperti ganti password, ganti email, ganti nomer hp akan dikirmkan pemberitahuan lewat email..segera login ke email dan klik notofikasi pemberitahuan dengan melakukan reset password instagram secepat mungkin.

Cara Kedua:: Reset password melalui link ini: https://www.instagram.com/accounts/password/reset/

Cara Ketiga:: jika ketiga hal diatas hilang, kamu bisa kontak support instagram lewat email ini: support@instagram.com

Isi formulir dengan benar sesuai yang diminta, berikan penjelasan dengan bahasa inggris yang baik dan benar alias mudah dipahami oleh pihak instagram.

Demikianlah beberapa cara melindungi akun instagram dari hack dan cara mengembalikan akun yang sudah kena Hack, semoga membantu…

Saya juga tidak bisa memastikan apakah masih bisa akun kita dipulihkan jika menghubungi pihak instagram, karena mereka akan banyak meminta syarat valid kalau kita bukan orang penting alias bukan figuran atau tokoh masyarakat. setidaknya ini sudah berusaha untuk mencegah akun dari tindak kriminal yang tidak bermoral dengan mencuri akun orang lain.

Instagram Juga Merupakan salah satu aplikasi bisnis yang paling populer bersama dengan daftar Aplikasi Android untuk Bisnis Online Lainnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.