Tingkatkan Kualitas Bicara bukan Meningkatkan Suara

0
403

TINGKATKAN KUALITAS BICARA BUKAN MENINGKATKAN SUARA

Bangtohir.com – Kita sering berkecimpung dalam perdebatan panjang yang tak ada titik temu dengan saling berlomba-lomba meningkatkan suara bicara, sedikit sekali orang yang mampu menjaga kualitas bicaranya dibandingkan tinggi nada suaranya.

Orang bijak lebih banyak diam dan menjadi pendengar yang baik, ia akan bicara ketika dibutuhkan dan disaat ia benar-benar bisa mengeluarkan kata-kata yang penuh manfaat dan berbobot dengan nada suara yang bijak tanpa harus berteriak lantang.

Bukankah lebih indah apabila kita lebih baik bak air hujan yang jatuh membubuhi benih bunga, bunga yang indah tumbuh dipermukaan bumi yang gersang. Bukan seperti Halilintar yang menghanguskan dan membakar hati setiap orang yang mendengar ucapan bicara kita yang menakutkan.

Terhadap yang tua, bersikap lemah lembutlah…

Terhadap yang muda hargai pendapat mereka…

karena kebenaran tak mesti hadir dari ucapan orang dewasa, selama kebenaran yang keluar walau dari lumpur sekalipun tetaplah ia bak mutiara indah yang berharga.

Berkasih sayanglah pada yang kecil dan saling menghargai antar sesama…

Bukankah kita sama – sama pernah mendengar pepatah mengatakan bahwa Lidah itu lebih tajam daripada Pedang, sayatannya jauh lebih menyakitkan dan dalam daripada sayatan pedang yang tajam sekalipun.

Jadikanlah pedang yang kita punya sebagai pelindung bagi orang – orang yang ada disekitar kita, buatlah mereka nyaman berada disamping kita. Jadilah kita sahabat yang baik dan menjadi motivasi hidup bagi mereka.

Baca Juga: 7 Keajaiban Dunia Yang Tidak ada Dalam Buku Sejarah

Jangan sampai karena ucapan kita yang tak terkontrol akan meninggalkan bekas luka hati yang tak bisa disembuhkan oleh obat apapun, jangan sampai ucapan kita menjadi pematah semangat baik orang yang ada di sekeliling kita. Semoga kita semua lebih berfokus pada kualitas bicara bukan meningkatkan suara.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.