Google Pastikan Chrome Terbaru Lebih Enteng dengan Chrome 55, Benarkah?

0
617

Google Pastikan Chrome Terbaru Lebih Enteng dengan Chrome 55

Google Pastikan Chrome Terbaru Lebih Enteng dengan Chrome 55
Update terbaru – Google Pastikan Chrome Terbaru Lebih Enteng dengan Chrome 55 2016

Google merupakan peramban yang memiliki pangsa pasar terbesar di dunia. Dan peramban desktop buatan Google yakni Chrome dikenal sebagai salah satu peramban yang memakan banyak memori. Terkait hal tersebut, Google tentu tidak mau anggapan seperti itu terus menerus melekat pada peramban miliknya. Menanggapi hal tersebut Google kembali melakukan inovasi terbaru, Google pastikan Chrome terbaru lebih enteng. Google akan meluncurkan versi Chrome terbaru sebagai bentuk memperbaiki Chrome menjadi lebih enteng dengan versi terbaru yakni 55.

Menurut Net Applications, hingga saat ini Chrome telah digunakan sekitar 54,41 persen pengguna di komputer desktop. Meskipun dikenal dengan peramban yang rakus memori, artinya Chrome membutuhkan RAM yang cukup besar. Pemakaian memori yang besar, membuat komputer bekerja lamban alias lemot. Hal itu tentu akan mengganggu kenyamanan para pengguna Chrome. Semakin banyak tab yang dibuka, maka semakin besar pula RAM yang akan terkuras. Walaupun demikian, Chrome masih menjadi pilihan peramban yang banyak digunakan ketimbang peramban lain seperti Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer, Microsoft Edge, Opera maupun Apple Safari.

Pembaharuan yang dilakukan Google terkait versi Chrome yang lebih enteng, terangkum dari Forbes pada hari Senin, 17 Oktober 2016 yang lalu. Pembaharuan tersebut dilakukan dengan melakukan modifikasi pada mesin pengolahan JavaScript. Setelah pembaharuan ini selesai, Chrome dipastikan tidak lagi menguras RAM komputer yang membuat kerja komputer semakin lambat. Akan tetapi Chrome akan bekerja dengan menghemat memori. Tentunya ini akan membuat para pengguna nyaman ketika melakukan browsing melalui peramban Chrome versi terbaru yakni Chrome 55.

Baca: Google Bedakan Hasil Index Website Mobile dengan Dekstop

Hingga saat ini Google telah melakukan uji coba terhadap fitur Chrome 55, melalui penggunaan beberapa situs, seperti Youtube, Reddit, dan New York Times. Dari hasil uji coba tersebut, terbukti bahwa konsumsi RAM ketika membuka situs-situs tersebut hanya memakan kurang dari 50 persen RAM dibandigkan dengan Chrome versi terdahulu.

Semua pihak tim yang melakukan pembaharuan ini, ingin menyajikan peramban Chrome yang lebih enteng dan dapat digunakan pada perangkat yang memiliki RAM lebih kecil. Diharapkan dengan hadirnya Chrome 55, menjadikan Chrome menjadi peramban paling ringan dan nyaman digunakan. Akan tetapi Chrome 55 ini belum tersedia hingga saat ini. Dan rencananya Google akan merilis perangkat ini pada 6 Desember mendatang.

Baca Juga: Spesifikasi Android Google Pixel dan Pixel XL Lengkap Istimewa

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.