Google Siap Tutup Layanan Panoramio November Mendatang

0
588
Google Siap Tutup Layanan Panoramio November Mendatang
Ilustrasi Image: Google Siap Tutup Layanan Panoramio November Mendatang – Via Okezone

Hallo Google – Benarkah Layanan Panoramio akan ditutup? Ya. Google akan segera menutup Panoramio . Panoramio merupakan sebuah platform yang digunakan untuk berbagi foto atau gambar berdasarkan pada lokasi, dan ini akan memungkinkan pengunjungnya untuk melihat belahan dunia melalui sebuah fotografi. Ini juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan pengunggahan foto untuk Google Maps. Terkait hal tersebut, Google siap menutup Panoramio pada bulan November mendatang.

Alasan Google menutup layanan berbagi foto ini yakni Google menginginkan para pengguna untuk menggunakan tool dalam pengunggahan foto yang terdapat dalam Google Maps. Seperti yang dilaporkan Digital Trends, terkait keputusan Google menutup panoramio membuat kecewa para pengguna layanan berbagi foto satu ini yang telah mencapai hampir 100 juta orang di dunia.

Sebenarnya di tahun 2014 silam, Google pernah mengatakan bahwa akan menghentikan layanan Panoramio tersebut. Akan tetapi keputusan tersebut di tunda hingga saat ini. Alasan penundaan tersebut, diumumkan oleh pihak Google secara resmi bahwa pihaknya ingin menambahkan beberapa fitur terbaru untuk Google Maps terlebih dahulu. Dan di tahun 2017, Google telah siap untuk menutup layanan Panoramio pada Novemver mendatang.

Saat ini Google Maps telah memiliki fitur tool yang digunakan untuk mengunggah foto atau berbagai gambar serta program Local Guide. Nantinya Panoramio akan tetap dapat dilihat akan tetapi untuk tool pengunggahan foto akan dinonaktifkan.

Terkait hal tersebut, Google meminta pengguna Panoramio untuk menghubungkan akun mereka ke profil Google+. Karena hal tersebut akan memungkinkan pengguna dapat melakukan penyimpanan foto dalam akun panoramio ke dalam Google Album Archive, yang tidak akan menghabiskan kuota penyimpanan pengguna.

Selain itu, para pengguna juga dapat mengekspor foto-foto mereka. Pilihan untuk menyambungkan akun pada layanan ini dengan Google Album Archive ini akan tersedia selama satu tahun.

“Jika Anda telah menghubungkan profil Panoramio dengan akun Google, foto akan dicadangkan ke arsip album Google dengan resolusi penuh setelah Panoramio ditutup,” begitu himbauan dari pihak google.

Perlu diketahui bahwa layanan berbagi foto miliknya ini merupakan layanan yang berdiri sejak tahun tahun 2005 silam. Layanan ini dibuat oleh Joaquin Cuenca Abela serta rekannya yang bernama Eduardo Manchon Aguilar. Dan platform tersebut dibeli oleh Google pada tahun 2007 yang lalu. Saat itu layanan berbagi foto ini hanya memiliki 2 juta pengguna. Dan mulai 4 November tahun 2017 mendatang semua akun yang ada akan secara resmi akan di hapus, artinya Google akan menutup layanan Panoramio November mendatang. Kemungkinan hal ini dapat membuat kecewa bahkan frustasi para pengguna yang telah bertahun-tahun menggunakan layanan berbagi foto milik mbah google ini.

Baca Juga:

Makin Serius, Google Buka Toko dengan Tagline Made by Google

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.