Cara Melacak iPhone yang Hilang Menggunakan iCloud

0
436

Cara Melacak iPhone yang Hilang Menggunakan iCloud

Cara Melacak iPhone yang Hilang Menggunakan iCloud

Cara melacak iPhone yang hilang menggunakan iCloud ini juga menjadi pengetahuan penting untuk diketahui sebagaimana pembahasan kami sebelumnya cara melacak laptop hilang dicuri orang. Kali ini cara melacak iphone hilang menggunakan iCloud online yang dititik beratkan.

 

Note: Artinya jika ingin bisa menrapkan cara melacak iPhone menggunakan iCloud maka diharuskan memiliki akun terdaftar dan mengaktifkan fitur “Find My iPhone” terlebih dahulu di iCloud untuk iPhone, ipad maupun Mac. Jika tidak memiliki akun maka iphone ID atau Apple Id maka cara melacak iphone ini tidak akan bisa bekerja untuk menemukan iPhone yang hilang.

 

Sebenarnya selain menggunakan iCloud untuk melacak iPhone yang hilang kamu juga bisa mendonwload dan install langsung aplikasi “Find My iPhone” di playstore, Namun sayangnya tidak semua aplikasi tersebut bisa bekerja dengan baik untuk menemukan iPhone yang hilang Karena kamu juga perlu mencarinya dengan ponsel iOS atau iPhone juga via Aplikasi.
Berbeda ketika iPhone kamu Cuma satu dan kebetulan hilang ingin segera bisa menemukan keberadaannya, maka solusinya ialah dengan menggunakan iCloud secara online bisa diakses via laptop browser internet langsung tanpa perlu lewat iPhone lain.

 

Langkah-Langkah Cara Melacak iPhone menggunakan iCloud

Login Dasboard iCloud

1. Login ke iCloud dan Mulai Melacak
Pertama kamu harus login dulu ke situs iCloud.com menggunakan ID akun login iPhone Apple kamu. Setelah login dan masuk ke Dasboard iCloud, silahkan Pilih icon “Find My iPhone” atau “cari iPhone saya”.

2. Pilih Perangkat yang Ingin dilacak, Disini Pilih iPhone (IOS) karena iCloud juga bisa melacak macbook atau laptop.

  • Pilih Menu Dropdown “All Devices” dan pilih perangkat iPhone kamu.
  • Kemudian mulai melakukan Tracking Lokasi tempat iPhone kamu berada atau dibawa orang kemana.
  • Disini kamu juga bisa memilih opsi untuk mengaktifkan sinyak akustik atau mengaktifkan ‘Lost Mode’ atau menghapus semua data di ponsel kamu agar tidak disalah gunakan oleh pencurinya. Namun jika masih yakin bisa menemui orang yang membawa ponsel kamu tidak perlu menghapus data siapa tahu ketemu orangnya dan kamu tidak kehilangan data.

Fitur iCloud untuk Melacak iPhone Hilang

Kamu juga bisa langsung membuat Passwod Baru untuk iPhone atau iPad kamu yang hilang dan bisa menampilkan pesan dilayarnya berupa nomer ponsel kamu yang aktif dan bisa dihubungi. Cara ini akan bermanfaat jika iPhone kamu tidak dicuri melainkan Jatuh dan berharap orang yang menemukannya mau mengembalikan kepada anda dengan menghubungi nomer ponsel yang kamu seting tampil dilayar iPhone.

Perlu diketahui juga bahwasanya kamu hanya bisa melacak iPhone kamu dengan iCloud dan menemukan keberadaanya saat iphone kamu dalam keadaan Hidup dan terhubung keinternet.

Notifikasi iCloud

Jika kamu merasa jenuh menunggu iPhone diaktifkan baru bisa dilacak sementara kamu sudah logout dari iCloud, jangan kawatir, karena kamu bisa mengatifkan Fitur Refresh pada pada iCloud sepanjang waktu, sehingga jika pembawa iPhone kamu mengaktifkannya saat kamu tidak sedang Online di Icloud nanti iCloud akan memberikan Notifikasi Otomatis keponsel iPhone kamu yang baru yang melalui iCloud.

Jika Cara melacak iPhone hilang menggunakan iCloud diatas tidak berhasil, maka kamu masih bisa menggunakan Cara melacak iPhone kedua dengan History GoogleMaps berikut.

Cara melacak iPhone menggunakan Histori Lokasi Google Maps

Note: Kamu bisa menggunakan histori lokasi digoogle maps jika iPhone kamu mengaktifkan fitur penyimpanan histori Lokasi google maps.

Sama seperti android, aplikasi google maps di iPhone juga menyimpan histori jejak lokasi dimana ponsel kebawa dan dibuka. hal ini jika kita tidak menonaktifkan pelacakan google untuk perangkat kita. Sebagain orang suka tidak mengaktifkan pelcakan, semoga kamu yang kehilangan tidak demikian, karena mengaktifkan history ini sangat bermanfaat untuk menemukan iPhone yang hilang.

Pada dasarnya Akun google maps akan terus mengirim jejak dimana iphone kita berada dan merekam kapan terakhir kali ia digunakan untuk menjelajah di internet.

Langkah-Langkah Cara Melacak iPhone menggunakan History Lokasi di google maps:

  • Silahkan menuju: google.com/maps/timeline
  • Kemudian pada pojok kiri pilih: Tahun, bulan dan tanggal yang ingin kamu cari histori atau jejak aktivitasnya.

Cara Melacak iPhone

  • Masih dibagian kiri, silahkan kamu geser – geser atau gulir sampai pada tanggal dan jam yang tepat pada hari dimana iPhone kamu hilang. Agar diketahui kapan waktunya iPhone kamu terhubung dengan Googlempas atau terakhir kali digunakan.
  • Kamu juga bisa melacak iPhone kamu yang hilang dengan menggunakan Fitur jelajah lokasi, siapatu tidak dicuri orang atau hanya tertinggal dan masih ada pada tempatnya.
  • Jika kamu berhasil menemukan iPhone kamu ternyata dibawa atau dicuri orang lain maka segeralah menuju kelokasi dengan membawa beberapa teman yang berani melabrak, jangan sampai kamu pergi menemui pencurinya sendirian nanti malah kamu yang kena labrak.

Pertanyaan yang Mungkin muncul dengan dua Cara Melacak iPhone hilang diatas:

Bagimana jika iphone saya dalam keadaan Mati atau Mode pesawat atau tidak terhubung keinternet, apakah bisa ditemukan? 

Jawabannya tidak bisa, tapi kamu bisa terus mengeceknya melalui iCloud atau Aplikasi Find My iPhone sehingga jika sewaktu-waktu pembawa iphone kamu mengaktifkannya kamu jadi tahu dimana.

Bagaimana Jika Pencuri iPhone mematikan Layanan Lokasi apakah Bisa dilacak?

Jika dimatikan kamu tidak bisa melacaknya saat dalam keadaan Nonaktif mode lokasi, namun kamu bisa mengaktifkannya melalui aplikasi “iCloud” atau via Aplikasi “Find My iPhone” dan langsung mulai melacaknya.

Jika Semua data iPhone anda yang hilang telah direset atau dihapus semua datanya, maka hal ini akan membuat anda menjadi tidak bisa lagi melacaknya.

Jika kamu kehilangan passwod atau lupa password ID iPhone Apple, caranya cukup mudah, lpergi lagi ke situs iCloud dan melakukan Reset ulang password atau membuat password baru disana, syaratkanya kamu masih ingat password email yang pernah digunakan untuk membuat Akun ID iPhone kamu. Jika lupa juga maka wassalam iklaskanlah.

Demikian dua Cara Melacak iPhone yang hilang maupun ketinggalan yang kamu lupa dimana lokasinya, semoga membantu walau diuraikan dengan bahasa yang kurang enak dibaca ini.

Baca Juga: 4 Tips Presentasi Dadakan Agar Tidak Grogi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.