Google Akuisisi FameBit Demi Permudah Youtuber Dapat Sponsor

0
286

Google Akuisisi FameBit Demi Permudah Youtuber Dapat Sponsor Brand Ternama

Google Akuisisi FameBit Demi Permudah Youtuber Dapat Sponsor
Foto Via FameBit.com

Pada awal pekan ini Google akan mengakuisisi FameBit, sebuah layanan marketplace khusus influencer. Sesuai dengan rencananya, Google akan menggunakan FameBit sebagai teknologi untuk mempermudah koneksi antara kreator Youtube atau yang dikenal dengan sebutan Youtuber dengan brand.

Akan tetapi, hingga saat ini akusisi Google terhadap FameBit belum diumumkan secara resmi. Namun, inisiatif Google melakukan akuisisi FameBit bertujuan untuk membantu para Youtuber dalam memonetisasi pengaruh yang dimiliki melalui internet. Yang nantinya, ini akan berimbas pada Youtube sendiri, sebagai sebuah platform dari penyedia konten video.

Seperti yang diungkapkan Ariel Bardin, Vice President of Product Management Google, mengungkapkan bahwa hubungan antara Google dengan brand, Google dengan Youtuber, dan teknologi FameBit akan meningkatkan jumlah konten brand. Hal itu tentunya akan mendorong perputaran uang melalui konten video online.

FameBit sendiri menjadi marketplace untuk influencer, yakni orang-orang terkenal di dunia maya, seperti Selebgram atau Seleb Instagram, Seleb Twitter, Youtuber dan lain sebagainya. Dengan FameBit, sebuah brand dapat menentukan influencer yang cocok untuk mempromosika produk atau jasa melalui internet. Yang jelas, FameBit layaknya manajemen artis, akan tetapi khusus untuk mereka yang terkenal via online.

Google Akusisi FameBit
Kamu Bisa Ikut sertakan Akun Medsos Kamu yang Populer untuk gabung di FameBit

Menurut Google sendiri, dengan adanya kerja sama dengan FameBit akan membuat pemasaran brand melalui Youtube akan semakin meluas, seperti dikutip pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 yang lalu dari VentureBeat.

Hal tersebut dianggap sebagai win-win-solution, karena Youtuber akan semakin mudah untuk di-endorse, brand juga akan lebih mudah untuk melakukan promosi, serta Youtube sendiri sebagai tempat akan memperoleh keuntungan juga.

Perlu digarisbawahi, bahwa nantinya FameBit akan tetap bekerja seperti sedia kala, yakni sebuah sebagai layanan yang berdiri sendiri. Sementara Google hanya akan memanfaatkan teknologi FameBit di Youtube.

Kozera dan David Kierzkowski, Co-Founder FameBit, berharap bahwa pihaknya bisa mengkoneksikan lebih banyak lagi brand dengan kreator, untuk memperkuat koneksi dengan audiens. Serta untuk membuat pemasaran dari brand lebih kreatif, dengan adanya kerja sama bersama Google.

Hingga saat ini FameBit telah menampung sebanyak 11.330 brand serta 45.595 kreator yang saling berhubungan. Sebelumnya, di tahun 2014 yang lalu, FameBit telah mendapatkan pendanaan dari adanya kolaborasi kapital venture dengan nilai sebesar 1,5 juta dollar AS atau setara dengan 19 miliar rupiah.

Tulisan Motivasi: Kita Bukanlah Hanya Sekedar Hidup

LEAVE A REPLY