Inilah Produk Yang Menjadi Sumber Uang Google Di Indonesia

0
572

Sumber Uang Google Paling Populer Di Indonesia

Sumber Uang Google

Sumber uang google sebenarnya sangat banyak sekali namun seperti yang kita lihat perusahaan yang sangat popular dengan produk mesin pencari internet ini seolah-olah tdak memiliki mesin penghasil uang, karena semua pengguna search engine google seluruh dunia gratis. Belum lagi beberapa aplikasi keluaran google bisa dinikamti tanpa perlu keluar biaya, seperti gmail, play store, google drive, webmaster tool dan lain sebagainya. Bayangkan apabila google tiba-tiba membuat aturan kepada pengguna mesin pencari, mungkin semua langsung beralih dan perusahaan ini langsung anjlok.

Pihak google juga merupakan salah satu perusahaan yang suka membuat penasaran darimana mereka mendulang rupiah, Padahal perusahaan yang merupakan anak dari Alphabet Inc ini tercatat sebagai perusahaan dengan kepemilikan saham paling bernilai di Wall Street.

Google memang banyak beroperasi dibidang teknologi, kendati demikian ternyata bukan itu juga yang dominan sebagai sumber uang google, Menurut Penjelasan Dari Mantan Manajer Produk Google, Rob Ennals dalam situs tanya -jawab Quora, Sumber uang google lebih banyak berasal dari Jasa Periklanan Digital. Search Engine Google adalah sistem monetisasi yang jauh lebih baik ketimbang iklan yang muncul di situs web pada umumnya.

“Orang bisa menganggap bahwa Google ini serupa biro jodoh yang menolong penggunanya menemukan pengiklan yang memiliki produk yang mereka butuhkan,” tulis Rob dalam tanya-jawab pada 6 /9/2016 lalu.

Google juga mengembangkan sayapnya dengan membuka anak perusahaan di Indonesia, tentunya untuk menjangkau dan memudahkan memberikan layanan mereka pada semua pengguna di tanah air.

Nah, Buat kamu yang penasaran apa sih mesin pencetak uang yang menjadi sumber uang google paling dominan di Indonesia secara umum seluruh dunia? Berikut ulasannya:

  1. Google AdWords

Google Adwords merupakan produk google yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar, fungsi dari google adwords juga sangat banyak untuk membantu para pelaku bisnis, selain sebagai tool untuk menemukan target market, produk adwords google juga membuka jasa periklanan yang sangat bagus untuk menjangkau pasar online yang lebih sesuai dengan kreteria yang diharapkan.

Baca: Cara Riset Keyword Produk Toko Online dengan Google Adwords

Google mengembangkan sistem algoritma khusus yang terhubung dengan mesin pencari yang canggih. AdWords memasang tarif per klik bagi perusahaan yang ingin memakai jasa periklanan melalui produk google ini.

 

Diketahui bahwasanya pada tahun 2011 lalu, Google AdWords menyumbang sekitar 70 persen dari total pendapatan iklan Google dengan sektor terlaris yakni keuangan, asuransi, ritel, dan perjalanan.

 

  1. Program Google AdSense

Program google adsense merupakan produk yang juga berperan sebagai sumber uang google, Pemilik situs bisa mengikuti program ini secara gratis untuk menjadi mitra google dengan menampilkan iklan dari perusahaan yang beriklan di adwords. Sebenarnya google adsense merupakan kelanjutan dari program adwords. Kenapa, Karena ketika orang pasang iklan di adwords google maka nantinya iklan dari adwords disamping ditampilkan pada hasil penelusuran google juga akan tampil di situs atau blog yang sudah terdaftar di Program google adsense.

Baca: Perbedaan Blogger Adsense Dan Google Adsense

Pengiklan juga dikenakan tarif per klik untuk setiap AdSense sama seperti ketika iklan mereka di klik di hasil pencarian google. Tarif tersebut dibanderol sekitar US$0,01 hingga lebih dari US$100.

 

  1. AdMob

Ketika kita menggunakan aplikasi tertentu seperti aplikasi yang di unduh di play store disana kita sering menemui adanya iklan muncul secara tiba – tiba, baik berupa video maupun banner dan pop up.

Itulah yang menjadi sumber uang google yang berasal dari program adMob dengan menyasar para pengguna aplikasi tertentu yang telah menampilkan iklan dari program AdMob google.

Sumber Uang Google 02

Ketiga Produk Google diatas merupakan mesin pencetak uang paling besar untuk perusahaan ini, apakah hanya tiga produk diatas? Tentu saja tidak. Karena google juga mengembangkan produk teknologi lainnya seperti Ponsel pintar yang sedang heboh yaitu Google Pixel, Mobil tanpa awak, balon internet google dan produk keluaran terbaru google lainnya.

 

Selain google ingin menghasilkan uang secara langsung, disana ada yang paling penting sebagai sumber uang google diseluruh dunia terkhusus Indonesia dari sekian produk google yaitu Mengumpulkan data semua pengguna diseluruh dunia.

Data yang dikumpulkan jauh lebih berharga daibandingkan uang, karena dengan data yang terkumpulkan tersebut mereka bisa kapan saja menghasilkan uang dari data para penggunanya.

Sumber Penghasilan Google

Apa saja yang menjadi sumber pengumpul data google di Indonesia khususnya? Beriku daftar produk pengumpul data yang paling popular di Indonesia.

  • Google Chrome

Mesin perambah ini memungkinkan Google mengetahui setiap informasi dan situs pencarian yang paling sering dikunjungi penggunanya. Tentu saja berujung pada penerapan jenis iklan yang relevan dengan jenis pencarian yang diklik penggunanya.

  • Youtube

Tak ada situs berbagi video gratis yang dapat mendekati pencapaian popularitas Youtube di tanah air. Adanya youtube dengan beragam video disana memungkinkan Pengiklan bisa menempatkan produk mereka di tengah-tengah video yang disaksikan pengguna. Situs berbagi video ini juga membuka kesempatan bagi pengguna untuk membuat konten dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan yang sangat menggiurkan jika dijalani dengan serius.

  • Gmail

Produk gmail memang gratis digunakan, namun sadar atau tidak bahwasanya produk yang terlihat gratis ini ternyata menjadi sumber uang google, karena di dalam gmail ada sejenis pesan sponsor yang sering kita lihat muncul. Pengiklan yang menyasar pengguna gmail ini juga membayar kegoogle ketika ada yang klik iklan di dalam gmail maka pengiklan membayar setiap klik kepada google sesuai tariff yang telah d tentunkan.

Google menyimpan setiap surel beserta dokumen yang pengguna miliki. Pengiklan bisa menyisipkan iklan pada layanan surel pengguna. Sementara untuk pebisnis, domain email perusahaan memungkinkan pengguna mengaksesnya lintas perangkat secara realtime.

 

  • Google Search

Setiap infomasi yang dicari dengan Mesin Pencari google bisa menjadi sumber uang google, karena dengan mesin pencari ini ada banyak perusahaan yang berani membayar besar hanya untuk menampilkan produk mereka berada di posisi paling atas dari hasil pencarian yang sesuai oleh pengguna.

 

  • Google PlayStore

Toko aplikasi ini adalah tempat bagi para penerbit aplikasi, buku, dan konten berbayar ataupun gratis. Setiap layanan yang diunduh atau dicari pengguna adalah tambang data bagi Google untuk menyuntikkan konten yang sesuai dengan ‘kebutuhan’ pengguna.

Dari sekian banyak aplikasi tersedia di play store ada program google disana yang menjadi mesin pencetak uang google seperti iklan, produk aplikasi premium dan lainnya dan tentunya setiap menggunakan aplikasi ini kita diminta memasukan data pribadi.

 

  • Google Maps

Perusahaan asal California in imencatat berbagai lokasi yang akan, sedang, dan telah dicari serta dikunjungi pengguna setiap harinya. Melalui Maps membantu Google memetakan kebiasaan bepergian penggunanya.

 

  • Google Wallet

Google juga dapat mengetahui detail informasi saat pengguna belanja online dengan aplikasi ini. Setiap informasi kartu kredit yang tersimpan memungkinkan Google mengintegrasikannya dengan layanan berbayar lain seperti Drive dan PlayStore.

Ada banyak lagi produk yang menjadi sumber uang google dan sebagai mesin pengumpul data pelanggan atau penggunanya yang beredar di seluruh dunia. Meski terkesan gratis ternyata google mampu mencetak angka pendapatan luar biasa, Seperti yang telah diketahui pada tahun 2015, total pendapatan Google mencapai US$74,5 miliar atau setara dengan Rp 979 triliun. Sedangkan pada kuartal dua (Q2) tahun ini, Google telah membukukan pendapatan Rp215 triliun. Merupakan penghasilan yang sangat Fantastis, maka tidak heran jika saham perusahaan satu ini sangat tinggi nilainya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.