Ini Yang Harus DiKetahui Tentang Biaya SWDKLLJ Pada STNK Kendaraan Kita

0
414

Alasan Mengapa Kita Harus dikenakan Biaya Pembayaran SWDKLLJ saat Bayar Pajak Kendaraan

Biaya SWDKLLJ Pada STNK Kendaraan

Bangtohir.comSWDKLLJ beberapa waktu sempat menjadi perbincangan hangat oleh para Netizen, semua ternyata baru menyadari apa maksud dari penulisan atau tercantumnya singkatan SWDKLLJ pada STNK kendaraan yang kita miliki. Ini penting sekali untuk diketahui baik yang punya kendaraan maupun yang tidak agar bisa memanfaatkan apa yang telah disediakan dan telah kita bayar untuk kita sendiri.

 

Pemilik STNK motor pernahkah menyadari adanya tulisan SWDKLLJ lalu mencari tahu apa maksudnya tercantum di STNK, tujuannya untuk apa. Ternyata walau hanya berupa singkatan tulisan itu sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menyadari dan mau mengambil manfaat kepemilikan STNK motor atau kendaraannya.

 

Sadarkah kita saat melakukan pembayaran Pajak kendaraan pada waktu yang telah ditentukan kita secara tidak langsung telah dikenakan biaya untuk membayar SWDKLLJ. Setelah membayar harusnya kita tahu apa manfaatnya kita harus membayar.

 

SWDKLLJ adalah singkatan dari kepanjangan kata “ Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan” . itu artinya dengan kita membayar SWDKLLJ setiap kali melakukan pembayaran pajak kendaraan, secara tidak langsung diri kita telah terdaftar untuk ikut program asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa. Sementara untuk besarnya tariff pembayaran atau iuran SWDKLLJ tergantung dari jenis kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s.d. 250 cc akan dikenai tarif Rp35.000. Sedangkan untuk jenis sedan, jip dsb sebesar Rp143.000,-

 

Apa manfaat Yang bisa kita ambil dari membayar SWDKLLJ?
Manfaat yang diperoleh dari membayar SWDKLLJ ialah kita telah mendapat perlindungan asuransi jika suatu saat kita mengalami kecelakaan lalu lintas. Untuk besarnya santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yakni :

 

  • Meninggal Dunia, sebesar Rp25 juta
  • Cacat Tetap (Maksimal), sebesar Rp25 juta
  • Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp10 juta
  • Biaya Penguburan, sebesar Rp2 juta

 

Bagaimana cara kita bisa memperoleh santunan Perlindungan Asuransi dari SWDKLLJ ?

Untuk bisa memperoleh perlindungan atau santunan dari jasa Raharja setelah kita terdaftar karena memiliki STNK sah dan membayar Pajak rutin ialah dengan melakukan step – step berikut:

 

1). Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat.

 

2). Mengisi formulir pengajuan dengan melampirkan (laporan kecelakaan dari pihak kepolisian ato pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter yang merawat/RS, KTP/identitas korban/ahli waris korban).

 

3). Jika korban luka – luka maka dilampirkan kuitansi biaya perawatan dan pengobatan yang asli sedangkan jika meninggal dunia maka diperlukan Kartu Keluarga atau Surat Nikah.

4). Penting! Hak santunan tidak berlaku atau menjadi gugur jika pengajuan lebih dari 6 bulan sejak terjadinya musibah atau tidak dilakukan penagihan dalam kurun waktu 3 bulan sejak hak santunan disetujui oleh Jasa Raharja.

 

Hal lain yang juga harus diketahui oleh kita tentang hak santunan yang masih berhubungan dengan SWDKLLJ ialah santunan ini diberikan tidak hanya kepada seseorang pengemudi saja akan tetapi juga berlaku kepada para penumpang yang ikut menjadi korban kecelakaan pada saat itu.

 

Untuk itu, apabila suatu saat kita mengalami kecelakaan lalu lintas dan bingung mau berobat atau kesulitan mendapatkan pembiayaan untuk penyembuhan efek dari kecelakaan lalu lintan, jangan panic dan segera melakukan pengajuan atau permohonan ke jasa Raharja terdekat, tentunya ini berlaku untuk yang selalu membayar pajak kendaraannya dan jangan sampai telat mengurusnya agar bisa memperoleh dana santunan ini.

 

Demikian Informasi terkait mengapa kita dikenakan biaya pembayaran untuk SWDKLLJ pada STNK kendaraan yang kita punya, semoga bermanfaat dan memberikan solusi terbaik bagi pemilik kendaraan atau yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Source : okezone.com/warungkopi

 

*** Tolong Sebarkan kembali agar lebih banyak yang tahu ini.

 

Baca Juga: Tempat Menghitung Nilai Tukar Dolar ke upiah Secara Online

LEAVE A REPLY