12 Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia

0
338

Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia

Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia
Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia – Ilustrasi

Bagi yang ingin berkecimpung dalam investasi saham, pertanyaan bagaimana cara membeli saham perusahaan di bursa efek indonesia, menjadi pertanyaan yang wajar dipertanyakan. Sebelum bermain saham tentu Anda harus tahu bagaimana proses-proses yang harus dilakukan untuk membeli saham.

Memang, orang yang berani terjun dalam investasi saham di Indonesia hanya berkisar 1% dari jumlah penduduk yang ada. Ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya yang mencapai 5%. Padahal jika dibandingkan dengan investasi lain seperti obligasi, reksadana, ataupun emas, investasi saham memiliki potensi yang besar untuk melipatgandakan pendapatan.

Baca Juga: 5 Jenis Perdagangan Saham Paling Populer Tentukan Pilihanmu

Lalu bagaimana cara membeli saham perusahaan di bursa efek indonesia? Ada 12 langkah membeli saham. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara berinvestasi saham, maka cara-cara berikut dapat Anda perhatikan sebelum terjun membeli saham.

1. Langkah pertama adalah mengerti dasar atau istilah dalam saham. Mulailah belajar mengenai apa itu saham dan segala sesuatu yang berkaitan dengan saham, baik pengertian, cara analisis, hingga harga saham. Hal tersebut dilakukan agar Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai saham, sehingga terhindar dari kerugian yang besar.

2. Langkah kedua adalah ingat bahwa setiap investasi yang kita lakukan selalu mengandung resiko. Investasi yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar, memiliki resiko yang besar pula. Sehingga Anda harus pandai dalam memanajemen investasi ini dengan baik.

3. Carilah perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya. Karena perusahaan inilah yang akan menjadi tempat untuk melakukan jual beli saham di bursa efek, dan berlaku sebagai broker atau perantara.

4. Nah, cara membeli saham perusahaan di burse efek Indonesia selanjutnya adalah kunjungi situs penjualan saham. Sebagai contoh “Mandiri Sekuritas”, selanjutnya kunjungi situs most.co.id , buka akunnya dan pilih saham dalam bentuk konvensional atau syariah.

5. Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir. Namun, terlebih dahulu download formulir pendaftaran yang telah disediakan.

6. Isi formulir yang telah didownload.

7. Isi formulir dengan benar sesuai data. Termasuk alamat email yang aktif, karena akan digunakan untuk mengirimkan password untuk aktivasi akun online Anda. Setelah selesai mengisi, selanjutnya kirimkan formulir pada alamat yang tersedia, sepeprti yang disebutkan dalam panduan, yang dapat dibaca pada halaman FAQ (Frequently Asked Questions).

8. Setelah berhasil dikirim, tunggu 1 – 2 minggu, maka pihak Sekuritas akan mengirimkan data login ke akun online www.most.co.id, berupa username dan password.

9. Selanjutnya, gunakan username dan password untuk login. Jika Anda memilih bentuk investasi konvensional, maka Anda tinggal klik login. Namun, apabila Anda memilih Syariah, maka pilih Syariah terlebih dahulu. Dan Anda juga dapat mengganti passwordnya. Ini baru pada tahap login, dan Anda belum dapat melakukan transaksi hingga rekening akun selesai dibuat.

10. Selanjutnya, tunggu 2 minggu – 1 bulan sampai rekening akun Anda selesai dibuat.

11. Seletah berhasil, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor rekening akun dan bersiaplah untuk mentransfer dana ke nomor rekening tersebut. Dana yang telah ditransfer akan digunakan untuk transaksi pembelian atau penarikan dana ke rekening pribadi Anda.

12. Cara membeli saham perusahaan di burse efek Indonesia yang terakhir adalah membeli saham yang Anda inginkan, dengan melakukan Buy atau bid sesuai dengan harga yang telah Anda analisa. Caranya, cukup login »» pilih “Trade” »» cek harga pada menu Stock Search »» lakukan orde pada kolom “Summary” dan “Order Form” »» isi data sesuai dengan yang telah Anda cek.

Baca Juga: 4 Teknik Investasi Saham Yang Harus kamu Ketahui

Itulah 12 cara membeli saham perusahaan di bursa efek Indonesia yang dapat Anda perhatikan sebelum mulai bermain di dunia saham, khususnya bagi para pemula.

Baca Juga Artikel Lainnya: Aplikasi Untuk Mempercepat Startup Laptop

loading...

LEAVE A REPLY