Istilah Dalam Web Hosting yang Perlu Kamu Ketahui

0
612

Istilah – Istilah Dalam Web Hosting

Istilah Istilah Dalam Web Hosting

Istilah Dalam web Hosting seringkali membuat sebagian pemilik website terutama yang masih baru menjadi binggung, entah itu tiba-tiba limit atau bahkan tidak bisa di akses karena sudah keberatan maupun penuh. Penting bagi para blogger yang menggunkan hosting sendiri maupun menyewa mengerti apa saja istilah dalam hosting website agar lebih mengerti apa fungsinya dan berapa kemampuan yang harus di beli saat ingin menyewa hosting.

Hosting Website terdapat beberapa istilah yang munkin bagi pemula masih membuat binggung apa maksud dan fungsinya, Tapi Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia website pastilah sebagian besar tau apa itu web hosting. Tapi tidak sedikit yang belum mengetahui mengenai Istilah Dalam WebHosting. Jadi pada artikel kali ini Bangtohir.com akan berbagi Istilah Dalam Web Hosting yang wajib kamu ketahui..

Berikut ini Istilah Dalam Web Hosting secara umum dan paling sering ditemukan saat membeli atau menyewa hosting:

1. Disk Space (Kapasitas Penyimpanan)
Istilah Dalam Website Hosting yang pertama adalah Disk Space. Merupakan tempat menampung data seperti gambar, file, multimedia, email dan file-file web itu sendiri yang berada di dalam webmaster. Untuk ukuran kapasitas penyimpanan yang digunakan tergantung kamu menggunakan paket hosting jenis apa, Karena itu mempengaruhi jumlah daya tamping.

2. Bandwith
Selanjutnya istilah dalam Hosting website adalah Bandwith. Merupakan kapasitas transfer data sesuai paket hosting yang kamu gunakan dan dihitung mengunakan byte setiap satuannya.

3. CPU
Berikutnya istilah dalam Web Hosting adalah Central Processing Unit (CPU). Webserver tidak beda jauh dengan computer yang kamu gunakan, terdapat CPU yang berfungsi untuk menyalurkan permintaan pada waktu halaman sedang diakses oleh pengunjung agar muncul gambar di browser sesuai perintah yang diberikan.

4. Shared Hosting
Pada kelas shared hosting menggunakan CPU dan RAM dipakai secara bersamaan untuk beberapa situs. Itulah hal mendasar mengapa harganya bisa lebih murah apabila dibandingkan dengan Virtual Private Server (VPS). Istilah dalam Hosting Website selanjutnya.

5. VPS (Virtual Private Server)
VPS merupakan server yang disewakan dan lebih pribadi digunakan untuk setiap website. Kamu akan diberikan akses virtual dan nantinya bisa melakukan konfigurasi DNS sendiri dengan leluasa untuk web yang dimiliki. VPS digunakan sendiri, menjadikan lebih aman dari gangguan website tetangga.

6. Dedicated Server
Ini merupakan kelas paling eklusif Karena mereka yang menyewa hosting akan diberikan CPU, server, disk dan digunakan untuk pribadi. Bisa terlihat keunggulannya apabila hanya digunakan untuk hosting satu situs saja dan lebih aman Karena tidak akan ada gangguan dari server website sebelah.

7. Letak Server
Istilah dalam WebHosting berikutnya Letak Server. Jadi server hosting yang ada tidak hanya berada di Indonesia ada juga di negara lain contohnya USA, Singapure dll. Jadi semakin dekat letak server yang digunakan otomatis akan semakin cepat juga website diakses.

8. IP Address
Pastinya setiap computer memiliki alamat masing-masing yang disebut IP Address. Tidak beda jauh juga dengan webserver, dengan menggunakan IP Address bisa menghubungkan dengan domain dan pada akhirnya bisa diakses di browser. Jadi kamu harus mengetahui IP yang dimiliki webhosting agar bisa melakaukan setting DNS.

9. CS (Contact Support)
Selanjutnya istilah dalam WebHosting adalah CS. Merupakan layanan yang diberikan oleh setiap penyedia webhosting untuk support kepada pelanggannya ketika mengalami masalah. Bantuan yang diberikan setiap perusahaan berbeda-beda ada 24 jam atau hanya jam kerja untuk melayani keluhan.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hosting Terbaik Website Blog

Itulah beberapa istilah dalam web hosting yang perlu dikenali dan dipelajari cara menggunakannya agar bisa lebih profesional dalam memilih hosting untuk blog website yang akan di kembangkan. Semoga menambah wawasan seputar dunia hosting website.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Cpanel dan Spanel Website Hosting

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.