Panduan Setting SEO Blogger Pengaturan Bagian Other / Lainnya

2
116

Panduan Setting Seo Blogger Pengaturan Other

Panduan Setting SEO Blogger Pengaturan Bagian Other / Lainnya ini masih melanjutkan pembahasan pengaturan blogspot yang telah dibahas sebelumnya agar pengaturan blog baru bisa maksimal. Pada settingan Seo blogger bagian lainnya ini tidak banyak yang perlu diperhatikan, hanya saja ada beberapa bagian yang bisa berpengaruh terhadap seo blog kita, diantaranya pengaturan rrs feed dan OpenID.

Tanpa panjang lebar agar langsung pada pembahasan panduan setting seo blogger bagian other ini, mari kita kenali ada apa saja yang perlu diatur pada bagian Other pengaturan blogspot ini.

Bagian-bagian dan fungsinya:

Import & back up

Inport Dan Backup Konten Blog

Bagian ini berfungsi untuk memasukan isi konten dari blog lain dan mem-Back up isi konten untuk disimpan atau di masukan ke blog lain.

Import Content : Untuk memasukan conten hasil back up dari blog lain yang ingin kita pindahkan ke blog baru.

Back Up Content : Berfungsi untuk mendownload semua isi konten blog kita sehingga bisa di import ke blog baru.

Fungsi Bagian Delete Blog

Bagian Pengaturan pada Delete Blog, tentunya familiar, karena fungsi bagian ini hanya satu yaitu untuk membatalkan penerbitan blog atau menghapus blog yang sudah kita buat.

Cara Menghapus Blog
Klik Tombol Delete Blog jika ingin menghapus blog kita

Silahkan Klik Tulisan “Delete Blog” Jika berpikiran ingin menghapus blog kita sendiri, Maka nanti akan muncul pop up konfimrasi apakah ingin donwload isi konten, kita juga bisa membatalkan penghapusan dalam waktu 90 hari terhitung sejak dihapus.

PENGATURAN SITE FEED / RSS BLOG

Site Feed Blogspot

Fungsi pengaturan ini dikatakan sangat bagus untuk seo blogspot karena dengan ini pembaca bisa dengan mudah berlangganan artikel di blog kita, dengan begitu setiap kali kita update mereka yang telah berlangganan akan bisa mendapatkan pemberitahuan secara otomatis.

Fitur Feed ini juga bisa digunakan untuk posting otomatis ke media sosial seperti Twitter, setiap kita update artikel baru, dari RSS feedburner akan mengirimkan judul dan short link ke media sosial twitter.

Syarat bisa menggunakan fitur ini, pemilik website dan blog perlu mendaftarkan blognya ke Feedburner, salah satunya feedburner milik google di alamat: https://feedburner.google.com/

Panduan cara Mendaftarkan blog ke FeedBurner bisa anda baca di artikel: Cara mendaftarkan Blog website ke rss feed burner

(Dialam artikel itu ada cara mendaftar dengan mudah, meskipun pembahasan utamanya untuk wordpress pencegahan pencurian konten, tapi cara daftar rss feed semuanya sama)

Kelemahan RSS Feed jika diaktifkan “Full”, akan membuat para pemalas menulis artikel bisa dengan mudah mencuri artikel kita melalui rss feed auto post, Maka Solusinya agar postingan kita tidak mudah dicuri alias meminimalisir tidak semua isi artikel masuk ke website mereka yaitu dengan membuatnya menjadi “SHORT” Artinya hanya sebatas yang kita ijinkan pada pengaturan RSS FEED BURNER SAJA.

Cara menyeting pengaturan Feed blogspot yang benar agar bisa mencegah pencurian konten, maka silahkan ikuti apa yang ada pada gambar diatas.

Bagian Allow Blog Feed  : Pilih Short

Bagian Post Feed Redirect URL : Masukan alamat url yang kita buat saat mendaftar Rss Feedburner. lihat gambar:

Rss Feedburner Blogspot

Sementara pada bagian Post Feed Footer dan Enable Title Links and Enclosure Links biarkan default saja, karena bagian ini tidak terlalu penting dan jarang digunakan oleh para blogger, kecuali anda sudah paham cara menggunakannya.

PENGATURAN DAN PENGAKTIFAN OPENID BLOGSPOT

Pengaturan OpenID Blogspot

OpenID pada dasarnya merupakan alamat url homepage blog kita seperti “https://satukost.blogspot.co.id” yang bisa kita gunakan untuk berkomentar pada blog orang saat melakukan blogwalking untuk mendapatkan backlink.

OpenID

Gambar diatas salah satu contoh kolom komentar yang menggunakan openID untuk bisa komentar di blognya.

Secara default url blog kita masih belum bisa buat komentar pada blog yang menerapkan OpenID, Agar bisa berkomentar dengan akun OpenID maka, masukan kode berikut setelah <head>

<link href=’http://draft.blogger.com/openid-server.g’ rel=’openid.server’/>
<link href=’http://satukost.blogspot.com’ rel=’openid.delegate’/>

Pada pengaturan Theme HTML. ( DasboardTheme – Klik HTML cari kode <head> paling atas dan pastekan kode diatas, jika gagal biasanya terkendala pada tanda petik (‘) satu yang tiba-tiba berubah jadi koma atas (‘)).

Setelah masukan kode, klik save theme, dan cobalah berkomentar pada blog yang menerapkan OpenID, Jika pertama kali akan muncul halaman pop up konfirmasi, apakah kita ingin mengaktifkan OpenID selalu atau hanya sementara, bang tohir pilih selalu aktifkan, selanjutnya publih komentar kita.

Pengaturan Adult Content dan Google Analytics

Dua bagian pengaturan terakhir pada setting seo blogger bagian other ini, hanyalah pilihan saja, jika blog isinya konten dewasa, maka pilih aktifkan “Yes” pada bagian Adult Content. Pilih “No” jika blog isinya biasa saja.

Google Analytics berfungsi untuk memasukan kode google analytics jika sudah pernah mendaftarkan blog pada google analytics untuk memantau perkembangan blog kita.

Demikianlah panduan setting seo blogger pada pengaturan bagian other/lainnya ini, semoga mudah dipahami. Jika sulit dimengerti silahkan berkomentar dan sarankan bang tohir membuatnya dalam bentuk video agar lebih jelas secara praktek langsung.

2 COMMENTS

  1. Everything said made a ton of sense. But, consider this, suppose you typed a catchier
    post title? I am not suggesting your information is not solid., however suppose you added something that makes people
    want more? I mean Panduan Setting SEO Blogger Pengaturan Bagian Other / Lainnya is a little vanilla.
    You should peek at Yahoo’s front page and note
    how they create article headlines to grab viewers to open the links.
    You might add a related video or a related picture or two to get readers
    interested about everything’ve written. Just my opinion,
    it could make your website a little bit more interesting.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.