Tips Memotret Underwater Bagus dengan Kamera Pocket

0
171

Tips Memotret Underwater Dengan Kamera Pocket

Setelah memutuskan ingin liburan ke pantai dan sudah mendapatkan promo tiket Garuda Indonesia. Tentunya hal yang kamu pikirkan selanjutnya adalah bagaimana mengabadikan foto liburan kamu, terlebih lagi kamu liburan ke pantai dan ingin mengabadikan setiap momen di bawah laut.

Memotret bawah laut memang bukanlah perkara yang mudah. Meski sekarang sudah banyak smartphone yang sudah mendukung untuk mengabadikan gambar di bawah air, namun tetap saja bagi beberapa traveler lebih nyaman menggunakan kamera pocket untuk memotret bawah laut.

Tentunya selain hasil gambar yang lebih baik, alasan lainnya karena bentuk yang ergonomis dan tersedianya tombol shutter untuk auto fokus dan eksekusi juga menjadi keunggulan tersendiri.

Selain itu sudah ada beberapa kamera saku (pocket) yang mendukung untuk digunakan di dalam air, tanpa perlu menggunakan casing atau housing, namun ada juga beberapa kamera pocket yang perlu dipakaikan housing atau casing kedap air.

Beberapa contoh kamera pocket yang sudah mendukung untuk digunakan di bawah air tanpa casing tambahan adalah RICOH WG-4 GPS, Nikon Coolpix AW130, Canon PowerShot D30 atau Panasonic Lumix DMC-FT5.

Walaupun sudah ada banyak action cam yang menyediakan aksesoris untuk bisa digunakan di bawah air, namun action cam masih terasa sulit untuk mengatur komposisi karena ketiadaan LCD dan lampu flash.

KameraPocket Bagus Untuk Foto Underwater

Bila kamu belum memiliki kamera underwater dan berniat membelinya, pastikan kamu memilih kamera pocket yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk membuat foto-foto underwater yang baik dan menarik, ikuti tips memotret bawah air dengan kamera pocket berikut ini agar kamu mengetahui cara memotret bawah air yang benar.

  • Utamakan keselamatan

Alasan keselamatan jadi faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum mengambil gambar di bawah air. Alangkah baiknya jika kamu bisa berenang atau menyelam. Gunakan peralatan pendukung lainnya.

Jika kamu hanya ingin mengapung di permukaan, kamu bisa menggunakan pelampung dan kaki katak agar kakai kamu tidak merusak biota yang ada di bawah kamu, selain itu juga membuat tubuh kamu tidak cepat capek saat berenang. Dan tak kalah penting adalah hindari hewan dan tanaman berbahaya, pastikan juga cuaca dan arus air bersahabat.

Tips Foto Bawah laut Agar Hasilnya Bagus
Benjamin Von Wong in an underwater shoot photo by Mike Veitch, Blog.vonwong.com
  • Kamera untuk bawah air

Seperti yang sudah diulas di atas, di  mana kamu bisa menggunakan casing underwater untuk kamera pocket kamu. Pastikan kamera tersebut memiliki LCD yang terang agar mudah terlihat jelas ketika kamu sedang berada di dalam air.

  • Kenakan strap

Strap ini berguna sekali agar kamera kamu tidak jatuh ke dasar laut ataupun terbawa arus air. Strap bisa kamu ikatkan pada lengan ataupun kamu gantungkan di leher.

  • Aturlah Komposisi

Jangan harap kamu bisa mengatur komposisi saat berada di dalam air. Mengatur komposisi di dalam air bukanlah hal perkara yang mudah lho. Pasalnya arus air bisa menggoyangkan tangan kamu, selain itu gerakan biota laut juga susah ditebak akan ke mana.

Tips FotoMengambil Moment Bawah Laut
Sumber Foto bestdiveholidays.com
  • Ambil gambar yang banyak, pilihlah belakangan

Jangan pernah ragu untuk mengambil gambar yang banyak. Hal ini berguna untuk memperbanyak peluang kamu mendapatkan foto yang baik. Memotret di bawah air memerlukan banyak latihan dan kesabaran dalam prosesnya.

  • Carilah lokasi yang tepat

Tentunya lokasi memotret bawah air yang tepat adalah daerah yang memiliki arus yang cukup tenang, jernih dengan objek-objek bawah laut yang indah. Pasalnya untuk berpose narsis sangat mudah jika dilakukan pada air yang jernih.

Foto Bawah Laut Raja Ampat Paling Bagus
Sumber foto tribratanewsbojonegoro.com
  • Perhatikan white balance

Kamu sebaiknya tahu jika intensitas cahaya di bawah air berbeda dengan di atas air, hal ini menyebabkan kamera memerlukan white balance tersendiri untuk menangkap gambar di bawah air. Pada kamera khusus underwater, biasanya terdapat mode snorkeling dan underwater.

Untuk mode snorkeling bisa kamu gunakan di kedalaman 3 meter, namun jika lebih dari itu gunakan mode underwater. Masing-masing mode akan membantu kamu ketika memotret di bawah air.

  • Gunakan flash

Saat yang tepat gunakan flash adalah ketika tidak ada organisme kecil yang melayang di dekat kamera. Pasalnya organisme kecil yang melayang tersebut akan memantulkan cahaya flash, sehingga akan membuat foto bawah air kamu terdapat banyak bintik putih.

  • Ambil foto split

Wah foto split memang sedang hits banget nih. Jika kamu ingin mengambil gambar separuh bumi dan separuh bawah air ini tidaklah mudah loh, karena memerlukan banyak latihan untuk mendapatkan komposisi foto yang menarik.

Jadi sudah tahu bukan bagaimana cara memotret bawah laut dengan kamera pocket? Jika  menurut kamu ulasan di atas masih belum lengkap, kamu bisa tambahkan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Nah, untuk kamu yang masih bingung mendapatkan harga tiket pesawat murah atau promo tiket garuda Indonesia di mana, kamu bisa dapatkan harga tiket pesawat murah di Reservasi.com.

Tak hanya akan memberikan promo tiket garuda Indonesia ataupun harga tiket pesawat murah maskapai lainnya, namun www.reservasi.com juga memberikan promo dan diskon hotel terbaik di Indonesia.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.