Harga Avanza Veloz Tidak Cocok Dengan Kantong Keluarga Indonesia

0
111

Harga Avanza Veloz Tak Terjangkau Kantong Warga Indonesia

Avanza VelozHarga Avanza Veloz baru, sekarang sebenarnya sudah cukup menguras kantong kelas menengah yang ingin mendapatkan mobil keluarga yang terkenal dengan sebutan mobil jutaan orang. Bagaimana tidak menguras kantong?

Lihat saja harga yang diberikan oleh pabrikan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada peluncuran dua model Low MPV beberapa waktu lalu.

Awalnya, harga terendah untuk Toyota Veloz ditempati oleh varian Manual 1.3 di 204 juta, dengan sisa jenis di atas Veloz 1,5 melayang di atas Rp215 juta. Kemudian untuk Toyota Avanza baru atau dikenal sebagai Grand New Avanza, posisi terendah dihargai Rp180,6 juta (Grand New Avanza E / MT).

Menurut Toyota Indonesia pada awal kemunculan Avanza Veloz, kenaikan harga Avanza baru berkisar antara Rp10 hingga 14 juta. Pasalnya saat itu, masalah harga Grand New Avanza dan Avanza Veloz sangat dipengaruhi oleh nilai tukar dan penambahan fitur untuk kenyamanan berkendara.

Setelah mempertimbangkan semua aspek ini, harga Avanza Veloz yang berlaku naik Rp10-14 juta. Kenaikan harga itu terasa sepadan dengan jumlah ubahan, salah satunya ada di sisi mesin.

Kini kedua Avanza Veloz sudah menggunakan teknologi VVT-I ganda dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Tipe mesinnya juga baru, yang sekarang menggunakan mesin NR-Series.

Veloz Tidak Lagi Menggunakan Nama Avanza

Namun dalam hal desain, perubahan yang ditunjukkan masih kalah dengan para pesaingnya seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Karakter khas Toyota Avanza yang masih berbentuk kotak masih dipertahankan, perubahan hanya menonjol pada grille yang lebih agresif. Sisa desain Toyota Grand New Avanza dan Veloz biasa-biasa saja.

Maka satu hal yang unik adalah keberadaan Toyota Veloz yang menggunakan mesin 1,3 L, sebelum model ini hanya menggunakan mesin 1,5 L saja. Apa alasan TAM mengeluarkan tipe 1,3 L untuk Veloz?

Dengan jawaban diplomatik, Toyota Indonesia pernah menjawab, didasarkan pada survei konsumen yang banyak menginginkan varian mesin 1,3 L untuk Veloz.

Mesin Veloz Terbaru

Toyota masih membawa mesin DOHC 16-silinder 4-silinder untuk Veloz. Dan tersedia dalam dua jenis, yaitu tipe 1.3L dan 1.5L. Mesin ini juga telah dilengkapi dengan Dual Variable Valver Timing dengan teknologi Intelligent (Dual VVT-i), sama seperti mesin yang dimiliki oleh Avanza.

Daya maksimum Veloz dapat mencapai 96,5 PS, pada 6.000 rpm. Sementara itu, torsi bisa mencapai 12,3 Nm pada 4.200 rpm. Toyota Indonesia juga telah menanamkan teknologi atau injeksi EFI pada mesin mobil ini untuk meningkatkan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar. Jadi, mesin Veloz masih bisa irit bahan bakar seperti Avanza lainnya.

Masalah harga terbaru dari Veloz dapat dilihat di tautan https://www.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/toyota/veloz/ sebelum membelinya, merupakan ide bagus untuk melihat harga dan promo apa yang disediakan di halaman tersebut.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.