Inilah 3 Cara Hindari Penipuan Investasi Emas

0
281
Cara Hindari Penipuan Investasi Emas
Cara Hindari Penipuan Investasi Emas – Ilustrasi Image

Investasi Emas – Akhir-akhir ini minat masyarakat untuk berinvestasi emas semakin meningkat. Peningkatan tersebut diiringi pula dengan meningkatnya tindak kejahatan investasi. Kasus penipuan investasi emas semakin marak dialami beberapa orang. Mengapa hal tersebut terjadi? Setelah ditelusuri tenyata mereka yang menjadi korban penipuan adalah orang-orang yang memiliki modal cukup, namun belum memahami tata cara berinvestasi yang aman.

Kebanyakan orang berinvestasi karena ikut-ikutan atau mendengar penawaran yang menggiurkan, tanpa mempelajari sistem kerjanya terlebih dahulu. Banyak pihak-pihak yang melancarkan aksi penipuan investasi emas ini dengan berbagai modus. Yuk, kenali dan cermati hal-ha berikut ini, agar Anda tidak menjadi korban penipuan investasi emas.

Modus Penipuan Investasi Emas

Pihak-pihak yang bertanggung jawab biasanya menawarkan harga emas yang sedikit lebih tinggi daripada harga emas dipasaran. Kemudian mereka akan menjanjikan bunga sebesar 5 – 10% setiap bulannya. Bahkan, akan lebih tinggi apabila Anda mau menitipkan emas kepada pengelola. Modus inilah yang biasa disebut ponzi scheme dan arisan berantai.

Apa Masalahnya?

Bagi yang belum memahami betul tentang investasi emas, mungkin dengan bunga 5 – 10% per bulan adalah hal yang wajar. Tidak demikian, ketika pengelola menawarkan bunga sebesar 5 – 10% per bulan, Anda perlu mempertanyakan lagi. Darimana mereka dapat membagi keuntungan 5% setiap bulan, padahal bunga investasi deposito di bank saja sebesar 6% per tahun, bukan per bulan.

Bagaimana Cara Kerja Penipuan Investasi Emas?

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa penipuan investasi emas ini menggunakan sistem kerja arisan berantai. Biasanya pengelola akan memberikan pinjaman berupa emas untuk menarik banyak masyarakat. Selanjutnya dana yang berasal dari masyarakat akan dihimpun, dan dibagikan kepada member (downline). Hal ini seperti penipuan pada sistem kerja MLM.

Baca Juga: 5 Langkah Aman Investasi Emas Secara Online

Si penipu akan menawarkan kepada sejumlah member dengan harga tertentu. Selanjutnya, si penipu akan menawarkan investasi kepada member pada tahap kedua. Hal tersebut akan terus terjadi, sampai si penipu memperoleh banyak downline yang membayarkan uang.

Lalu, Bagaimana Si Penipu akan Membayar?

Sesuai dengan tawaran yang diberikan, bahwa Anda akan mendapatkan bunga sebesar 5 – 10% per bulan. Lalu, bagaimana si penipu membayar bunga kepada Anda? Si penipu akan memberikan uang kepada Anda yang bersumber dari dana member tahap kedua, untuk membayar member tahap pertama. Dana yang dibagikan tentunya tidak seberapa dengan jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dari member.

Kapan Sistem tersebut Bermasalah?

Sistem investasi ini bermasalah ketika si penipu tidak lagi mendapatkan downline baru, sehingga persediaan dana yang dikumpulkan akan semakin menipis. Dan akhirnya tidak dapat membayar member lagi. Ketika hal tersebut terjadi, si penipu biasanya akan membawa lari uang member serta emas yang dititipkan ke pengelola. Jika hal tersebut terjadi, artinya Anda telah menjadi korban penipuan investasi.

Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas?

Nah, agar Anda tidak menjadi korban penipuan, Anda dapat memperhatikan cara menghindari penipuan investasi emas seperti di bawah ini.

  1. Jangan Mudah Percaya

Jika Anda mendapatkan penawaran bunga investasi yang melebihi rate deposito bank, maka Anda perlu berhati-hati. Perlu Anda ingat, bahwa bunga deposito bank rata-rata hanya 5 – 10% per tahun, jadi ketika Anda ditawari bunga sebesar 5 – 10% per bulan, maka jangan langsung percaya.

  1. Pastikan Legalitas Perusahaan

Sebelum Anda menginvestasikan uang Anda, pastikan untuk menanyakan legalitas perusahaan secara pasti. Jangan menginvestasikan uang Anda pada perusahaan yang tidak terdaftar secara resmi.

  1. Tanyakan Sistem Kerja

Sebelum memilih untuk berinvestasi, tanyakan terlebih dahulu bagaimana sistem kerjanya. Tanyakan apa saja hak yang akan Anda dapatkan dan bagaimana pengelolaan uang yang Anda investasikan.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang penipuan investasi emas yang semakin merajalela. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan.

Baca Juga: Perbedaan Anatar Laptop, Netbook dan Notebook

LEAVE A REPLY