5 Tips Merawat Kamera Agar Tidak Jamuran

0
134
Tips Merawat Kamera

Tips Merawat Kamera Agar Tidak Jamuran

Awas!!! Kameramu Bisa Jamuran! Memiliki kamera, utamanya kamera DSLR dapat saya ibaratkan seperti memiliki bayi. Ya, kamu harus merawatnya dengan sabar, telaten, dan lembut. Dari pengalaman teman-teman yang saya lihat, mereka sangat memperhatikan kamera DSLR mereka dan sangat sensitif ketika dipinjam oleh orang lain yang sembarangan. Jika kamu salah satu pemilik kamera DSLR, kamu juga perlu berhati-hati, kameramu bisa jamuran lho!

Loh, kamera kok jamuran? Emang bisa? Iya… tentu saja bisa. Jika kamera kita sudah jamuran, jangan tanya lagi bagaimana hasil gambar kita yang diambil dengan lensa kamera tersebut. Pasti hasilnya blur, tidak jelas, fokusnya juga susah, kan? Sudahkah kamu tahu mengapa kamera bisa jamuran?

Baca Juga: Menikmati Keseruan Berpetualang dengan Si Mungil Kamera Action 360 Fly

Berikut adalah beberapa penyebab lensa kamera jamuran:

1. Terlalu lama disimpan

Lensa kamera bisa rusak, bahkan jamuran, ketika terlalu lama disimpan di tas atau lemari dalam waktu yang lama. Kamu bisa membayangkan roti yang tidak laku jual, lama-lama akan tumuh jamur. Begitupun lensa kamera. Jika terlalu lama tidak digunakan, wajar saja bisa ditumbuhi jamur. Selain itu, seperti layaknya mesin motor yang tidak pernah dipanasi, lama-lama mesin menjadi aus. Kamera yang hanya disimpan dan jarang digunakan juga bisa rusak.

2. Suhu terlalu lembab dan kotor

Suhu udara yang lembab dan kotor juga sangat berpengaruh pada keadaan lensa. Suhu yang lembab sangat cocok bagi tumbuhnya jamur. Kamu bisa melihat contoh dinding. Dalam keadaan lembab, tentu lama lama akan tumbuh jamur di dinding kan? Seperti itu pula yang terjadi pada lensa DSLR. Kameramu bisa jamuran jika suhu udara tidak baik untuk lensamu. Jadi, kamu memang harus ekstra hati-hati dan telaten merawat kameramu.

3. Digunakan dan dirawat dengan cara yang salah

Ini juga merupakan penyebab kameramu bisa jamuran. Apabila kamu menggunakan kamera di tempat dengan suhu yang ekstrem, jangan langsung mengeluarkan kamera dan menggunakannya. Tunggulah beberapa saat agar kamera beradaptasi dengan perubahan suhu ekstrem yang ada. Merawat yang salah juga bisa menyebabkan kameramu jamuran. Misalnya, kamu membersihkan kameramu dengan kain seadanya. Gunakanlah pembersih khusus lensa. Jangan membersihkan lensa dengan kain seadanya. Jika in menjadi kebiasaanmu, kamu akan lupa kebersihan kain yang kamu gunakan untuk membersihkan lensa. Bisa jadi kain tersebut judtru kotor dan membawa bakteri yang dapat memivcu tumbuhnya jamur pada kameramu.

Lalu, bagaimana kita mencegah agar kamera tidak jamuran? Penggunaan dan perawatan seperti apa yang dapat menhindarinya dari jamuran? Berikut beberapa tips merawat kamera DSLR agar tidak jamuran.

Cara Merawat Kamera

Cara Merawat Kamera Agar Tidak Jamuran

1. Jagalah kebersihan kamera

Selalu jagalah kebersihan. Termasuk kebersihan barang-barang yang kamu miliki. Usahakan untuk selalu membersihkan lensa kameramu. Ingat, membersihkan lensa kamera tidak boleh sembarangan. Gunakan pembersih khusus kamera, jangan gunakan tisu untuk membersihkan kamera karena tekstur tisu justru dapat membuat goresan pada kamera dan itu sangat disayangkan sekali. Ketika kamu menggunakan kamera di tempat yang kotor dan berdebu, jangan sampai kamu biarkan kameramu menyimpan debu itu. Bersihkan secepatnya agar debu tidak mudah menempel lalu menjadi jamur. Selain itu, rutinlah membersihkan body kamera.

2. Hindari kontak langsung

Jari atau tangan kita sangat rawan membawa banyak bakteri bahkan jamur. Oleh karena itu, hindarilah kontak langsung jari atau tangan kamu dengan lensa kamera. Tangan kita cenderung membawa banyak bakteri karena kita menyentuh apa saja dan tanpa kita sadari tangan kita dapat meninggalkan bekas atau noda di lensa kamera jika kita melakukan kontak langsung dengan lensa kamera.

3. Hindari pergantian suhu yang ekstrem

Suhu yang ekstrem sangat berpengaruh pada pertumbuhan jamur di lensa kamera. Ketika kita berpindah sari satu keadaan dengan suatu keadaan tertentu, yang suhunya sangat ektrem perubahannya, sebaiknya kita tidak lansgung membuka kamera dan menggunakannnya. Biarkan kamera beradaptasi dengan suhu yang berubah tersebut, baru kamu keluarkan dan gunakan dengan hati-hati.

4. Simpan di dry box

Solusi menghindari jamuran selain membersihkannya lebih sering adalah menyimpannya di dry box atau dry cabinet. Dry box merupakan kotak khusus yang digunakan untuk menyimpan perangkat optic seperti lensa dan body kamera. Selain dapat menghindari debu yang masuk, dry box juga dapat mengatur suhu yang sesuai standar agar tidak terlalu lembab sehingga perangkat di dalamnya tetap terjaga.

5. Gunakan pelindung kamera

Pelindung kamera di sini saya rangkumkan meliputi gunakan penutup (caps) lensa, gunakan filter UV, dan gunakan hood/filter pelindung. Jika kamera sudah tidak digunakan, jangan lupa menutupnya dengan caps lensa. Ini akan membuat lensa terhindar dari debu dan kotoran. Menggunakan filter UV yang bersifat netral, selain memberikan efek tertentu pada hasil gambar, juga dapat berfungsi untuk melindungi lensa dari debu dan benturan dari benda-benda. Hood/filter pelindung sangat berguna untuk mencegah air dan debu masuk ke elemen lensa.

Baca Juga: Tips Memotret Underwater Bagus dengan Kamera Pocket

Itulah penyebab dan cara merawat lensa kameramu agar tidak jamuran. So, awas! Jika kamu tidak memperhatikan hal-hal berikut di atas, kameramu bisa jamuran lho….

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.