Waduh, Google Blokir Sebanyak 1,75 Miliar Situs Pelanggar Hak Cipta

0
464

Google Blokir Situs Sebanyak 1,75 Miliar Situs Pelanggar Hak Cipta

Kantor-Perusahaan-Google

Google sejak bulan Agustus hingga agustus dan kedepannya sepertinya sedang melakukan update besar-besaran, seperti kita lihat sendiri ada banyak pembaharuan terjadi pada layanan google yang sebelumnya dimulai dari perubahan tampilan Beta Google Plus hingga beberapa fitur dan layanan lain yang direncanakan akan ditiadakan bahkan telah dihapus atau dihentikan. Pihak google juga sedang melakukan pembersihan terhadap banyak situs yang dibuat secara asal asalan alias pelanggar hak cipta.

 

Pemblokiran situs yang dilakukan google tidaklah bersifat rahasia, google ingin kita semua tahu bahwa ada mekanisme tertentu ketika mereka menghapus situs pelanggran hak cipta di internet.

Google-Blokir-Situs-Pelanggaran-Hak-Cipta

Pada situs resmi Milik google mereka sengaja menampilkan jumlah situs yang telah diblokir yaitu sebanyak 1,75 Miliar seperti dilaporkan pada laman The Next Web. karena melakukan pelanggaran Hak Cipta.

 

Pada situs baru resmi dari Google ini, disana Anda juga dapat mengetahui beberapa banyak permintaan pemblokiran situs yang ditolak oleh Google Sejauh ini, tertera sebanyak 40 juta permintaan pemblokiran situs, atau sekitar 2,1 persen dari total permintaan, ditolak oleh pihak Google.

 

Ketika Google menerima permintaan pemblokiran situs mereka tidaklah langsung memprosesnya begitu saja melainkan terlebihdahulu melakukan empat proses berikut:

 

Pertama, pemilik hak cipta mengirimkan permintaan pemblokiran situs atas dasar “pelanggaran hak cipta”.

 

Kedua, Kemudian Pihak Google Melakukan Peninjauan permintaan itu dan menyetujuinya jika tidak ada masalah dengan permintaan tersebut. selanjutnya, Pihak Google mengirimkan notifikasi pada pemilik situs yang hendak diblokir.

 

Ketiga, Ketika pemilik situs menerima notifikasi pemberitahuan permintaan pemblokiran maka disana pemilik situs dapat mencegah pemblokiran situsnya dengan menyediakan argumen bahwa situsnya tidak melanggar hak cipta atau dengan menghapus konten yang dianggap melanggar hak cipta.

 

Keempat, setelah pemilik situs elakukan pembaharuan setelah menerima notifikasi Barulah kemudian pihak Google akan memutuskan apakah mereka akan kembali meletakkan situs itu di hasil pencarian atau tidak.

 

So, waspadalah kita pemilik situs jangan sampai kena blokir atau dieliminasi dari peredaran mesin pencarian.

 

Pada situs Resmi google juga, Anda juga dapat melihat berapa banyak permintaan pemblokiran yang telah dikirimkan oleh sebuah perusahaan. Anggota Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) telah meminta Google blokir lebih dari 80 juta situs.

 

Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa banyak perusahaan yang ingin sebuah situs diblokir. seperti salah satu situs dengan domain ThePirateBay.se , situs ini telah mendapatkan 4 juta permintaan pemblokiran meski ia hanya aktif dalam waktu yang tidak begitu lama.

 

Semoga kita semua selaku blogger postif bisa terselamatkan dari permintaan pemblokiran karena adanya kesalahan yang mungkin tanpa sengaja kita lakukan pada situs milik kita. keep spirit mari terus ngeblog dengan hati-hati.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.