9 Cara Menabung untuk Anak Muda

0
3

cara menabung untuk anak muda

Cara Menabung Untuk Anak Muda Jaman Now

Anak muda zaman sekarang atau yang dikenal dengan sebutan anak zaman now hampir seluruh waktunya selalu berhubungan dengan gadget. Kegiatan sehari-hari mereka sebagian besar berkaitan dengan dunia digital. Kondisi ini tentunya jauh berbeda dengan anak-anak pada generasi terdahulu yang lebih konvensional. Anak zaman now kebanyakkan tidak lagi mengikuti kebiasaan generasi terdahulu, khususnya dalam menabung. Namun, ada beberapa cara menabung untuk anak muda yang bisa kamu coba di zaman modern ini!

  1. Jangan Takut Dicap Kurang Gaul

Anak zaman now kerap menginginkan dirinya terlihat gaul. Namun, untuk menjadi anak zaman now yang gaul seperti kebanyakan orang tidak gratis loh. Banyak biaya yang harus kamu korbankan, mulai dari makan di Café hingga shopping di Mall ternama. Jika kamu ingin dianggap gaul, maka bersiaplah mengeluarkan banyak uang yang bisa merugikan keuangan diri sendiri. Oleh sebab itu, jika tidak ingin rugi, lebih baik kamu berhemat dan dicap sebagai anak kurang gaul, daripada anak gaul yang terlilit hutang.

  1. Manfaatkan Aplikasi Keuangan di Gadget

Gadget menjadi perangkat yang selalu menempel dalam aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, manfaatkan gadget yang kamu miliki untuk menabung secara online. Saat ini telah banyak aplikasi menabung yang bisa diunduh dan diinstal untuk memudahkan kamu mengelola keuangan. Aplikasi ini dapat membantu kamu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran harian. Bahkan beberapa aplikasi keuangan dilengkapi dengan alarm yang bisa mengingatkan penggunanya untuk membayar kewajiban yang harus dipenuhi. Pakailah gadget dengan bijak, agar membantu membuat kehidupanmu lebih berkualitas.

  1. Ikut Gerakan Menabung di Media Sosial

Cara menabung untuk anak muda zaman sekarang yaitu dengan mengikuti gerakan menabung yang dilakukan di media-media sosial. Carilah forum atau situs yang menyediakan program menabung bersama. Atau kamu juga bisa loh membuat gerakan baru dan mengajak teman-temanmu di media sosial untuk menabung bersama.

  1. Jangan Mudah Tergiur Belanja Online

Belanja online kini telah menjadi salah satu tren masa kini. Budaya belanja telah mengalami perubahan drastis. Mayoritas masyarakat memilih berbelanja online daripada datang ke toko atau pasar. Dengan smartphone seseorang sudah bisa memesan barang yang mereka butuhkan. Kemudahan dalam berbelanja inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk membeli berbagai barang, bahkan barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, mulailah mengendalikan diri untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Alokasikan uangmu untuk ditabung.

  1. Manfaatkan Diskon

Tidak dapat dipungkiri ada keinginan untuk membeli barang-barang tertentu. Namun, disatu sisi kamu juga tidak boleh boros dalam pengeluaran. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu membeli barang-barang saat ada diskon. Jika kamu memiliki voucher diskon belanja, gunakan saja untuk berbelanja. Jangan malu membeli barang-barang diskon, lumayan kan dengan membeli barang diskon, maka uang yang seharusnya kamu gunakan untuk belanja, bisa kamu tabungkan.

  1. Bertemanlah dengan Orang yang Suka Menabung

Teman di sekitarmu bisa mempengaruhi kebiasaanmu. Jika teman-temanmu adalah orang-orang yang boros, maka bisa jadi kamu akan ikut jadi anak yang boros. Begitu pula, jika kamu berteman dengan orang-orang yang suka menabung, bisa jadi kamu akan terinspirasi untuk ikut menabung seperti mereka. Dengan memiliki teman yang mempunyai kebiasaan sama, kalian bisa saling berkomitmen untuk berhemat. Salah satunya dengan mengurangi kegiatan nongkrong di Café dan memperbanyak melakukan kegiatan produktif yang positif.

  1. Belajar dari Ahli dalam Mengelola Keuangan

Tidak semua orang punya keahlian mengelola keuangan agar tetap stabil. Nah, agar kamu ahli mengelola uang, kamu bisa belajar mengelola uang dari ahlinya. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan untuk terus menabung dengan tepat. Kamu juga akan belajar menemukan strategi menabung yang baik dari ahlinya. Kegiatan menabung bukan merupakan kegiatan asal-asalan, tapi perlu perencanaan yang matang pula.

  1. Mulai Berinvestasi

Meskipun masih muda, kamu juga perlu berinvestasi. Inverstasi bukan lagi menabung seperti biasa. Kamu bisa mencoba berinvestasi mulai dari tahap sederhana, seperti investasi emas. Seiring berjalannya waktu dan memiliki pengalaman, kamu bisa mencoba investasi lainnya juga. Kamu masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk bereksplorasi.

  1. Menjual Barang yang Tidak Diggunakan

Kamu juga bisa menabung dengan cara menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan di toko jual beli barang. Daripada barang-barangmu menumpuk di Gudang atau kamu buang lebih baik kamu jual, dan hasilnya bisa kamu gunakan untuk menabung kan? Selain itu, tempat tinggalmu juga akan lebih luas karena tidak dipenuhi barang-barang tak terpakai lagi.

Baca Juga: 10 Tips Menabung untuk Anak Kost Masa kini

Nah, itulah beberapa cara menabung untuk anak muda yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.