8 Tips Bisnis Online Bagi Kamu yang Ingin Sukses Bisnis Di Internet

0
75
Tips Bisnis Online Pemula
Tips Bisnis Online Bagi Pemula

Tips bisnis online tentunya kamu sudah banyak sekali membaca artikel yang berkaitan dengan cara bisnis online serta berbagai seluk beluknya, namun setiap orang memiliki strategi berbeda dalam menentukan jalan sukses bisnis di internet, siapa yang pandai menyusun strategi bisnis online dirinya maka dialah yang bisa lebih cepat berhasil mendapatkan uang berlimpat dari internet.

Jika kamu termasuk pemula dalam bisnis internet maka, tips bisnis online dalam t ulisan artikel kali ini sebaiknya kamu baca dan pahami dengan baik agar ketika mulai menjalankan bisnis online kamu sudah siap berjuang dalam meraih penghasilan luar biasa dari bisnis online yang di jalani.

Berikut ini ada beberapa tips bisnis online yang paling mendasar untukpersiapan awal bagi pelaku bisnis online yang masih mencari cara menghasilkan uang dari internet, semoga bisa membantu meskipun kamu jelaskan secara singkat tips bisnis online ini:

  1. Mempersiapkan kontak khusus untuk jualan atau bisnis online

Jika kamu ingin menekuni bisnis online secara profesioanl maka kamu harus memisahkan antara kontak pribadi dengan kontak bisnis kamu, kecuali bisnis yang berkaitan dengan branding diri kamu, maka tidak mengapa menggunakan kontak pribadi. Kontak yang di maksudkan adalah nomor ponsel, BBM, Line, WhatsApp, media sosial dan lainnya yang kamu gunakan untuk berinteraksi dalam melayani konsumen bisnis nantinya.

  1. Temukan produk yang sedang laris di pasar saat itu

Jangan asal mulai dan asal menjual produk hanya karena sedang bersemangat bisnis online, tips bisnis online kedua ini sangat penting karena, persaingan pasar online sangatlah ketat, so, kamu harus mencari trend produk bulanan, musiman atau saat dimana waktu kamu memulai bisnis online.

Jika kamu bingung mencari tahu trend produk atau yang sedang laris manis di pasar online maka carilah referensi cara mengetahui produk bisnis online yang sedang laris pada masa itu. Karena disini bukan sedang membahasa bagaimana cara menemukan produk maka, pada kesempatan lain kami akan bahas.

  1. Utamakan kecepatan dalam merespon konsumen

Kecepatan dalam merespon konsumen adalah bagian terpenting, karena disitulah kesempatan ada dalam mejelaskan tentang produk dan mendapatkan penjualan anda, apalagi setelah mereka melakukan transfer pembayaran jangan sampai membuat mereka kawatir kehilangan uang mereka, katakanlah yang sebenarnya jika memang terjadi keterlambatan atau ada halangan, hal itu akan membuat kepercayaan konsumen pada kamu semakin kuat.

  1. Jangan pernah berlaku curang terhadap produk

Jelaskan apa yang harus dijelaskan, jangan melebih-lebihkan keunggulan produk yang tidak ada padanya, jujurlah itu akan lebih menguntungkan dan akan membuat perjalanan bisnis online kamu bisa bertahan lama.

  1. Persiapkan foto produk terbaik

Foto memiliki kekuatan 80 persen dalam menarik minat kosumen untuk menghubungi kamu ketika melihat penawaran atau iklan kamu, maka usahakan telah mempersiapkan semua foto produk dengan gambar berkualitas dan desain yang bagus.

Baca Juga: 6 Bisnis Online Modal 100 Ribu Yang Bisa Kamu Jalankan

Jika memungkinkan buatkan foto produk kamu berbeda dan tidak sama dengan penjual lain, karena banyak kesamaan akan membuat konsumen berpikir dua kali dan mereka cenderung akan banyak menimbang dan membandingkan kamu dengan penjual lain yang juga memiliki foto produk yang sama, bila perlu beri water mark dengan brand toko online kamu agar lebih mantap dan tidak mudah di tiru orang lain.

  1. Belajarlah untuk menjual dengan sistem paket atau diskon

Tips bisnis online yang sampai hari ini sangat membantu para penjual online adalah pintar dalam mengatur harga diskon atau menjual dalam bentuk paketan produk, disini diperlukan strategi dalam penentuan harga agar tetap untung meski memberikan diskon atau menjual produk dalam bentu paketan, bisa juga kamu menggunakan strategi free ongkir jika membeli dalam jumlah tertentu yang tentunya telah menutup biaya ongkir sendiri dan keuntungan tetap ada.

  1. Jangan langsung menjual banyak produk

Pertama kali memulai bisnis online jangan langsung menjual apa saja yang bisa di jual atau langsung menjual berbagai macam produk, karena itu akan menyulitkan kamu nantinya, fokuslah pada satu produk hingga pada akhirnya kamu telah sampai pada titik jenuh dimana produk tersebut benar-benar sudah tidak laku lagi di pasaran setelah sekian lama kamu menggelutinya.

  1. Jangan terlalu banyak supplier dari daerah yang berbeda

Tips bisnis online ini peting sekali agar tidak menyusahkan kamu dalam hal pengiriman barang, supplier seperti diketahui adalah mereka yang memiliki stok produk yang kamu jual secara reseller atau droship, jika nanti konsumen membeli produk berbeda yang juga lokasi supplier berbeda maka kamu akan sangat kesulitan dalam mengirim dan menghitung ongkos serta menentukan jangka waktu sampai barang tersebut hingga akhirnya konsumen akan berkata “ Saya kira kamu punya stok produk yang bisa di kirim sekaligus atanpa harus sendiri-sendiri” jika demikian mereka akan sulit menjadi konsumen tetap kamu.

Itulah sedikit pengantar tips bisnis online untuk kamu para pemula yang baru memulai ingin menggeluti dunia bisnis internet dengan menjadi penjual produk, tentunya ada banyak tips bisnis online lainnya yang masih harus perlu kamu gali lagi lebih detail dan mendalam agar ilmu bisnis online kamu lebih matang, saran kami sambil praktek tetaplah terus banyak belajar, karena dalam dunia bisnis online selalu ada hal baru termasuk tips bisnis online. Hal tersebut dipengaruhi trend pasar dan perilaku konsumen dari zaman ke zaman yang juga disebabkan oleh perkembagan teknologi modern.

LEAVE A REPLY