Inilah 4 Jenis Jual Beli Online yang Wajib Bayar Pajak

0
537

Bisnis Jual Beli Online yang Wajib Bayar Pajak

Jenis Jual Beli Online yang Wajib Bayar Pajak
Jenis Jual Beli Online yang Wajib Bayar Pajak

Bangtohir.com – Berkembangnya bisnis jual beli online menjadi bisnis yang saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini membuat pertumbuhan e-commerce turut menjadi perhatian pemerintah. Ada sebuah artikel yang beberapa waktu telah dimuat, bahwa pemerintah telah menerapkan pajak terkait adanya bisnis jual beli online atau e-commerce di Indonesia.

Disebutkan dalam artikel tersebut bahwa pada tahun 2015 lalu pemerintah memang telah menyinggung terkait adanya pajak untuk bisnis online. Waktu itu, pemerintah belum menetapkan secara lebih detail terkait jeni-jenis pajak atau hal yang berkaitan dengan transaksi jual beli online yang saat itu pun mulai menjamur di Indonesia.

Nah, tahun ini, akhirnya peraturan mengenai pajak yang dikenakan para pelaku bisnis jual beli online nyatanya sudah mulai memiliki serangkaian panduan utama terkait pajak yang akan diterapkan. Ada pula ketentuan-ketentuan penting seperti jenis bisnis jual beli online yang bagaimana yang harus dikenakan wajib pajak, bagaimana yang tidak wajib pajak, dan seterusnya.

Sebelumnya, Kepala Sub DIrektorat Manajemen Transformasi, Direktorat Transformasi Proses Bisnis, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak, Nurfransa Wira Sakti telah menyampaikan bahwa mulai akir tahun 2015 lalu pemerintah memang telah menetapkan serangkaian aturan terkait jenis model pajak e-commerce yang akan diterapkan.

Penentuan bisnis jual beli online yang seperti apa yang seharusnya dikenakan wajib menjadi persoalan yang cukup rumit. Dirjen PErpajakan merasa kesulitan untuk melakukan identifikasi dan pengelompokan. Setelah menilai dan menimbang, akhirnya pemerintah menerapkan 4 jenis bisnis jual beli online yang kena wajib pajak. Peraturan tersebut tertuang dalam lampiran Surat Edaran Nomor SE-62/PJ/2013 (SE-62) tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan atas Transaksi E-commerce.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menjadi salah satu pelaku bisnis jual beli online harus mengetahui bagaimana pemerintah memberi batasan klasifikasi pada bisnis yang dikenakan wajib membayar pajak. Anda harus memperhatikan 4 jenis jual beli online ini wajib bayar pajak.

Online MarketPlace

  1. Online Marketplace

Online Marketplace adalah jenis jual beli online yang pertama dikenakan wajib pajak. Online marketplace merupakan sebuah jenis e-commerce yang menyediakan tempat (secara online) untuk para pengguna internet untuk dapat menggelar dagangannya atau produknya secara online, baik dalam bentuk sebuah toko maupun dalam bentuk lapak.

Jadi, pemilik online marketplace bertugas hanya sebagai fasilitator dari para penjual dan pembeli. Namun, mereka juga bisa turut berperan dalam hal urusan pembayaran antara penjual dan pemeli. Beberapa online marketplace yang ada di Indonesia, misalnya Bukalapak.com dan Tokopedia. Dan tentunya masih banyak lagi.

Online Classified Ads

  1. Classified Ads

Konsep pada classified ads sebenarnya jauh lebih sederhana daripada online marketplace. Di sini, terdapat situs penyedia layanan online yang menjadi platform bagi para pengguna yang memajang konten iklan. Bentuk dan jenis iklan bisa berbagai macam, termasuk variasi bentuk teks, grafik, video, atau informasi tertulis. Salah satu contoh jenis classified ads di Indonesia yaitu Olx.co.id.

Online Daily Deals

  1. Daily Deals

Jenis bisnis online yang dikenakan wajib pajak selanjutnya adalah daily deals. Ini merupakan sebuah situs yang menawarkan bentuk jual beli dengan cara tidak langsung. Mereka menggunakan voucher sebagai alat pembayaran. Jenis daily deals memang belum begitu banyak ditemukan di Indonesia. Akan tetapi, eksistensinya sangat memungkinkan bahwa jenis ini nantinya akan lebih booming dan ini menjadi salah satu dasar memasukkan jenis bisnis daily deals. Saat ini sudah cukup banyak orang yang bergabung, yaitu Groupon Indonesia, Evoucher.co.id, Lakupon, Ogahrugi.com, dan yang lainnya.

Toko Online Ritel

  1. Online Ritel

Ini adalah jenis bisnis jual beli online yang telah ditetapkan wajib bayar pajak. Secara sederhana, konsep online ritel ini hampir mirip dengan konsep ritel sesungguhnya, hanya perlu digeser di ranah internet atau online . Jenis bisnis yang menggunakan konsep online ritel sebenarnya menjadi jasa yang menyediakan produk-produk yang dijual secara luas melalui jaringan online di mana saja. Siapa sih yang belum tahu bahwa Lazada dan Elevania pun menjadi contoh Marketplace online ritel yang nyata.

Nah, itulah keempat jenis bisnis jual beli online yang harus kamu teliti secara detail. Dengan begitu, Anda akan tahu di kelompok manakah bisnis Anda dan jadilah warga taat wajib.

Artikel Lainnya: Cara Mudah menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster tools

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.