Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula Agar Tepat Sasaran

0
524

Strategi Investasi Reksadana bagi Pemula

Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula
Investasi Reksadanan Bagi Pemula / Ilustrasi

Investasi Reksadana bagi Pemula dalam pembahasan kali ini tentunya sangat spesiak sekali bagi kamu yang lagi memperdalam strategi investasi reksadana, Terlebih reksadana memang tengah naik daun karena menjadi salah satu bentuk investasi pasar modal yang mudah dilakukan dan berpotensi menghasilkan keuntungan. Namun, bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui cara melakukan investasi reksadana.

Kalau Kamu termasuk yang masih kurang paham bagaimana melakukan investasi reksadana agar bisa menemukan manajer investasi yang bisa membawa dana kamu tepat pada sasaran, Tenang, dalam artikel ini akan membahas Investasi Reksadana bagi Pemula. Jadi, bagi para pemula yang ingin mencoba investasi reksadana, pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan tujuan, apakah untuk investasi jangka pendek (1-2 tahun), jangka menengah (5 tahun), atau jangka panjang (di atas 5 tahun).

Selain itu, kenali diri sendiri. Apakah Anda termasuk orang yang berhati-hati atau berani mengambil resiko. Jika Anda langsung merasa bingung ketika nilai investasi turun, maka Anda bukanlah tipe orang yang berani mengambil resiko. Namun, jika Anda merasa tenang ketika nilai investasi turun, karena Anda mengetahui bahwa nilai investasi berpotensi untuk naik lagi, maka anda termasuk orang yang berani mengambil resiko. Sikap optimis memang sangat diperlukan dalam melakukan investasi.

Terkait hal tersebut, dalam Investasi Reksadana bagi Pemula perlu dipahami rumus “High risk high return”. Artinya, dalam investasi resiko tinggi memiliki potensi keuntungan yang tinggi, sedangkan investasi yang beresiko rendah juga berpotensi tidak menghasilkan keuntungan yang besar.

Berdasarkan resiko-return reksadana dikategorikan sebagai berikut:

1.Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap: Reksadana resiko rendah, potensi return rendah.

2.Reksadana campuran: Reksadana resiko sedang, potensi return sedang.

3.Reksadana saham: Reksadana resiko tinggi, potensi return tinggi.

Setelah Anda mengetahui kategori investasi reksadana, kini saatnya Anda memilih produk reksadana. Bagi pemula yang belum mengetahuinya, Anda dapat melihat-lihat produk reksadana melalui situs online infovesta.com. Di halaman tersebut, Anda dapat menemukan daftar produk reksadana yang dapat Anda pilih. Buka satu persatu produk dan cara kerjanya mulai dari periode 1 hari, 1 bulan, 1 tahun, hingga 3 tahun.

Setelah memilih satu produk, maka saatnya mencari informasi lebih lanjut terkait tempat yang tepat untuk melakukan investasi, yakni website penerbit reksadana tersebut. Biasanya dalam nama produk reksadana juga telah tertera nama perusahaan penerbitnya.

Langlah selanjutnya yang harus dilakukan para pemula untuk investasi reksadana yakni melakukan bedah informasi terkait website manager. Carilah tab “Produk” untuk melihat produk reksadana yang diterbitkan. Maka produk reksadana yang Anda pilih akan muncul, kemudian baca dengan seksama informasi lengkap (prospektus) terkait produk tersebut.

Ketahuilah bahwasanya Prospektus reksadana yang lengkap paling tidak memuat informasi sebagai berikut:

1. Nama produk reksadana.

2. Kinerja produk dalam periode tertentu.

3. Kebijakan investasi, yang menyangkut tipe reksadana, kemana uang akan diinvestasikan (saham, obligasi atau pasar uang).

4. Biaya reksadana.

5. Tatacara pembelian dan penjualan.

6. Bank dan agen tempat pendaftaran dan pembelian reksadana.

7. Nomor kontak dan alamat manajer investasi.

Nah, apabila Anda tidak bisa mendownload atau mengunduhnya. Tenang, Anda bisa meminta untuk mengirim ke alamat email Anda. Dan, ingat sebaiknya hindari pembelian reksadana yang tidak memiliki prospektus online. Karena perusahaan yang baik dan terpercaya menyediakan informasi yang lengkap.

Jika Anda masih merasa belum cukup informasi, Anda bisa menggali lebih dalam dengan mendiskusikannya dengan bank/agen penjual reksadana ataupun tim marketing manajer investasi. Anda dapat menghubunginya melalui nomor telepon/kontak yang tertera dalam halaman website.

Dan, yang terakhir setelah mengetahui informasi ini, para pemula bisa langsung melakukan investasi reksadana. Sekarang ini untuk bisa ikut berinvestasi pada reksadana sudah sangat mudah sekali, karena investasi reksadana bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang telah disediakan, begitu juga untuk memonitornya para investor bisa memantau langsung baik di website maupun di monitor aplikasi. Syarat untuk bisa ikut investasi di reksadana juga sudah semakin ringan sehingga semakin memudahkan bagi siapapun yang ingin mengalokasikan dana pada reksadana.

Semoga informasi mengenai Investasi Reksadana bagi Pemula ini bisa bermanfaat. Selamat berinvestasi dan salam sukses menjadi investor cerdas memilih tempat investasi yang tepat dengan orang yang tepat pula untuk di serahkan mengelola uang kamu.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.