Inilah 3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha Ala Boy Thohir

0
49

Kunci Sukses Jadi Pengusaha Ala Boy Thohir

Sukses jadi pengusaha ada banyak sekali cara dan jalannya, setiap orang memiliki metode yang berbeda-beda. Menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah. Apalagi menjadi pengusaha yang sukses. Tentu ada banyak jatuh bangun, untung rugi, dan segala rintangan yang menghadang. Menjadi pengusaha berarti menciptakan peluang sukses untuk diri sendiri maupun orang lain. Yang menentukan kesuksesan adalah kita sendiri. Kita tidak bias asal menunggu gaji per bulan yang sudah pasti karena menjadi pengusaha berarti tidak ada yang pasti.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak mungkin meraih sukses menjadi pengusaha. Justru orang sukses dari menjadi pengusaha sangat banyak contohnya. Kita hanya perlu berinovasi dan belajar, belajar, belajar, dan terus belajar.Selain belajar terkait teknis pada usaha yang akan kita rintis, kita juga perlu dan sangat penting belajar dari pengalaman orang lain.

Ada banyak pengusaha sukses yang dapat kita jadikan contoh, kita ambil pelajaran pentingnya, dan kita jadikan motivasi diri untuk mengikuti jejak suksesnya. Salah satu pengusaha sukses yang dapat kita jadikan pelajaran adalah Garibaldi Thohir.

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini bernama lengkap Garibaldi Thohir (lahir di Jakarta, Indonesia, 1 Mei 1965) disebut-sebut sebagai pengusaha yang pendapatannya dapat mencapai 1 miliar Euro. Tentu itu nilai yang sangat fantastis. Boy Thohir yang merupakan Presiden Direktur PT Adaro Energy ini masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia ke-42 dengan kekayaan senilai US $ 605 juta pada tahun 2015, seperti dilansir majalah bergengsi Forbes.

Bukankah dia termasuk pengusaha yang sukses? Apa yang membuatnya dapat mencapai kesuksesan setinggi itu? Mari kita simak tips sukses ala Boy Thohir berikut ini.

  1. Bermimpilah, lalu wujudkan!

Boy Thohir, dalam acara Inspirato Liputan6.com di Jakarta, mengatakan bahwa Anda jangan melihatnya sebagai pengusaha sukses saat ini. Anda juga jangan melihat Adaro yang sekarang. Lihatlah dia dan Adaro di masa lalu. Boy Thohir merasakan kegagalan berkali-kali, jatuh berkali-kali.

Memulai usaha memang tidak mudah. Begitulah pengakuannya. Namun, yang tidak mudah bukan berarti mustahil. Bermimpilah lalu wujudkan. Anda boleh bermimpi apapun atau menjadi apapun karena mimpi itu gratis. Yang terpenting jangan berhenti sampai di mimpi saja.Wujudkan!

Mewujudkan mimpi inilah titik kesungguhan Anda. Kerja keras menjadi kuncinya. Tanpa kesungguhan, tekad yang kuat, dan kerja keras yang nyata, mustahil mimpi itu dapat terwujud. Oleh karena itu, mulailah bermimpi dan rencanakan strategi mewujudkan mimpi tersebut. Ketika Anda merasa lelah, ingat kembali mimpi itu dan tujuan Anda mewujudkan mimpi tersebut.

  1. Kreatif dan modifikasilah bisnis itu!

Menurut Boy Thohir, memilih bisnis tidak selalu harus yang benar-benar baru dan canggih. Berwirausaha tidak harus mencari sesuatu yang berbeda dengan kebanyakan orang. Justru ketika bisnis Anda terlalu canggih, pasar atau target Anda tidak terbidik secara tepat.

Banyak sekali bisnis yang sama tetapi hasilnya berbeda. Orang berjualan jilbab, makanan, jumlahnya tidak terhitung. Bahkan, yang mereka jual merupakan produk yang sama. Nyatanya, mereka tetap mendapatkan pelanggan dan meniti jalan sukses.

Yang  perlu Anda lakukan adalah berpikir kreatif dan memodifikasi bisnis tersebut. Meskipun bisnisnya sama, produk yang dijual sama, target pasarnya pun sama, masing-masing pelaku bisnis tentu memiliki strategi khusus atas bisnisnya.

Mereka memutar otak untuk kreatif menarik pasar dengan memodifikasi berbagai cara apapun terkait bisnis yang mereka rintis.

  1. Jangan takut gagal!

Tidak ada orang sukses yang instan. Tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal. Memutuskan menjadi pengusaha, berarti memutuskan untuk merasakan kegagalan. Latih mental Anda untuk bersikap biasa pada kegagalan. Dengan begitu, ketika gagal atau jatuh, Anda bias bangkit lagi dan lebih tegak menghadapi persoalan selanjutnya.

Anda harus siap mental untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Oleh karena itu, jangan pantang menyerah dan tegaklah berdiri ketika Anda terjatuh. Yakinlah pada potensi Anda dan jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk kesuksesan baru Anda.

Boy Thohir juga berpesan, jika gagal coba lagi. Jika Anda jatuh 10 kali, berarti Anda siap bangun 11 kali. Begitu seterusnya. Dengan begitu, kesuksesanlah yang akhirnya menghampiri Anda dan kegagalan mundur teratur dengan sendirinya.Hal berat untuk menjadi pengusaha sukses adalah frustasi. Orang yang mudah frustasi dan mudah menyerah akan sangat sulit mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 11 Film Tentang Bisnis Yang Sangat Menginspirasi Jadi Pengusaha

Jadi,  tentukan kesuksesan Anda saat ini juga. Menjadi sukses atau tidak adalah pilihan kita sendiri. Ketika memilih menjadi sukses, artinya kita sadar bahwa kita harus bekerja keras dan tidak mudah menyerah pada kegagalan. Selamat menjadi sukses!

LEAVE A REPLY