Metode Pendidikan Dalam Islam Pada Qur’an Surat AL Hajj Ayat 46

0
542

Metode Pendidikan Islam Dalam Al Qur’an Surat Al Hajj

Metode Pendidikan Dalam Islam Pada Qur'an Surat AL Hajj Ayat 46

Metode Pendidikan dalam Islam tetap akan menjadi metode terbaik sepanjang Masa karena apa yang bisa kita pelajari dari Metode Pendidikan dalam islam ialah berdasarkan sumber langsung dari Al Qur’an dan Hadist Nabis Yang Mulia Muhammad Sholullahu’alaiwassalam.

Masih satu topik dengan pembahasan sebelumnya seputar metode pendidikan dalam Islam yang kita ambil faedahnya dari Ayat – Ayat Al Qur’an berdasarkan Ilmu Tafsir.

Baca: Metode Pendidikan Islam Dalam Al Qur’an Surat Maryam Ayat 41-50

Metode Pendidikan dalam Islam kali ini faedahnya kita ambil dari Al Qur’an surat Al-Hajj ayat 46, Sebagaimana Firman Allah Ta’ala yang berbunyi:

Artinya : “Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu dengan hati yang mereka punyai itu mereka dapat memahami (hikmahnya) atau dengan telinga yang mereka punyai itu dapat mendengar (kisah nasib orang-orang terdahulu) yang dengan itu mereka mendengar peringatan?. Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.”

Untuk Penjelasan Tentang Makna Ayat ini, kami mengambil rujukan dari : At Tafsirul Muyassar, Saudi Arabia : Penerbit Kompleks Percetakan Al Quran Raja Fahd, 1425 H, Hal. 337 disana disebutkan bahwasanya Penjelasan umum Suart Al Hajj ayat ke 46 ini adalah bahwa kita diperintahkan agar mengambil pelajaran dari puing-puing sejarah peninggalan umat-umat terdahulu yang dibinasakan oleh Allah lantaran mereka telah melakukan kedurhakaan kepada Allah.

Kemudian Hendaknya kita semua sebagai umat Muslim Merenungi maknanya secara mendalam dengan akal pikiran yang jernih, memikirkannya serta mengambil pelajaran (i’tibar), nasehat dan menyimaknya penuh perhatian. Karena sesungguhnya yang buta itu bukan penglihatannya akan tetapi hatinya yang buta terhadap kebenaran dan dalam mengambil pelajaran.itulah yang sering menjadi sebab seseorang sulit menerima kebaikan dan kebenaran bila hatinya mati.

Baca: Metode Pendidikan Dalam Islam Faedah Quran Surat Az-Zumar Ayat 8-9

Diantara Faedah dan Hikmah dari Ayat 46 surat Al-Hajj diatas ialah:

Pertama: Dalam pendidikan islam juga mengakui bahwasanya adanya metode pendidikan Islam berlandaskan Al Qur’an dan Hadist yang dilakukan dengan cara Observasi kemudian dilanjutkan dengan adanya praktek langsung.

Kedua: Dalam pendidikan disana ada Penyimpulan inti pokok dari pembahasan permasalahan yang dipelajari.

Ketiga: Adanya Pembuktian kebenaran baik dengan metode penelitian dan merumuskan manfaat serta Hikmah dari setiap kejadian.

Keempat: Dalam Metode Pendidikan Islam mengakui adanya Istilah Pendataan dan rangkuman dari setiap pembelajaran yang bisa dituangkan dalam bentuk Worksheet.

Worksheet bisa diartikan sebagai selembaran rangkuman materi pelajaran.

Demikian Pembahasan mengenai Metode Pendidikan dalam islam yang kita ambil faedahnya dari Al Qur’an Surat Al-Hajj ayat 46. semoga bermanfaat. silahkan dishare semoga bernilai pahala.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.