Langkah Google Memerangi Situs Penyebar Berita Palsu Di Internet

0
298

Bangtohir.com – Semakin Maraknya beredar situs berita abal-abal belakangan ini ternyata google sudah memperhitungkannya dan sedang menyusun strategi untuk menendang maupun melenyapkan situs yang kerap eresahkan dan menyebar berita bohong di internet, Salah satu strategi google untuk membuat mereka hilang ialah dengan tidak mengizinkan pemilik situs abal-abal memasang iklan Adsense disana.

Langkah Google Memerangi Situs Penyebar Berita Palsu Di Internet
Langkah Google Memerangi Situs Penyebar Berita Palsu Di Internet

Seperti dilaporkan dari Wall Street Journal, Pihak Google akan melakukan metode untuk mencegah iklan Google adsense diletakkan di halaman situs web blog yang mengandung informasi atau berita palsu.

 

Kebijakan Google ini sepertinya dilakukan seiring beredarnya isu kalau layanan internet semacam Google, Facebook dan Twitter Turut berperan dalam menyebarkan informasi palsu yang menguntungkan bagi Donald Trump di Pilpres AS lalu.

 

Banyak yang menilai langkah google memerangi situs penyebar situs palsu ini masih nanggung. Karena Google sendiri belum ada rencana untuk membasmi peredaran situs palsu dari hasil pencarian search engine, Walau demikian karena pemilik situs palsu sudah tak lagi bisa meraih keuntungan maka mereka secara otomatis akan mengalami pelemahan dan lambat laun akan berkurang dengan sendirinya.

 

Seperti yang telah lama diketahui, bahwasanya Program Iklan adsense merupakan sumber uang yang besar bagi banyak media online. Karena memungkinkan para pemilik blog untuk meletakan atau memasang iklan di banyak situs yang ada setelah bergabung dengan program iklan adsense google.

 

Baca Juga: Google Hadirkan Jamboard, Papan Tulis Digital Berteknologi Canggih

 

Bukan hanya Google yang memiliki program membasmi konten palsu, Jejaring Sosial media seperti Facebook juga berjanji untuk memberantas informasi palsu yang sering muncul di news feed jejaring sosial terbesar dunia tersebut. Janji Pernah disampaikan langsung oleh CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg.

 

“Dari semua konten di Facebook, lebih dari 99% yang dilihat orang adalah otentik. Hanya jumlah sangat kecil merupakan hoax. Hoax itu memang ada dan tak terbatas pada satu pandangan partisan atau politik,” Kata Mark Zuckerberg.

 

Mark Juga menegaskan kalau mereka tidak ingin ada berita Hoax tersebar di facebook dengan begitu leluasa mengelabui pengguna disana, Karena tujuan facebook adalah ingin menyajikan konten yang berarti penuh manfaat kepada semua orang.

 

“Kami tak ingin ada hoax di Facebook. Tujuan kami adalah menunjukkan konten yang paling berarti bagi orang-orang dan mereka ingin berita akurat. Kami telah memungkinkan komunitas kami menandai berita hoax atau palsu dan masih banyak yang bisa kami lakukan. Kami telah membuat kemajuan dan kami akan terus bekerja untuk meningkatkannya,” tambahnya.

 

Akankah Arus tersebarnya berita Hoax alias palsu di kedua media online seperti Google dan Facebook yang sudah begitu banyak dan menjamur bisa teratasi? Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan janji dari kedua perusahaan teknologi besar ini.

Baca Juga: Perkembangan dan Persaingan Di Dunia Blogger Semakin Menggila

LEAVE A REPLY