Metode Pendidikan Islam Dari Faedah Al Quran Surat Al Maidah Ayat 90

0
347

Metode Pendidikan Islam Dalam Al Qur’an

Metode Pendidikan Islam Dari Faedah Al Quran Surat Al Maidah Ayat 90

Metode Pendidikan Islam dengan mengambil Faedah dari Kandungan ayat ke 90 dari surat Al maidah menjadi topik Pembahasan Tulisan kali ini masih sama seperti tulisan sebelumnya bahwa besar harapan kami pribadi dan secara umum harapan kita semua sebagai umat muslim setiap generasi peserta didik bisa mendapatkan pendidikan yang baik dari pendidik yang memiliki metode yang benar dan mampu membuat mereka paham apa yang diplajari.

Mari Kita terlebih dahulu mengetahui kembali apa yang Allah Ta’ala pernah sampaikan dalam Al Qur’an Karim yang berbunyi sebagai berikut:

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” – Q.S Al Maidah : 90

Menyelami Makna dari tafsir ayat diatas kita merujuk pada Kitab Ibid, hal.122, Penjelasannya adalah bahwa adanya sebuah seruan dari Allah kepada orang-orang yang beriman yaitu mereka yang membenarkan Allah dan rasulNya. Seruan itu berupa pemberitahuan bahwa khamr atau minuman keras (setiap yang menghilangkan kesadaran akal dan memabukan), berjudi, mengundi nasib dengan murahanah, berkorban untuk anshab(Sebuah tempat penyembelihan yang biasa dipakai kaum musyrikin dahulu sebagai bentuk pengagungan kepada tempat tersebut) adalah termasuk Perbuatan dosa karena itu semua merupakan perbuatan tazayyun (bujuk rayu) syetan. Dimana Dalam ayat ini juga ada perintah kepada kita untuk menjauhi perbuatan-perbuatan tersebut.

Faedah Yang Bisa diambil dari Ayat diatas untuk kemudian kita bisa terapkan dalam Metode Pendidikan Islam:

Pertama: Sebagai Seorang Pendidik pendidik dianjurkan untuk memberikan data lengkap untuk kemudian dikelompokkan sesuai dengan klasifikasi tema materi pembelajaran.

Kedua: Sebagai Seorang pendidik Kita dianjurkan untuk memberikan penjelaskan akan manfaat dan tujuan sebuah pembelajaran sehingga peserta didik tidak memperoleh ambiguitas (Tidak Jelas) maksud sebuah pembelajaran yang telah mereka jalani bersama pendidik.

Demikian dua Faedah Metode pendidikan islam dalam Al Qur’an Yang bisa kita ambil dalam Ayat 90 surat Al Maidah diatas semoga bisa menjadi pembantu bagi para pendidik untuk menjalankan metode pendidikan secara islam yang benar sesuai apa yang diajarkan dalam Al Qur’an dan Hadist.

Baca Juga: Metode Pendidikan Dalam Islam Pada Qur’an Surat AL Hajj Ayat 46

LEAVE A REPLY