Mengenal Apa Itu Investasi Saham Dan Cara Kerjanya

0
1875

Investasi Saham dan cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Investasi Saham Dan Cara Kerjanya
Investasi Saham dan Cara Kerjanya

 

Investasi Saham memang hingga hari ini masih menjadi pilihan bisnis untuk mengalokasikan kelebihan modal yang ada paling tepat dan menjanjikan keuntungan yang juga sangat fantastis, bagi para investor yang memang sudh berpengalaman dan paham tentang dunia investasi saham, mereka setiap haris harus berlomba-lomba dengan investor lain untuk menangkap peluang investasi demi meningkatkan penghasilan.

Investasi saham juga tidak seperti kebanyakan orang yang baru mengenal istilah saham, yang harus dimulai dengan modal besar serta sukar dipahami, karena investasi saham sangatlah mudah dijalankan bagi pemula sekalipun.

Untuk memulai investasi saham baik online maupun ofline dengan modal ratusan ribu saja sudah bisa ikut investasi saham sehingga menjadikan status kita sebagai investor saham, keuntungan juga begitu besar.

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja dalam investasi saha, alangkah baiknya jika kembali mengingat apa itu saham dan pengertian investasi saham.

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Jadi, saat anda membeli sebuah saham, maka anda menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Karena itulah Saham disebut sebagai surat berharga, karena saham anda me-representasikan kepemilikan anda di perusahaan yang anda miliki atau yang anda beli.

Pengertian Investasi Saham adalah Penanaman modal yang berhubungan dengan pembelian dan penimpanan saham pada sebuah pasar modal oleh seorang investor baik perorangan maupun perusahaan, dengan harapan akan mendapatkan deviden dan Capital again atau kenaikan nilai saham yang berimbah pada profit yang akan didapat Saat menjual saham tersebut.

Dua Cara saham memberikan keuntungan bagi Investor

1. Capital Gain (Keuntungan dari pertumbuhan nilai aset dan modalnya)

Keuntungan Modal atau keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga atau efek, seperti saham, obligasi atau dalam bidang properti, dimana nilainya melebihi harga pembelian.

2. Deviden (pembagian sebagian laba bersih untuk pemegang saham atau pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.).

 

Sistem Dan Cara Kerja Investasi Saham
Cara investasi saham sebenarnya cukup simple, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menyebutkan bahwa saham adalah suatu tanda penyertaan modal di perusahaan perseroan terbatas (PT). Artinya jika memiliki atau telah membeli saham di PT Trans Corp, Maka artinya kita telah ikut serta memodali perusahaan tersebut.

Karena Kita telah ikut memodali perusahaan PT Trans Corp, maka artinya juga kita memiliki Hak untuk hadir dalam rapat umum pemegang saham PT Trans Corp. Kita juga akan mendapatkan laba yang disebut Deviden sesuai aturan yang telah ditentukan.

Jika perusahaan tersebut mengalami kerugian, maka secara otomatis kita juga ikut rugi alias uang yang telah kita investasikan ikut terkikis, makanya peforma perusahaan tempat kita ivestasi sagatlah menentukan hasil yang akan di dapat.

Begitu juga saat performa perusahaan turun, otomatis harga sahamnya ikut merosot. Demikian juga sebaliknya.

Contoh: Jika kita beli saham 100 lembar saham dengan harga Rp10 ribu per lembar. Artinya, duit yang kita keluarkan Rp1 juta. Jika kemudian performa perusahaan naik dan harga saham meningkat menjadi Rp20 ribu per lembar, Maka nilai jual saham kita menjadi Rp2 juta.

Begitupun juga dengan Laba yang akan kita peroleh, saat performa perusahaan yang naik. maka dividen yang dibagikan ke pemegang saham otomatis ikut meningkat.

Jadi Tipsnya dari para master investasi saham adalah jangan investasi pada satu perusahaan saja, agar disaat satu perusahaan peformanya turun dan disi lain perusahaan lain sedang mengalami kenaikan, maka bisa menutupi kerugian yang terjadi pada perusahaan satu yang mengalami penurunan.

Baca artikel lainnya: Megetahui Pengertian SEO Website

Itulah sekilas pengenalan tentang apa itu investasi saham dan cara kerjanya, pada intinya untuk mulai investasi tidaklah harus dengan modal besar, kendati demikian, semakin besar modal maka keuntungan yang akan diperoleh dari investasi saham juga akan semakin besar.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.