Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

0
552

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools Untuk Mempercepat Index

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster tools pada pembahasan kali ini merupakan hal penting yang perlu anda ketahui dan di lakukan sebagai seorang blogger agar blog atau website anda cepat di indext oleh mesih pencarian terutama google. Cara mendaftarkan blog ke google webmaster juga salah satu tekhnik SEO yang paling dasar.

Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster tools secara khusus yang akan saya bahas disini adalah untuk blog berbasis blogspot, sedangkan untuk blog atau website wordpress aka nada pembahasan tersendiri pada kesempatan artikel lainnya bagaimana cara mendaftarkan blog wordpress ke google webmaster.

Mungkin timbul pertanyaan di benak anda apakah wajib mendaftarkan blog ke google webmaster?…

sebenarnya kalau tujuan anda hanya untuk punya blog saja atau tidak berpikir ingin agar blog anda banyak pengunjung dan mudah di temukan oleh pembaca di google melakukan cara mendaftarkan blog di google webmaster tidaklah begitu penting. Karena seiring berjalannya waktu dan usia blog anda semakin tua, secara automatis akan ke index dengan sendirinya oleh mesin pencari google, tapi itu memerlukan waktu yang lama.

Berbeda ketika anda ingin menjadikan blog anda cepat di index dan berharap bisa di kunjungin banyak orang melalui google, maka melakukan cara mendaftarkan blog ke google webmaster sangat di perlukan untuk mempercepat index blog milik anda, sehingga cepat meraih kedudukan pertama di halaman pencarian google.

Dengan Menerapkan Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster tools maka blog anda akan lebih gampang naik di halaman pencarian google ketika orang lain melakukan pencarian di google dan di blog anda ada artikel yang membahas apa yang orang cari, maka tidak menutup kemungkinan blog anda yang muncul paling atas di halaman google dan berkesempatan mendapatkan klik pengunjung untuk bertamu ke blog anda.

Berikut cara mendaftarkan blog ke google webmastertool dengan cepat dan mudah :

1. Anda Harus Punya Akun Email Gmail terlebih dahulu yang digunakan untuk membuat blog atau gmail khusus untuk melakukan pendaftaran di google webmastertools.

2. Login Ke google Webmastertool menggunakan akun gmail lewat url ini: www.google.com/webmasters/tools

3. Klik Tulisan “Add a Site” atau “Tambahkan Situs” atau “Tambahkan Properti” di tulisan Pojok Kanan

Tambahkan Blog

4. Masukan Url Blog anda secara Lengkap lalu klik save

Masukan Url Blog Lengkap
ambil url blog anda dari browser dan pastekan ke kolom

5. Tunggu loading beberapa saat sampai Blog Anda Muncul di Beranda akun webmaster milik anda. Selesai disini Cara mudah menambahkan blog ke google webmaster tools. Tapi masih ada langkah selanjutnya yaitu Proses verifikasi kepemilikan situs atau blog.

Secara Otomastis Kamu akan diminta melakukan verifikasi kepemilikan situs saat itu. sebaiknya juga segera dilakukan verifikasi atau jika belum sempat bisa di waktu lain.

Namun, selama blog yang telah di daftarkan belum terverifikasi maka blog kamu masih terus diminta untuk di verfikasi agar keberadaannya diakaui google sebagai blog milik kamu dan cepat di index mesin pencari.

Selanjutnya Melakukan verifikasi Blog Di Google WebmasterTools:

Website atau blog yang sudah di daftarkan ke webmastertools perlu dilakukan verifikasi kepemilikan agar cepat terindex dan diakui keberadaannya di mesin pencarian google. Cara melakukan verifikasi blog di google webmaster tool juga cukup mudah.

Pada Saat tadi setelah mendaftarkan blog kita ke google webmaster tools, secara otomatis akan di arahkan kehalaman seperti pada gambar dibawah ini:

Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools

Perhatikan, Berikut Keterangan Nomor Pada Gambar:

1: Klik “Metode Alternatif“. Ini cara paling mudah verifikasi blog.

2: Klik atau pilih “Tag Html”.

3: Copy dan Pastekan Kode verifikasi tersebut kedalam Kode HTML Template Blog kamu.

Cara menempatkan kode seperti diatas, kamu login ke blog kamu, Pilih “Template” – Klik “Edit HTML”.

Masukan Kode Verifikasi Blog

4. Pastekan Kode verifikasi dari halaman webmaster tools tadi tepat dibawah kode <Head>

Pastekan Kode Verifikasi Blog

Setelah dipastekan dibawah <Head> silahkan Klik SAVE kembali pada template. Lemudian kembali lagi pada proses verifikasi webmaster tools dan Klik “Verifikasi” pada Nomer 4 diatas.

*** Jika Kamu meletakan Kode verifikasi seperti pada gambar atau tepat maka akan keluar tulisan ” Succes”, Tapi terkadang Kode tadi gak langsung kebaca sehingga gagal dan perlu diulang klik Verifikasi setelah beberapa saat hingga terbaca kalau kode tadi telah ada di blog kamu.

Jika belum ada tulisan succes anda kereksi lagi apakah menempatkan kode Meta Tag tadi sudah benar atau belum. kalau sudah pas pasti berhasil kalau salah atau ada yang tidak Copy pastekan maka akan gagal, jika gagal ulangi lagi dengan cara yang berbeda dan sesuai yang disarankan.

Demikianlah panduan Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster tools, jika sudah berhasil dengan begitu blog anda akan dengan cepat di index oleh mesih pencari google dan membantu anda dalam menduduki peringkat di halaman google, tentunya memudahkan dalam menjaring pengunjung ke blog kalau sudah ada di halaman pertama pencarian google.

Setelah berhasil Mendaftarkan Blog Ke Google webmaster Tools, selanjutnya Yang Harus anda lakukan adalah Mendatarkan atau menambahkan Peta Situs / Sitemap Blog anda ke Google Webmaster Tools Juga. Fungsinya untuk memberikan laporan Semua Isi Postingan di Blog Anda. Caranya bisa anda baca pada Postingan saya di : Cara Menambahkan SiteMap Ke Google Webmaster Tools

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.