2 Strategi SEO Pendukung Keberhasilan Toko Online

0
568

Strategi SEO Pendukung Keberhasilan Website Toko Online

2 STRATEGI SEO PENDUKUNG KEBERHASILAN TOKO ONLINE
Bangtohir.Com – Peran SEO (Search Engine Opimation) dalam pengembangan dan membangun website tak terkecuali toko online merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh para pemilik website dan toko online. mengapa bang tohir katakan sangat penting? karena SEO merupakan strategi yang akan menghemat waktu anda dalam jangka panjang bila berhasil menerapkannya. selain itu pengaruh SEO dalam internet marketing Juga akan menghemat biaya anda dalam melakukan promosi website toko online.

Pada kesempatan sebelumnya telah sedikit saya bahas bahwasanya SEO ( Search Engine Optimation) adalah strategi yang paling powerfull untuk menaikan posisi anda di mesin pencari seperti google, Bing, yahoo dan mesin penelusur lainnya. bila penerapan SEO website anda benar dan berhasil membawa posisi website anda di halaman pertama Search Engine maka anda tidak perlu banyak melakukan promosi berbayar bila kata kunci yang anda target memang benar – benar ada pengunjung yang mencari atau mengetikan kata tersebut di halaman pencarian google dan lainnya.

Berikut ada Dua Hal Utama yang sangat berpengaruh sekali dalam melakukan strategi SEO toko online, diantaranya ialah:

1. SEO ON-PAGE

Seo Onpage adalah Semua kegiatan Opimasi yang dilakukan didalam website toko online anda, baik berupa Judul, Tag, Deskripsi, Konten, hading Tag, Setingan Plugin, pemilihan template yang Friendly, Mudah diakses dan cepat loadingnya serta hal lainnya yang berkaitan dengan optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda.

A. SEO ON-PAGE (Setting Up)

Plugin SEO By Yoast ( perlu diseting dengan benar, anda bisa mencari referensi cara seting plugin Yoast di forum internet Marketing Indonesia Ads.id atau langsung merujuk pada situs developer pembuat plugin SEO yoast), bang tohir sendiri untuk cara seting plugin yoast mencari rujukan pada situs orang barat alias situs bule di google.

Plugin Jetpack : plugin ini lebih banyak difungsikan untuk melakukan share otomatis ke banyak media sosial milik kita setiap kali melakukan posting artikel maupun produk diwebsite, bisa juga untuk membantu kebutuhan SEo seperti pengaturan percepatan loading dan lainnya. Cara menyeting plugin ini pada kesempatan lain akan kita bahas, InsyaAllah.

Setting Permalink : custom: /%postname% atau : /%postname%.html ( (ini berkaitan dengan struktur Url setiap postingan di website kita.)

B. SEO ON-PAGE (Article to do list)
beberapa hal penting untuk dilakukan dalam penerapan Seo Onpage setelah melakukan setingan diatas, diantaranya:

  • Menulis Artikel Minimal 400 kata
  • Title mengandung keyword, min. 40 karakter
  • Meta description mengandung keyword, max 150 kata
  • Keyword muncul di url artikel
  • Keyword turunan muncul di H2 ( H2 / heading Two adalah sub judul setelah judul utama artikel)
  • Keyword density 2.81%
  • 1 link keluar, ke authority site
  • Bold 1 keyword utama dan 1 keyword turunan
  • ALT image diisi keyword
  • Set image link to attachment page
  • 1 link ke artikel lain
  • Internal Linking (struktur link to link antar artikel postingan dan produk)

Lihat Gambar contoh penerapan Internal link setiap postingan:

2 STRATEGI SEO PENDUKUNG KEBERHASILAN TOKO ONLINE

Model Struktur Internal Linking sistem piramid, jika anda kenal dunia Bisnis MLM maka seperti itulah strukturnya.

Keterangan Gambar SEO On-page Internal Link:
Saat melakukan posting artikel di toko online anda, tentukan terlebih dahulu kata kunci yang akan digunakan untuk menulis artikel utama, Artikel Utama menjadi postingan pertama kali di website toko online anda.

Selanjutnya, artikel ke – 2, artikel ke -3 dan artikel ke – 4 diposting lalu masing – masing di buat internal link yang menuju ke artikel utama.

Begitu juga penerapan untuk artikel ke – 5 dan selanjutnya disuruh ngelink ke artikel diatasnya setiap satu artikel di durung oleh 3 atau lebih artikel dibawahnya, sesuai gambar diatas.
Sistem internal Link ini dikenal dengan Istilan SEO Onpage Internal Link Piramid

Note : jika anda konsisten menerapkan metode internal link ini pada setiap postingan artikel maupun postingan produk dengan jumlah kata pada artikel minimal > 400 kata maka, tanpa bantuan SEO OffPage sekalipun jika artikel anda sudah mencapai ratusan sudah mampu menjaring Ribuan Pengunjung / visitor ke toko online anda.

 

2. SEO OFF-PAGE
SEO OFF PAGE adalah kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu semua kegiatan optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda, lebih banyak dalam hal ini bagaimana caranya bisa mendapatkan backlin (adanya link dari situs lain yang mengarah ke website toko online kita).

Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan memanfaatkan Market Place.

Submit produk ke marketplace :

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • FJB Kaskus
  • Olx.co.id
  • Share ke media sosial seperti Twitter,FB, Tumblr,linkedin,google plus dan juga website sosial news dan website sosial boorkmark.
  • Bikin dumy blog, artinya membuat blog – blog gratisan untuk memberikan backlink kepada website toko online anda. jika tidak mau ribet bisa menggunakan jasa penyedia backlink berkualitas (Optional).

Dalam strategi melakukan SEO OFF-PAGE sebenarnya sangatlah banyak, tapi bila penerapan SEO ON-PAGE anda judah bagus dan maksimal dilakukan dengan benar maka tanpa SEO OFF-PAGE pun sebenarnya sudah mampu membawa website toko online anda naik dihalaman pertama mesin pencarian.

Pada Intinya Dalam SEO Website Skornya terbagi dua: 75% Untuk SEO On Page dan 25% Untuk Off-Page

Jika strategi SEO anda berhasil maka bersiaplah untuk sibuk setiap hari anda mendapatkan orderan dari konsumen anda.

Demikian sekilas mengenai SEO yang perlu diterapkan pada Toko Online kali ini, untuk pembahasan secara detail bagaimana cara melakukan settingan dan lainnya akan ada pada pembahasan berikutnya atau anda juga sudah bisa memulai untuk mencari – cari di google terkain strategi Seo website.

** Jika ada pembahasan atau penjelasan yang kurang dipahami jangan segan atau malu untuk bertanya langsung kepada kami melali komentar dibawah artikel ini.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.