3 Macam Investasi Online Saham Syariah Di Indonesia

0
29

Investasi Online Saham Syariah

Investasi Online Saham Syariah
Investasi Online – Ilustrasi

Investasi Online maupun Offline kini tengah menjadi hal yang sangat penting dilakukan bagi siapapun yang ingin assetnya bisa bertambah dan dialokasikan pada bisnis yang tepat dan menjanjikan keuntungan besar. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, investasi dapat dilakukan secara online. Bahkan di dalam Islam pun dianjurkan agar umatnya melakukan investasi online saham syariah, agar harta yang mereka miliki dapat terus berputar dan bertambah, sehingga dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Investasi online saham syariah ini diminati oleh masyarakat, khususnya umat muslim karena merupakan investasi halal, yang tidak mengandung unsur riba, gharar, serta bukan bersifat judi.

Investasi online saham syariah ini menjadi pilihan, bagi Anda yang ragu memilih investasi konvensional. Karena selain berkah, investasi ini juga menguntungkan. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, menjadikan investasi online saham syariah banyak digunakan daripada investasi konvensional.

Investasi ini menggunakan sistem bagi hasil, bukan sistem bunga. Inilah salah satu yang menjadikan Investasi online sahan syariah diminati oleh masyarakat. Selain itu, investasi ini juga dapat dilakukan mulai dari pemilik modah menengah ke bawah hingga pemilik modal besar.

Sebelumnya kami juga telah menghadirkan pembahasan mengenai: 5 Jenis Perdagangan Saham Paling Populer Tentukan Pilihanmu

Jika Anda tertarik dengan Investasi online saham syariah, investasi ini menawarkan 3 pilihan investasi, yakni:

1. Pasar Modal Syariah

Pasar modal syariah memungkinkan para investor untuk melakukan trading online berbasis syariah. Bagi Anda yang ingin melihat daftar saham syariah, Anda dapat melihatnya di Bursa Efek Jakarta. Kemudian Anda dapat menentukan pilihan. Anda dapat melakukan transaksi pembelihan dan penjualan saham syariah secara online. Dan saham-saham syariah tersebut akan diawasi dan dievaluasi oleh Dewan Syariah Nasional MUI, Otoritas Jasa Keuangan secara langsung.

2. Reksadana Syariah

Pilihan selanjutnya adalah Reksadana Syariah. Untuk melakukan investasi ini, Anda diwajibkan untuk menyetorkan dana kepada manajer investasi secara online. Yang nantinya akan dikelola dan diputar berdasarkan prinsip hukum syariah. Misalnya untuk obligasi, pasar modal, saham ataupun pasar uang.

Baca: 5 Keuntungan Investasi Reksadana Dari Investasi Lain

Bahkan akhir-akhir ini telah banyak berbagai investasi reksadana syariah yang bermunculan, seperti bareksa.com, PT Buana Capital, Ipotfund. Untuk melakukan investasi ini, investor perlu membuat rekening baru untuk dana investasi secara gratis dan dana tersebut akan disimpan ke Bank Cental Asia (BCA). Perlu diketahui, bahwa dana investasi yang tersimpan di bank tidak dikenai biaya administrasi.

Selain itu  Investasi online saham syariah tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan dengan modal awal Rp 300.000,00, Anda sudah bisa menjalankan Investasi online saham syariah ini.

3. Saham Syariah

Investasi saham syariah merupakan investasi jangka menengah dan jangka panjang. Cara melakukannya pun sama dengan investasi pada umumnya, Anda tinggal membuat rekening baru di bank. Selanjutnya, hubungi perusahaan sekuritas yang telah dipilih untuk mulai menanam saham syariah, yang dapat Anda lakukan secara online, dengan syarat menyetorkan fotocopy/scan KTP, mengisi aplikasi formulir, fotocopy/scan NPWP. Kemudian membuat rekening saham dengan modal awal 1 juta.

Setelah mengetahui jenis investasi saham syariah, sekarang saatnya Anda memilih investasi online saham syariah. Pilih dan belilah saham yang berpotensi memberikan keuntungan. Perhatikan dengan cermat bagaimana performa perusahaan yang akan Anda beli sahamnya.

Anda juga bisa memantau grafik performa perusahaan tersebut dengan menggunakan aplikasi investasi online saham syariah yang dapat Anda unduh. Jika Anda telah mengetahui jejak rekam dan keuntungan dari perusahaan tersebut, maka selanjutnya Anda dapat membeli saham perusahaan melalui broker saham.

Itulah informasi mengenai tiga macam model Investasi online saham syariah yang bisa dijadikan rujukan ataupun pilihan bagi anda semua, diantara ketiga bentuk investasi syari’ah diatas tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu diperlukan strategi yang lebih cermat dalam mengambil keputusan mau ikut perusahaan sekuritas syariah yang mana meurut anda bisa membawa memperoleh keuntungan besar dan konsisten agar investasi online saham syariah tidak sia-sia. Semua bisa dipelajari dengan mudah pada blog dari masing-masing pengelola investasi saham online diatas.

LEAVE A REPLY