Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri Dari Godaddy

0
121

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri Kurang Dari 5 Menit

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri Dari Godaddy
Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri Dari Godaddy

Bangtohir.com – Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri hanya dalam waktu kurang dari 5 menit, mungkin terdengar seperti tidak mungkin. Tapi memang kenyataannya seperti dan bisa dilakukan dengan Mudah.

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri ini hanya bisa dilakukan oleh blogger atau siapapun yang memiliki blog dari blogger atau blogspot kemudian ingin mengganti tulisan “blogspot.com” dengan nama domain yang dimiliki, seperti: Com, xyz, net, info, Co, co.id dan lainnya.

Contoh: Domain asli blog kamu urlnya seperti : namadomain.blogspot.com kemudian ingin mengganti nama domain blogspot ke domain sendiri sehingga menjadi : namadomain.com atau lainnya.

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri ini juga disebut dengan istilah “Custom Domain” kalau di dunia blogger, sehingga url blog menjadi lebih singkat dan gampang diingat.

“Adapun manfaat mengganti nama domain blogspot ke domain sendiri selain sebagai bukti keseriusan kita ingin menjadi blogger, juga akan menambah nilai dan kualitas blog kita di mata google, karena jika kita terus – terusan numpang di google denga domain ada akhiran blogspotnya bisa jadi sesuka mereka untuk menendang blog kita, terlebih jika sudah banyak sekali pengunjungnya.”

Oke Kembali ke Topik Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri dengan mudah hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Satu Hal yang wajib diketahui jika kamu ingin menghubungkan domain yang kamu punya ke blogspot hanya dalam waktu sigkat tanpa ribet adalah DOMAIN yang akan digunakan untuk mengganti domain blog blogspot menjadi com, net atau lainnya harus dibeli dari godaddy dan lainnya.

Mengapa domain yang kita miliki harus dibeli dari beberapa penyedia domain yang telah kami sebutkan diatas? karena memang mereka sudah terdaftar di google webmastertool sehingga bisa di identifikasi oleh webmaster tool atau google consule.

Itulah yang akan membuat proses mengganti nama domain blogspot ke domain sendiri menjadi lebih singkat tanpa ribet.

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama: Silahkan Login ke Blogger.com dan siapkan nama domain yang telah kamu beli.

Langkah Kedua: Klik Setting/pengaturan – basic / Dasar – Kemudian Klik “+ Setup a 3rd party URL for your blog” . lihat Gambar berikut:

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri 01

Langkah Ketiga: Selanjutnya masukan nama domain premium yang telah kamu beli kedalam kolom seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mengganti Nama Domai Blogspot Dengan Domai Sendiri

*** Ingat! Masuka “Pake www sebelum nama domain” agar nanti “Bisa Diakses” dengan dua url, dengan www dan tanpa www.

Langkah Keempat: Selajutnya jika sudah dimasukan nama domain, klik SAVE. dan akan Muncul tulisan error seperti pada gambar Berikut:

Cara Custom Domain Blogspot

Catatan:

Perhatikan tulisan yang bangtohir kasi “kotak Merah” atau tulisan “ghs.google.com“,.

Langkah Kelima: Karena Panduan ini khusus untuk Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri yang kita beli dari Godaddy.com maka silahkan login ke akun Godaddy Kamu. Selanjutnya Klik “Domain” – Pilih Nama domain yang ingin kamu hubungkan ke blogspot Klik “KELOLA DNS” seperti pada Gambar Berikut:

Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri dari Godaddy

Langkah Keenam: Selanjutnya setelah kamu klik Kelola DNS akan muncul tampilan seperti pada Gambar berikut:

Cara Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Milik Sendiri

Lihat tulisan di dalam kotak merah kecil, ganti “@” dengan tulisan “ghs.google.com” lalu simpan. Untuk mengeditnya klik tanda pensil sepeti ditunjukan oleh paah merah pada gambar.

Adapun Nomer yang saya kasi Kotak Biru adalah IP adsress, biasanya kalau sudah keseringan melakukan custom domain atau menautkan ke blogspot diminta IP Address baru.

Tapi itu sangat jarang sekali terjadi, Kalaupun diminta. Kamu bisa Gunakan salah satu dari IP Address berikut yang khusus untuk DNS Godaddy:

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

***Jika Tidak ada error pada IPD address jangan diapa-apain, karena ini hanyalah opsi tambahan saja.

Next… Setelah kamu menambahkan CNAME dengan ghs.google.com langkah selanjutya kembali ke blogger yang tadi domain belum berhasi di save di verifikasi.

Langkah Ketujuh: Silahkan klik tulisan “here” seperti yang telah saya sebutkan pada penjelasan Gambar di langkah keempat diatas.

Saat Kamu Klik Tulisan “Here” secara otomatis kamu akan dibawa kehalaman webmastertool, dan akan muncul komfirmasi permintaan verifikasi seperti pada gambar berikut.

Cara Custom Domain Blogspot Dari Godaddy

*** Pada Menu Dropdown kamu pilih “Godaddy” jika domain kamu beli dari godaddy, atau pilih nama lain sesuai dimana kamu membeli, tentunya dengan syarat penyedia domain kamu juga harus sudah terdaftar di webmastertools google, karena sebagain penyedia domain di indonesia belum ada terdaftar pada menu verfikasi ini.

Setelah kamu pilih godaddy, silahkan klik verify dan kamu diminta login ke akun godaddy kamu jika belum login, selanjutnya tunggu proses verifikasi berlangsung hanya beberapa saat jika konekasi internet kamu lancar dan kencang.

Kalau Internet Kamu Kenceng dan Lancar hanya sekali proses maka proses verifkasi sudah berhasil dan selesai serta langsung bisa langsung menuju ke bagian setingan domain di blogspot tadi lalu klik Save pada blogspot.

Langkah delapan: Setelah kamu Klik Save dan berhasil maka akan seperti pada gambar berikut tampilannya.

Custom Domain Blogspot

*** Sebenarnya sampai disini kamu sudah berhasil mengganti domain blogspot ke domain sendiri dari Godaddy. Tapi, masih ada satu langkah lagi supaya proses derict url makin mantap dan bisa diakses dari url: Tanpa maupun dengan www seperti telah dijelaskan diatas.

Langkah terakhir yaitu: Kamu Klik Tulisan “EDIT” dan Centang kolom kecil seperti pada gambar berikut:

Cara Cutsom domain Blogspot Ke domain TLD

Setelah kamu centang, silahkan klik SAVE lagi dan selesailah sudah Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri dari godaddy sampai disini.

Selamat!… Kamu Sudah berhasil menerapkan Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri dari godaddy dengan mudah dan cepat. Selanjutnya silahkan kamu test akses blog dengan domain lama dan otomatis akan diarahkan ke domain baru kamu tetap dengan blog yang sama.

Sebenarnya memang sangatlah mudah sekali Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri dengan metode ini serta tidak ribet..hanya saja jika masih pemula atau baru pertama kali perlu memahami step by stepnya, nanti kalau sudah bisa sekali kamu bahkan bisa mengganti domain blogspot ke domain sendiri hanya dalam waktu kurang dari lima menit selesai.

Baca Juga Artikel Lainnya: Penilaian Pria Ketika Menggoda Dan Mencintai Wanita

Terakhir, jika kamu masih belum paham juga dengan penjelasan panjang Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri diatas dan memerlukan bantuan kami, jangan sungkan untuk menghubungi tim dari bangtohir.com ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tips blogger lainnya, jika blog kamu belum pernah di daftarkan ke webmastertools google, maka daftarkan sekarang juga agar lebih greget.. caranya cukup mudah kok, baca: Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

LEAVE A REPLY