Selasa, 14 November 2023

Alasan Pentingnya Membeli Tanah: Investasi Masa Depan yang Tak Tertandingi

Pentingnya membeli tanah dari sekarang jika tidak ingin kesulitan dimasa depan

Pentingnya Membeli Tanah

Membeli tanah bagi sebagian orang sering menjadi pemikiran nomor sekian, Padahal sebaliknya membeli tanah justru lebih penting untuk diutamakan ketimbang membeli kendaraan. Kenapa?

Karena Tanah merupakan elemen penting yang berperan menjadikan kehidupan manusia kedepannya menjadi lebih mudah membangun tempat tinggal dan kemudian ada tempat untuk menyimpan semua aset kendaraan yang dimiliki.

Membeli tanah sangat penting dipikirkan lebih awal karena pergesaran lokasi atau wilayah sangatlah pesan dengan perkembangan suatu wilayah, hal tersebut tentu akan memicu harga tanah semakin kedepan akan semakin mahal dan susah untuk didapatkan.

Jika Anda merupakan orang yang berpikiran jauh kedepan, maka membeli tanah akan menjadi hal yang penting, karena tanah bukan hanya soal kehidupan saat ini tapi bagaimana kehidupan generasi penerus kita selanjutnya.

Jika Hari ini Anda tidak memperbanyak menabung aset tanah dengan membeli sedikit demi sedikit, maka dapat dipastikan kedepannya generasi keturunan Anda akan merasa sulit mendapatkan tanah, jikalaupun ada yang dijual tentunya mereka harus keluar banyak uang dibandingkan sekarang.

Berikut ini keuntungan membeli tanah yang dapat Anda pertimbangkan

Pertama: Tanah tidak pernah bertambah justru berkurang setiap hari

Tanah semakin hari semakin terbatas ketersediaannya, karena tanah tidak bisa bertambah, malah sebaliknya akan terus berkurang dengan bertambahnya penduduk dan bangunan yang setiap detiknya selalu ada bangunan baru.

Kedua: Harga Tanah selalu mengalami kenaikan

Tanah tidak akan pernah turun harga kecuali disaat pemilik tanah yang dijual dalam keadaan kepepet uang, itu pun momen yang jarang ditemukan, jika Anda hanya ingin membeli tanah dimoment orang lain lagi butuh uang.

Tanah memiliki kecenderungan untuk meningkat nilainya seiring waktu. Sementara nilai properti lain mungkin fluktuatif, tanah cenderung bertahan dan bahkan meningkat seiring dengan perkembangan wilayah. Dengan demikian, investasi dalam tanah tidak hanya memberikan keamanan finansial, tetapi juga potensi keuntungan jangka panjang.

Ketiga: Tanah tidak kawatir hilang dan tidak perlu dijaga setiap waktu

Membeli tanah tidak akan membuat anda kawatir hilang selama tanah yang Anda beli adalah tanah yang memiliki legalitas valid dan resmi dari Kantor pertanahan. Tanah tidak bisa dicuri, bahkan hal terburuknya jika tanah Anda dipakai oleh orang lain untuk bangun rumah Anda bisa menuntut orang tersebut atau justru bisa menyuruh mereka membelinya sekalian dengan penawaran tertinggi Anda.

Keempat: Bisa Menjadi Warisan berharga dan membanggakan

Tanah bisa diwariskan dan akan menjadi warisan yang sangat berharga dalam hal harta, karena bagaimanapun juga anak keturunan Anda pasti membutuhkan tanah tempat mereka bangun rumah nantinya, bayangkan jika Anda meninggalkan generasi tanpa memiliki tanah dan memaksa mereka harus hidup dirumah kontrakan karena tidak ada tempat membangun rumah.

Kelima: Bisa dijadikan Agunan ketika dilanda kesulitan ekonomi

Tanah bisa dijadikan jaminan ketika Anda mengalami kesulitan ekonomi, dengan menjadikan tanah sebagai Agunan pinjaman anda bisa mendapatkan dana talangan sesuai nilai tanah yang Anda punya.

Keenam: Pengembangan Infrastruktur dan Urbanisasi

Seiring dengan pertumbuhan populasi dan perkembangan ekonomi, wilayah-wilayah tertentu mengalami urbanisasi dan pengembangan infrastruktur. Tanah yang terletak di lokasi strategis dapat menjadi magnet investasi, karena dapat dijual atau disewakan untuk pengembangan komersial atau perumahan. Hal tersebut bisa menjadi sumber pemasukan rutin anda ketika disewakan.

Ketujuh: Kebebasan Kreatif dan Pembangunan Pribadi

Beli tanah juga membuka peluang untuk ekspresi kreatif dan pembangunan pribadi. Dengan memiliki sebidang tanah, Anda memiliki kebebasan untuk merancang dan membangun sesuai dengan visi dan keinginan pribadi Anda. Ini tidak hanya memberikan kepuasan estetika, tetapi juga meningkatkan nilai properti secara keseluruhan.

Kedelapan: Diversifikasi Portofolio Investasi

Investasi yang baik adalah investasi yang terdiversifikasi. Membeli tanah dapat menjadi cara yang efektif untuk mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Sementara saham dan obligasi rentan terhadap fluktuasi pasar, tanah memberikan stabilitas tambahan dan dapat berfungsi sebagai lapisan perlindungan terhadap ketidakpastian ekonomi.

Ingat kata orang bijak: "Investasi terbaik di Bumi adalah berinvestasi pada tanah" - Louis Glickman.

Hal-Hal Ini Penting untuk Anda Perhatikan Juga sebelum membeli tanah

  1. Pastikan Anda sudah mengecek keaslian dan validasi legalitas tanah yang anda beli sebelum memutuskan untuk membeli tanah tersebut.Hal ini bisa langsung anda cek ke bagian kantor BPN dan menanyakan pada masyarakat setempat serta kantor desa atau kelurahan.
  2. Pastikan ukuran tanah dilapangan sesuai dengan yang tertera pada legalitas, jika ada kelebihan atau kekuranagn pastikan itu semua aman. Karena terkadang memang sering terjadi di sertifikat ada kekurangan dan kelebihan luas tapi dilapangan tidak bermasalah.
  3. Pastikan orang yang menjual tanah kepada Anda adalah orang yang amanah dan tidak pernah tersangkut masalah tanah yang merugikan orang lain.
  4. Pastikan Anda mendapatkan AJB (Akta Jual beli) atau SPJB (Surat Perjanjian Jual Beli) maupun kwitansi transaksi dan juga legalitas yang resmi dan valid saat transaksi jual beli tanah, jika tidak bisa langsung anda pun harus memastikan waktu kapan bisa diterima legalitas tanahnya, karena sebagian tanah seperti tanah kapling tidak langsung tersedia sertifikatnya disebabkan adanya proses pemecahan sertifikat yang membutuhkan waktu cukup panjang dan ini umum terjadi, tapi tetap Anda harus memastikan pengelola tanah adalah orang yang bisa dipercaya atau tidak.
Kesimpulannya membeli tanah bukan hanya sekadar transaksi properti, tetapi sebuah keputusan strategis yang melibatkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Keputusan Anda hari ini berperan sangat penting untuk menciptakan jejak masa depan, memberikan kestabilan finansial, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, ketika Anda mempertimbangkan investasi, pertimbangkanlah untuk beli tanah - langkah menuju masa depan yang kokoh dan berkelanjutan. Salam Investasi tanah dengan cara aman dan menguntungkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Alasan Pentingnya Membeli Tanah: Investasi Masa Depan yang Tak Tertandingi

0 comments:

Posting Komentar