Youtube Update Kebijakan Monetisasi Video Baru

0
40

Kebijakan Monetisasi Video terbaru

Youtube yang merupakan platform berbagi konten video semakin kesini semakin mengalami perubahan kebijakan, beberapa fitur dan tampilan juga ada perubahan yang artinya pihak youtube memang sedang melakukan update besar-besaran di tahun 2017 ini.

Bagi para youtuber dan pemain youtube yang sudah terdaftar menjadi partner adsense youtube tentunya sudah sangat paham apa itu monetisasi dan bagaimana sistem kerjanya, namun yang menjadi topik bahasan tulisan bang tohir kali ini adalah kebijakan monetisasi terbaru dari youtube terhadap icon monetisasi.

Baca: 4 Peraturan Baru dari Youtube Jika Ingin Mendaftar Adsense Youtube

Beberapa waktu lalu, sebelum kebijakan monetisasi video dikeluarkan saya sempat mengajukan pertanyaan di forum youtube academy tentang icon monetisasi video yang baru di upload, dimana sebelumnya kalau kita sudah terdaftar menjadi partner adsense youtube setiap melakukan upload video baru dan original ketika mengaktifkan monetisasi langsung muncul icon berwarna hijau, namun saya mengalami hal berbeda untuk beberapa channel, setiap kali upload video baru original icon monetisasi yang tadinya Hijau berubah jadi icon berwarna kuning. Saya bertanya apakah itu memang aturan baru dari youtube untuk video yang baru diupload?… Jawaban dari manajer forum perwakilan youtube belum memutuskan adanya kebijakan dan disuruh mengajukan peninjuan manual.

Pertanyaan saya terjawab sudah akhirnya dengan adanya update terbaru dari youtube berikut:

Kebijakan Monetisasi Video Terbaru Dari Youtube
Update Kebijakan Monetisasi Video Terbaru Dari Youtube

Dari gambar yang saya screenshoot diatas, pada intinya youtube mengumumkan bahwa ada perubahan kebijakan monetisasi video yang baru diupload oleh para user dan partner adsense youtube.

Kebijakan itu dikeluarkan dengan alasan untuk menyesuaikan apakah video yang kita upload ramah untuk pengiklan atau tidak, apakah cocok untuk menampilkan iklan atau tidak.

Jika memang pemilik video merasa videonya sesuai untuk pengiklan dan pantas ada iklan yang muncul maka, disarankan untuk mengajukan permintaan review secara manual dengan meng-klik tulisan ” Minta peninjuan manual dibawah icon monetisasi yang berwarna kuning“.

Icon Monetisasi Video youtube berubah kuning

Setelah mengajukan permintaan peninjuan manual, kita disuruh menunggu kurang lebih 3 – 1 minggu untuk mendapatkan email keputusan, Youtube juga lebih mengutamakan untuk segera meninjua video yang sudah memiliki jumlah viwer sebanyak 1.000 viwer ketas untuk akhirnya memberikan jawaban apakah video kita layak dimonetisasi atau tidak. Walaupun terkadang dalam waktu 24 jam sudah berubah otomatis icon monetisasi tersebut yang ternyata memang sesuai dengan kualitas video dan keramahan terhadap pengiklan.

Kesimpulannya
Ketika kita mendapati ada video yang icon monetisasinya berubh jadi warna kuning, jangan buru-buru mengambil tindakan dengan menghapus video tersebut, melainkan sebaiknya melakukan permohonan peninjuan secara manual terlebih dahulu. Kalau nanti sudah mendapatkan jawaban” Layak atau tidak” untuk menampilkan iklan itu terserah anda dan semoga bisa diterima dan layak menampilkan iklan agar bisa memperoleh penghasilan dari video yang anda upload.

Itulah sekilas berita update youtube terbaru tentang kebijakan monetisasi video yang baru kita upload, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 Penyebab Channel Youtube Ditangguhkan Paling Extrem

LEAVE A REPLY