Melirik Tren Ekspor Hasil Pertanian Indonesia Melalui Fitur digibank transfer valas

0
84

Pertanian merupakan salah satu aset negara Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan. Bukan hanya ke pasar dalam negeri, tetapi juga ekspor ke negara lain. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat volume ekspor produk pertanian terus meningkat sejak tahun 2013. Pada tahun tersebut, Indonesia mampu mengekspor sebanyak 33,5 juta ton. Tiga tahun kemudian, angkanya mengalami dua kali kenaikan, yaitu 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Kian tahun ekspor produk pertanian terus bertambah. BPS menyebutkan di tahun 2017 jumlahnya naik lagi menjadi 41,3 juta ton. Setahun kemudian menjadi 42,5 juta ton. Kenaikan ini membuktikan bahwa ekspor hasil pertanian Indonesia mulai dilirik oleh beberapa pihak dan memang laku di pasar internasional. Lambat laun ekspor hasil pertanian Indonesia akan menjadi tren yang berkontribusi untuk pemasukan negara ini.

Data terakhir pada Mei 2019, BPS mencatat kenaikan yang cukup signifikan, yaitu sebesar $14,74 miliar. Angka tersebut merupakan akumulasi kenaikan secara bulanan sebesar 12,42% setiap bulannya. Maka tak heran kalau tahun lalu Kementerian Perdagangan mengalami surplus neraca perdagangan internasional. Disebutkan bahwa kopi adalah salah satu kontributor terbesar karena mengalami peningkatan nilai ekspor yang luar biasa.

Memang benar kopi adalah komoditi dari Indonesia yang banyak diminati negara lain, seperti Amerika Serikat, Iran, negara-negara Arab, dan ASEAN. Pada tahun 2017, ekspor kopi Indonesia menembus angka 63.237,6 ton ke Amerika dan 44.739,6 ton ke Jerman. Itu baru ke dua negara, belum ke beberapa negara lainnya. Karena Kementerian Pertanian menyebutkan kalau produksi kopi nasional bisa mencapai 630.000 ton setiap tahunnya.

Komoditas lainnya adalah rempah-rempah. Sejak jaman dulu Indonesia memang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah. Komoditi yang diekspor adalah lada, biji pala, kayu manis, cengkeh, vanili, dan masih banyak lagi. Kalau dulu bangsa Belanda, Portugis, dan Spanyol yang membawa rempah-rempah Indonesia ke pasar dunia, kini Indonesia bisa langsung memasarkannya ke negara lain. Kopi dan rempah-rempah hanya lah dua contoh hasil pertanian Indonesia yang berpotensi merajai perdagangan internasional. Hal ini bukan sekedar mimpi apabila didukung oleh kemudahan transaksi antara Indonesia dengan negara lain melalui remittance, yakni transfer uang antar negara baik menggunakan rupiah maupun mata uang asing.

Bagi beberapa orang, mungkin belum familiar dengan transaksi ini sehingga merasa tampak sulit. Padahal dengan fasilitas digibank transfer valas semuanya akan menjadi mudah dan cepat. Melalui aplikasi digibank by DBS, pengiriman uang bisa dilakukan secara real time. Artinya, uang yang dikirimkan akan langsung diterima saat itu juga selama sesuai waktu yang ditentukan. Dengan begitu, transaksi jual-beli produk Indonesia dengan warga asing bisa langsung terselesaikan.

Selain bersifat real time, pengiriman uang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Fitur ini memudahkan transaksi selama 24/7 tanpa harus datang ke kantor cabang atau ATM terdekat. Jadi apabila ada pembeli dari benua lain yang berbeda zona waktu, eksportir pertanian Indonesia tetap bisa menerima pembayarannya meski di malam hari.

Ada pula keuntungan lainnya berupa gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara. Tinggal memilih salah satu mata uang berikut, yaitu USD, HKG, AUD, CAD, SGD, CAD, atau GBP. Apabila harus bertransaksi di luar mata uang tersebut, transfer mata uang asing akan tetap terasa ringan. FX Rate yang terkini dan kompetitif tidak akan membuat konversi rupiah menjadi mahal dan memberatkan. Dengan memanfaatkan digibank transfer valas siapa pun bisa terjun ke bisnis ekspor hasil pertanian Indonesia. Apalagi prosesnya sangat mudah dan cepat, tinggal buka aplikasi digibank by DBS dan pilih “Transfer” kemudian “Transfer Valas”. Selanjutnya pilih “Tambah Penerima”, kemudian pilih negara yang dituju serta jenis mata uangnya. Lalu tahapan berikutnya adalah memilih bank dan mengisi detail penerima transfer uang ini. Setelah dipastikan seluruh data benar, masukkan nominal uang kemudian klik “Lanjut”. Proses transfer uang selesai dilakukan dengan mata uang asing tersebut.

Baca juga: Pengajuan GTA Cepat Untuk Puaskan Hobi Bersepeda

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.