3 Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Tepat

0
470

Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana

Reksadana kini semakin populer dipilih sebagai wujud untuk menginvestasikan pendapatan mereka. Dalam berinvestasi, selain dituntut memilih jenis investasi yang bagus, Anda juga perlu menentukan orang yang tepat untuk mengelola investasi Anda yaitu manajer investasi. Manajer investasi memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan investasi Anda.

Sekarang ini sudah ada sekitar 83 perusahaan manajer investasi yang telah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang semuanya saling bersaingan. Nah, untuk Anda yang ingin melakukan investasi reksadana, Anda perlu memperhatikan tips memilih manajer investasi yang tepat dan cermat.

Berikut kami rangkum 3 tips memilih manajer investasi yang tepat di reksadana. Simak ulasan berikut ini:

  1. Pastikan Legalitas Perusahaan Investasi

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk mementukan manajer investasi yang tepat adalah memastikan bahwa perusahaan investasi tersebut adalah legal atau resmi. Anda dapat membuktikan legalitas perusahaan melalui bukti yang terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Anda dapat memastikannya langsung di hotline 1500 655, dan melalui email dengan alamat konsumen@ojk.go.id. Anda juga bisa melihatnya melalui website resmi OJK di http://www.ojk.go.id/. Dari situ Anda bisa memastikan legalitas perusahaan investasi yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda dapat memastikannya dengan melihat penanaman investasi di perusahaan tersebut. Untuk perusahaan yang memiliki manajer professional, biasanya penanaman investasi seperti Asset Management, Capital, dan Invesment Managemet.

  1. Pastikan Kompetensi Manajer Investasi

Untuk memastikan manajer investasi yang tepat, Anda dapat melihatnya melalui track record atau pengalaman dari manajer investasi pada sebuah perusahaan. Lihatlah prospektus reksadana untuk membaca resume dari sebuah perusahaan. Dari situ Anda bisa mengenal bagaimana personil pengelolaannya, baik dari pengalaman kerja maupun perhargaan yang pernah diraih.

Yang perlu diingat adalah jangan hanya melihat lamanya manajer investasi dalam berkarir di perusahaan tempatnya bekerja. Lamanya masa kerja, tidak sepenuhnya menjamin bahwa manajer tersebut memiliki kinerja yang baik. Terkadang, beberapa manajer investasi yang telah berpengalaman memilih untuk keluar dari perusahaan yang lama untuk membangun perusahaan yang baru.

  1. Pasrikan Kualitas Pelayanaan Manajer Investasi

Tips terakhir untuk memilih manajer investasi yang tepat yaitu memastikan kualiras dari pelayanan manajer investasi. Anda bisa membuktikan kualitas pelayanan dengan menjadi nasabah, sehingga mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan.

Baca Juga: Istilah-Istilah dalam Investasi Reksadana Bank Mandiri

Itulah ketiga tips memilih manajer investasi reksadana yang perlu Anda perhatikan dengan cermat, sebelum menentukan dimana Anda berinvestasi dan memilih manajer investasi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.