10 Tips Maksimalkan Optimasi Youtube Dari Awal Sampai Berhasil

0
166

Tips MaksimalKan Optimasi Youtube Dari Awal Hingga akhir

Tips Maksimalkan Optimasi Youtube Dari Awal banyak yang mengabaikan hal tersebut karena terlalu berambisis dengan penghasilan yang ingin segera dicapai. Ketahuilah bahwa hasil tidak pernah menghianati usaha siapapun. Semakin maksimal usaha dan proses yang baik ditempuh maka hasil akan tetap mengimbangi semua perjuangan kita termasuk menjadi seorang youtuber ataupun pemain youtube adsense.

Optimasi Youtube dan Mengelola channel youtube sama seperti kita ingin membangun website dimana semua dasarnya perlu kita optimalkan agar ujung tombaknya juga semakin tajam dan cepat melesat seperti kilat untuk menjemput hasil yang diharapkan semaksimal mungkin.

Untuk sukses meningkatkan penghasilan dari youtube kita perlu membangun channel yang kuat dari awal, selain untuk menjaga kredibilitas channel agar tidak mudah kena suspend juga diharapkan bisa terus menerus membawa kita mendapatkan penghasilan pasive income setiap bulannya.

Bagi kamu yang belum terlanjur jauh melangkah dengan channel yang masih belum dioptimalkan, berikut tips dan trik awal yang perlu kamu perhatikan, agar channel kamu tidak sia-sia dan hanya melelahkan saja.

Tips Optimasi Youtube Dari Awal Hingga Akhir

1. Membuat channel dengan Nama Brand dan menarik

Nama channel menentukan langkah awal ketertarikan orang untuk mau memantau terus alias berlangganan pada channel kita, kamu bisa pilih apakah akan membuat channel yang sekaligus untuk membranding bisnis, branding situs website atau hanya sekedar ingin bermain youtube tanpa tujuan lain selain ingin berpenghasilan.

Jika channel kamu bikin sekaligus untuk branding, maka ada dua yang kamu dapatkan. Popularitas dan bisnis ikut terdongkrak, misal nama channel menggunakan nama website atau brand toko online dan lainnya.

Jika tidak untuk branding, langkah yang harus kamu perhatikan adalah menganalisis tema atau kata kunci apa yang paling populer di youtube serta memperhatikan video apa saja yang paling banyak dicari dan ditonton orang disana.

Gunakan analisis atau filter dengan frekuesi waktu satu hingga dua bulan. disana kita bisa melihat video yang di upload dalam rentang waktu tersebut berapa viewernya dan kamu bisa meniru gaya mereka dalam membuat channel dan isi video nantinya.

Berdasarkan Analisis: Channel dengan satu tema dan yang isinya berhubungan dengan HIBURAN, KOMEDI (Video lucu), ORANG serta Lifestyle (Cara dan gaya) lebih berpotensi dan sngat populer banyak dicari serta sangat mengundang penghasilan besar.

2. Selesaikan semua settingan channel dengan baik

Setelah kamu menemukan nama Channel yang bagus dan membuatnya, langkah selanjutnya adalah selesaikan terlebih dahulu semua settingan / pengaturan channel yang disediakan youtube.

Diantara Pengaturan yang harus kamu selesaikan diawal sebelum upload video: 

Setingan Channel Youtube

  • Foto Profil
  • Ganti Cover header channel
  • Memverifikasi channel dengan nomer handphone
  • Setingan lokasi
  • Kata kunci channel yang ditarget
  • pencitraan merk (logo dalam video otomatis/ tanda air)
  • Setingan default upload
  • Menautkan situs terverifikasi *Optional
  • Mengatur setingan berbagi ke media sosial (menautkan twitter, G+) apakah ingin dibuat share otomatis atau tidak. Kamu juga bisa mengatur apakah ketika menambahkan video ke play list juga akan di share otomatis ke media sosial twitter dan G+ atau tidak.
  • Mengaktifkan live streaming
  • Mengaktifkan Fitur video berdurasi panjang
  • Mengaktifkan Thrumbail Foto
  • Setelan Komunitas ( Disini kamu bisa mengatur nada komentar baik yang berupa kata kata kasar, sara, menghina dll untuk disaring agar tidak muncul otomatis dibawahvideo dan kamu bisa block user dan menghapus komentar permanen maupun sementara).
  • Privacy: Pengaturan Apakah ingin menampilkan jumlah subscribe atau tidak, menampilkan atau menyembunyikan video yang kita sukai atau channel lain yang kita subscribe.
  • Kamu juga bisa memanfaatkan fitur pencitraan merek, *Lihat gambar diatas (Konten yang ditampilkan – IKLAN CHANNEL), dimana kamu bisa kecipratan mempromosikan video kamu secara otomatis dan gartis yang dilakukan oleh youtube sendiri. Usahakan untuk durasi video sekitar 15 detika – 40 detik, Kurang lebih durasi seperti iklan hamparanlah dan tentunya dibuat semenarik mungkin. Karena fitur ini kata youtube jika menarik akan mereka gunakan untuk beriklan dan kita juga bisa dapat penghasilan jika digunakan.

Setelah Privacy Youtube

  • Pengaturan Notifikasi: Memungkinkan kita menerima email dari youtube, baik berupa saran, penangguhan channel dan lainnya.

Dan Pengaturan Lainnya, Pada dasarnya kalau kamu sudah masuk pada bagian setelan dan pengaturan channel youtube semuanya akan berurutan untuk bisa kamu atur sampai selesai.

3. Upload Video pertama kamu

Setelah selesai mengatur dan menyeting semua pengaturan, Upload paling banyak 5 video untuk awal. Kemudian untuk upload selanjutnya buat jadwal rutin, apakah dua minggu 2 video atau satu video, atau setiap 3 hari 1 video dan seterusnya.

Strategi Optimasi Youtube Video yang harus kamu terapkan diantaranya:

  • Sebelum di upload usahakan nama file sesuai kata kunci yang ditarget, misal menarget video lucu. Maka buat nama File video : Video_Lucu Atau Video-lucu dan seterusnya.
  • Perhatikan kualitas video, Kualitas video seperti HD sangat mempengaruhi hasil,karena meskipun video banyak views tapi kualitas kurang bisa menjadi penyebab tidak ada penghasilan masuk, karena iklan tidak mau muncul pada video berkualitas jelek alias rendahan.
  • Manfaatkan fitur Foto Thrumbail, ukuran standar untuk foto thrumbail yang ditampilkan di depan video paling tidak 670 x 390 dan buatlah gambar semenarik mungkin, entah dikasi lingkaran merah atau degan kata – kata berwarna agar semakin mengundang penasaran orang untuk menonton.
  • Optimalkan judul, Selain nama file, kamu juga harus optimalkan judul. Untuk Menentukan judul agar bisa mudah ditemukan, kamu cari video dengan isi serupa dulu di pencarian youtube lalu tirulah gaka mereka dalam membuat judul, kamu bisa memodifikasi dengan menambahkan satu kata di akhir atau ditengah.

Kamu juga bisa memanfaatkan tools Untuk mencari kata kunci youtube paling populer dalam menentukan judul video, Ingat usahakan diawal, tengha dan akhir judul ada kata kunci yang ditarget.

Baca: Tool Online untuk Melakukan Riset Kata Kunci Youtube Populer

Misal menarget kata kunci Kucing Lucu, Maka buatlah judul : Aksi kucing lucu banget bikin ngakak atau kata kunci KUCING LUCU kamu letakan diawal judul.

4. Maksimalkan deskirpsi Video

Untuk Keperluan optimasi youtube channel dan video menambahkan deskripsi video sangat berperan penting agar video kita bisa tetap berada dihalaman pertama hasil pecarian di youtube.

Deskripsi video harus relevan dengan judul video, artinya jangan membuat isi deskripsi menyimpang dari judul dan isi video, Awal Paragraf pertama dan akhir masukan kata kunci di target sesuai yang ada di judul.

Yang bisa kamu tambahkan dalam deskripsi selain dari penjelasan video adalah Url atau link ke media sosial, website, dan Credit video jika sudah memungkinkan untuk memasang kredit sumber video dan musik.

5. Durasi Video Terbaik

Durasi video juga menjadi penentu Peningkatan jumlah penonton dan iklan yang muncul, Durasi standar dan bagus sekitar 3 menit – 5 menit, durasi ini mampu mempengaruhi otak bawah sadar orang, sehingga tidak membuat orang takut kehabisan Kouta untuk menoton video kita. Iklan hamparan atau Skip juga sangat ramah dengan video durasi singkat ini.

Jika kamu ingin menampilkan banyak iklan, seperti iklan jeda banyak di satu video maka buatlah durasi langsung lebih dari 10 menit. Karena durani yang lebih dari 10 menit memungkinkan kita mengatur berapa jumlah iklan jeda yang muncul dan hasilnya juga bagus.

Jangan Upload video Yang gak penting melebihi 5 – 6 menit, kecuali tutorial yang memang harus komplit agar orang paham, meskipun sudah begitu panjang masih membuat orang belum paham dengan tutorial yang ada.

6. Hindari Hal-Hal berikut

  • Jangan terlalu Over promosi video, karena berlebihan akan dianggap spam dan melanggar pedoman komunitas youtube, defaultnya kita diperbolehkan share video ke twitter dan G+ atau di sematkan ke dalam website, Kalau facebook meskipun tidak ada peraturan tapi tetap harus normal dalam membagikan ke fb. Karena selain rawan kena Pelnggaran pedoman komunitas juga rawan kena tangan – tangan jahil yang iri dengan channel kita.

Baca: Cara Mengatasi Channel Youtube Yang kena Suspend

  • Jangan Komentar SPAM di video atau channel orang lain, Seperti berkomentar dengan kata – kata ” Kunjungi channel saya” , Subscribe balik ke channel saya ataupun berkometar promosi lainnya. Karena Sangat rentan masuk SPAM dan di report pemilik channel lain hingga akhirnya kena lagi pelanggaran pedoman komunitas, Cukuplah berkomentar sesaui isi video yang juga bermanfaat untuk membangun kredibilitas channel kita seperti backlink.
  • Jangan Upload Video dalam Jumlah Banyak pada satu waktu, Karena akan dianggap SPAM oleh youtube.

Maksimal publish 3 Video perhari agar aman. Kalau upload banyak jangan langsung dipublish tapi masukan dalam list unlisted atau tidak tercantum dan nantinya kamu bisa publis satu persatu setiap harinya.

  • Jangan bermain di konten atau tema video yang rawan banned dan tidak mendatangkan penghasilan, contoh yang membuat channel rawan banned: Konten musik ( Kalau bukan hasil karya sendiri), Fim atau movie (baik kartun maupun animasi kalau bukan karya sendiri), Video dewasa ( Video dewasa meskipun banyak view sangat kecil sekali penghasilan yang akan didapat, selain itu channel dengan video dewasa juga rawan di suspend dan kena Report).
  • Waspadalah dengan Audio berhak cipta, terkadang banyak yang belum paham tentang penggunakan audio baik musik maupun sound effect, padahal yang namanya audio dan visual jika bukan hasil buatan sendiri sangat rentan sekali kena klaim hak cipta.

Kamu bisa gunakan musik yang telah disediakan oleh youtube dan bebas digunakan, Bisa kamu download di Klik Youtube Music Library.

Disana juga ada beberapa audio yang tidak boleh asal digunakan, tandanya ada “icon orang” untuk menggunakan musik yang ada tandanya tersebut, kita harus menyantumkan sumber berupa url atau link hidup di pengaturan kredit atau di masukan di dalam deskirpsi video kita.

7. Manfaatkan Fitur: Anotasi, Kartu, dan Tampilkan video terbaik di akhir.

Fitur ini sangat powerfull untuk optimasi youtube dan meningkatkan posisi video di youtube, karena akan membuat semua video di channel kita ada saling keterkaitan alias related link antar video.

Selain membuat link video saling terkait dengan fitur Anotasi, kartu, dan lainnya, kita juga boleh menambahkan url video lain di channel yang sama pada bagian deskripsi video yang di upload terbaru.

Selain untuk mempromosikan video yang ada fitur ini juga bisa digunakan untuk mengundang traffic ke website, dengan syarat url website yang kita cantumkan di anotasi atau kartu tersebut adalah situs yang telah terhubung dengan channel kita di proses verifikasi situs.

8. Maksimalkan Meta tag

Langkah optimasi Youtube selanjutnya dengan memaksimalkan Meta tag atau kata kunci video yang ada di bagian bawah deskripsi, meskipun pada beberapa kasus kita melihat ada sebagian video masuk trending meskipun tanpa meta Tag, tapi itu hanya bersifat sementara, artinya jika nanti ada video baru dari channel lain masuk trending maka dia akan tenggelam selamnya tidak kekal, berbeda ketika kita menggunakan Kata kunci relevan di meta tag maka meskipun tidak masuk trending tapi kalau sudah masuk halam pertama di hasil pencarian youtube maka akan tetap ada disitu.

Masukan Kata kunci yang relevan dan berkaitan dengan judul dan jangan over alias kebanyakan. Idelanya untuk meta tag yang boleh di gunakan sebanyak 6 meta tag, kalau lebih jangan melebihi dari 12 Meta tag atau kata kunci yang relavan.

9. Manfaatkan forum Yang membolehkan khusus untuk share video dari Youtube

Diantara forum yang bisa digunakan untuk berbagi video bisa kamu baca di tulisan kami sebelumnya pada pembahasan:  Youtube Video Backlink Generator Dan Tools Ping

10. Jika memungkinkan Buatlah Bumper atau opening video

Selain untuk menunjukan kepada pemirsa youtube bahwa channel kamu menarik untuk terus mereka pantau, fungsi bumper juga bisa digunakan sebagai pengenalan kepada pendatang baru yang berkunjung ke channel kamu.

Bumper video sangat disarankan oleh youtube agar menjadikan setiap video yang kita upload lebih menarik dan ada pencitraan merk didalamnya sehingga lebih berkualitas dan mengundang iklan hamparan yang mau tidak mau harus di tonton orang lain yang juga tentunya meningkatkan penghasilan.

Itulah langkah awal dan Tips Maksimalkan channel youtube agar lebih cepat mendapatkan penghasilan dan juga menjadi channel yang berkualitas.

Pada Dasarnya masih banyak sekali tips memaksimalkan optimasi youtube channel dari awal yang bisa kita bahas bersama, namun karena tulisan ini sudah terlalu panjang maka lain waktu bangtohircom akan hadirkan kembali pembahasan seputar tips dan trik optimasi youtube agar bisa mendatangkan dan meningkatkan penghasilan dengan maksimal sehingga tidak hanya sebatas punya channel dan lelah memproduksi video tapi hasil masih kurang.

loading...

LEAVE A REPLY